Februari 2016
Polusi asap dapat membunuh orang begitu banyak. 5,5 juta orang meninggal di tahun 2013 akibat asap. Mengapa hal ini terjadi, dan dimana saja tempat paling polusi serta memakan korban. Dari universitas Washington memberikan data dampak polusi terhadap kesehatan manusia.

Dimana asap berada, tentu salah satunya di kota besar. Membuat udara tidak sehat, dan menewaskan jutaan orang. Sekitar 3 juta orang meninggal, dan total 5,5 juta orang meninggal lebih cepat dari usianya akibat polusi asap.

Univeritas British Columbia bekerja sama dengan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) dari universitas Washington membandingkan resiko kesehatan manusia dari tahun 1990 sampai 2013.

Meskipun polusi udara menurun selama 20 tahun terakhir di beberapa negara. Tetapi tingkat emisi global berbahaya naik. Karena lonjakan penduduk, dan urbanisasi sedemikian cepat. Salah satunya ada di China dan Asia Selatan.

Apa benar polusi disebabkan oleh knalpot mobil. Berdasarkan studi terbaru, polusi udara juga berdampak dengan kualitas udara di dalam ruangan. Di negara berkembang, jutaan orang juga beresiko meninggal lebih cepat karena api di dapur. Karena mengunakan kompor konvesional yang mengeluarkan polusi. Mereka menghirup asap dan memperburuk kondisi paru paru serta penyakit kardiovaskular.

Di China menduduki angka terbesar, mencapai 1,6 juta orang meninggal akibat asap dan di India mencapai 1,4 juta orang meninggal di tahun 2013.

China dan India berusaha menurunkan tingkat polusi dengan menutup pembangkit batu bara dan mengurangi jumlah kendaraan di jalan.

Profesor Michael Brauer dari universitas British Columbia, polusi udara adalah faktor resiko global ke 4 kematian. Mengurangi polusi udara adalah cara paling efisien untuk meningkatkan kesehatan penduduk.

Dibawah ini daerah yang mengalami polusi asap berlebihan. Kabar baik Indonesia masuk kategori kuning, jauh lebih rendah dibanding resiko kematian akibat asap di China dan India



Maret 2017
Jurnal Nature mengumumkan data di tahun 2007, polusi asap mengakibatkan kematian dini 3,45 juta orang. Dan polusi asap sekarang tidak mengenal batas.
22% kematian terkait kematian disebabkan polusi dari produk ditempatnya.
Polusi udara dapat terbang jarak jauh, menimbulkan gangguan kesehatan di daerah lain kata Qiang Zhaang seorang peneliti dari universitas Tsinghua Beijing. Studi kami menunjukan perdagangan internasional telah memperpanjang jarak tersebut dan memisahkan konsumsi dan produksi. Misal asap dari China memberikan konstribusi asap ke kota California Amerika.
Walau produk dari China diproduksi disana, dan dikirim juga ke negara maju lainnya.

Apa yang dianggap berbahaya dari polusi asap. Yang berbahaya adalah partikel di tingkat PM 2.5 dengan partikel sangat halus berukuran 2,5 mikron. Kira kira 40x lebih kecil darai butiran pasir di pantai.
Partikel seperti ini dapat menyelinap di hidung dan terbawa ke paru paru.

Polusi asap dan dampak bagi kesehatan
Sekarang China memerangi polusi asap di kota besar, dan sudah menurun menjadi 6-7%. Tetapi di China menurun, sedangkan di India naik dengan pembakaran batubara lebih banyak dari sebelumnya.
Disini cerita menjadi unik. Ketika sebuah negara berusaha menekan polusi asap, artinya ada bisnis yang harus dihilangkan. Tapi di negara lain akan mengatakan, silakan pindah ke negara kami dan masyarakat kami siap berkorban untuk pabrik yang kami inginkan.

Itu sebabnya bicara polusi asap menjadi komplek, dan diperlukan tindakan oleh beberapa pemerintah global