Oktober 2016
Harga memory dari DRAM Exchange, harga memory DDR naik hampir 30%. 4GB DDR3 dan DDR4 naik 19% dan 15%. Kisaran harga memory DDR sudah mencapai $2.1 dan $2.
Produk memory notebook atau perangkat mobile mengalami peningkatan lebih dari 40%. Tetapi DRAM untuk desktop PC turun 20%.

September 2016
Bila ingin mengupgrade memory computer, notebook atau SSD, mungkin saat ini harus mengambil keputusan. Harga DDR3 dan DDR4 perlahan turun selama beberapa bulan lalu. Tapi bulan ini mulai bergerak naik kembali. Penguatan harga memory computer terlihat meningkat, termasuk memory notebook dan chip NAND untuk SSD storage server memory server.

Maret - Juni 2016, harga memory sudah turun 20%. Dan dalam beberapa minggu terakhir stabil. Tapi minggu lalu mulai bergerak naik.

DDR3-1600 4Gbit di bulan Maret masih $1,67, Juni $1,23, sekarang kembali ke angka semula $1,71.
DDR4-2133 pada bulan Maret lalu masih $1,68, Juni $1,46, sekarang sudah naik $1,81.

Produsen DRAM chip mencatat produksi DRAM lebih banyak diproduksi untuk perangkat mobile. Angkanya mendekati 45% dari total produksi mereka. Sedangkan 25% kapasitas chip digunakan untuk memproduksi memory server. Sedangkan sisanya 20% dari produksi chip digunakan untuk memory desktop PC dan notebook.

Beberapa perkiraan meningkatnya harga memory, kabarnya Apple akan mengunakan banyak memory untuk smartphone iPhone mereka. Serta produsen smartphone dari China juga mengunakan chip DRAM .

Pasar NAND Flash chip. Juga terkena dampak kenaikan harga. Produsen mulai meningkatkan stock memory storage untuk smartphone, seperti produsen Huawei, VIvo dan Oppo untuk mengantisipasi pemakaian jumlah besar chip 2D NAND Flash.

Oktober 2016
Dari PC gamer mengatakan kenaikan memory DDR sangat cepat, termasuk harga memory DDR4 Premium. Bulan APril masih berada di $50-60, dan naik di bulan Agustus mendekati $70, tapi bulan Oktober meningkat sampai $90 untuk 2x8GB atau Dual Channel 16GB. Penyebab kenaikan memory DDR4 disebabkan beberapa faktor. Tapi hal utama adalah produk smartphone. Karena kebutuhan produk smartphone dengan DDR4 meningkat

Smartphone generasi baru seperti Samsung Galaxy S6, HTC One M9 mulai mengunakan LPDDR4. Tapi perubahan terjadi setelah munculnya smartphone Google Pixel dan Le Pro 3

Prediksi 2019
Kapan harga SSD dan RAM turun. Prediksi peneliti Jon Erensen semi konduktor dari Gartner menyebutkan, harga SSD dan RAM akan jatuh pada tahun 2019.
Bahkan komponen lain akan turun sampai harga terjangkau.
DDR misalnya sudah naik 2x lipat dari penurunan terendah di tahun 2016. Salah satunya produsen dari China yang sudah berinvestasi 150 miliar dollar sejak tahun 2014 untuk 10 tahun kedepan. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan komponen chip flash dan memory. Disini produk China akan membanjiri pasar ke seluruh dunia. Akibatnya harga komponen chip RAM dan SSD akan jatuh.