Polusi asap dapat membunuh orang begitu banyak. 5,5 juta orang meninggal di tahun 2013 akibat asap. Mengapa hal ini terjadi, dan dimana saja tempat paling polusi serta memakan korban. Dari universitas Washington memberikan data dampak polusi terhadap kesehatan manusia.

Dimana asap berada, tentu salah satunya di kota besar. Membuat udara tidak sehat, dan menewaskan jutaan orang. Sekitar 3 juta orang meninggal, dan total 5,5 juta orang meninggal lebih cepat dari usianya akibat polusi asap.

Univeritas British Columbia bekerja sama dengan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) dari universitas Washington membandingkan resiko kesehatan manusia dari tahun 1990 sampai 2013.

Meskipun polusi udara menurun selama 20 tahun terakhir di beberapa negara. Tetapi tingkat emisi global berbahaya naik. Karena lonjakan penduduk, dan urbanisasi sedemikian cepat. Salah satunya ada di China dan Asia Selatan.

Apa benar polusi disebabkan oleh knalpot mobil. Berdasarkan studi terbaru, polusi udara juga berdampak dengan kualitas udara di dalam ruangan. Di negara berkembang, jutaan orang juga beresiko meninggal lebih cepat karena api di dapur. Karena mengunakan kompor konvesional yang mengeluarkan polusi. Mereka menghirup asap dan memperburuk kondisi paru paru serta penyakit kardiovaskular.

Di China menduduki angka terbesar, mencapai 1,6 juta orang meninggal akibat asap dan di India mencapai 1,4 juta orang meninggal di tahun 2013.

China dan India berusaha menurunkan tingkat polusi dengan menutup pembangkit batu bara dan mengurangi jumlah kendaraan di jalan.

Profesor Michael Brauer dari universitas British Columbia, polusi udara adalah faktor resiko global ke 4 kematian. Mengurangi polusi udara adalah cara paling efisien untuk meningkatkan kesehatan penduduk.

Dibawah ini daerah yang mengalami polusi asap berlebihan. Kabar baik Indonesia masuk kategori kuning, jauh lebih rendah dibanding resiko kematian akibat asap di China dan India