Menghentikan aplikasi berjalan background dan hemat kuota internet di smartphone


Software | 12 December 2018

Setting menghemat kuota internet dari aplikasi

Google Play Auto Update

Satu lagi aplikasi yang sering di download di smartphone adalah Update.
Aplikasi yang diupdate akan melewati aplikasi utama yaitu Google Play. Ketika pembuat aplikasi memberikan update. File yang di download lumayan besar, mencapai bebrapa puluh MB.

Tentu akan merepotkan kita bila di jalan , mendadak smartphone Android mendadak mengupdate aplikasi dan mengunakan kuota internet

Google Play memiliki pilihan apakah Auto Update mengunakan semua jalur internet yang ada di smartphone, termasuk WIFI dan layanan internet provider. Atau mengunakan jalur WIFI saja agar tidak menghabiskan kuota internet yang anda miliki

Mematikan update aplikasi yang memakai data internet dan 
menghabiskan kuota

Untuk mematikan update dari Google Play dan hanya terbatas mengunakan jalur WIFI saja.
Setelah membuka aplikasi Google Play. Pilih Setting, dan tekan bagian Auto Update.

Terdapat pilihan seperti gambar dibawah ini :
  • Anda bisa mematikan total auto update dari seluruh aplikasi yang sudah di install
  • Auto update dari internet provider, yang akan mengunakan kuota internet yang terbatas.
  • Atau Auto update dari WIFI saja

Bila tidak terlalu penting mendapatkan update aplikasi terbaru, setting bisa dipindah ke Auto update melalui WIFI.


Update aplikasi hanya dari wifi dapat diset di Google Play 
Setting


Menghemat bandwidth dari aplikasi.

Kadang kita lupa ketika berada diluar, lalu menerima telepon dan langsung menerima telepon. Padahal telepon tersebut bukan panggilan telepon biasa melalui jaringan provider.
Tapi panggilan dari telepon VOIP seperti Whatsapp Call, Hangout, Skype atau Viper dan lainnya.



Apakah anda pernah menerima telepon VOIP seperti telepon Whatsapp. Sedang lancar berbicara, mungkin anda mengira telepon dari orang lain mengunakan jaringan telepon biasa. Maklum beberapa aplikasi telepon internet sekarang sudah lebih cepat, dan mengunakan sistem Peer to Peer. Tidak terasa percakapan nyaris tidak berbeda dengan panggilan telepon biasa.

Tetapi sedang asik bicara, mendadak telepon terputus. Setelah anda melihat kuota internet anda sudah bersih dalam beberapa menit dan saldo pulsa anda sudah 0. Barulah kita sadar bahwa yang menelpon ternyata mengunakan koneksi internet.

Bila kuota internet anda memang terbatas, sementara anda tidak bisa menolak telepon masuk dari aplikasi internet. Di beberapa aplikasi terdapat pilihan untuk menurunkan pemakaian bandwidth

Di Whatsapp anda dapat melihat berapa banyak pemakaian data internet untuk aplikasi ini. Seperti panggilan telepon pada gambar dibawah mencapai 10MB, atau  total sekitar 20MB untuk pembicaraan telepon melalui Whatsapp Call

Mengkecilkan pemakaian data internet dari aplikasi

Untuk memperkecil pemakaian komunikasi internet dengan Whatsapp Voice Call. Dapat diaktifkan di menu Chats and Call.

Lalu lihat dibagian paling bawah, terdapat satu menu Low data usage. Centang bagian tersebut agar panggilan telepon lebih hemat memakai kuota internet.

Mengunakan opsi Low Data Usage dari aplikasi tertentu

Aplikasi hemat kuota internet.
Facebook -  dapat dilihat dibagian menu 3 titik, lalu pilih App Setting - Auto Play, dan setting On Wifi Connnectio Only (khusus untuk video)

Google Photo atau Google+. Buka menu Setting, lihat dibagian Backup & Sync, pastikan dibagian Celluar Data Back Up dengan mengDisable Photo and Video dont' Upload Background.

Instagram - pilih di bagian Profile, pada menu kiri bawah layar. Click 3 titik di menu kanan atas, lalu cari kebawah terdapat Cellular Data Use. Aktifkan Use Less Data.

Twitter - Pilih Setting and Privacy, Buka bagian Data Usage dan pilih Video autoplay. Seting ke WIFI Only atau Never

Youtube - Pilih Setting - General. Set di Limit Mobile Data Usage, dan pilih kualitas video.

Beberapa pembuat aplikasi menyediakan pilihan agar aplikasi tidak membebankan  Mobile Data penguna. Sekarang dari sisi kita sendiri apakah mengetahui pilihan yang disediakan tersebut.



Dan jangan lupa setiap aplikasi mengunakan komunikasi ke server , disebut Data Backgound. Seperti aplikasi Chatting secara rutin berkomunikasi dengan server, dan mengunakan kuota internet walau tidak ada percakapan atau chatting dari kita sendiri. Atau aplikasi Facebook disebutkan cukup agresif mengunakan trafik data dan baterai ponsel. Tetapi Facebook memberikan alternatif dengan Facebook Lite bila kita terbebani dengan aplikasi Facebook versi Full.

Mengunakan aplikasi terlalu banyak di smartphone, tanpa disadari akan semakin besar beban pemakaian internet. Artinya kuota internet kita yang terbatas hanya untuk membayar aktivitas dari aplikasi tersebut. Walau kita sendiri tidak terlalu aktif mengunakannya ketika berada di luar ruangan.

Tip diatas adalah cara paling umum untuk menghemat kuota internet. Teknologi saat ini membuat kita tidak memiliki pilihan untuk lepas dari jaringan internet. Setidaknya tidak memboroskan uang kita hanya untuk membayar paket internet yang tidak diperlukan.

Note. Jangan mematikan fitur dari sistem Android yang ada, termasuk fitur Google. Seperti sistem navigasi atau GPS Tracking, dan Login user ke Google. Walau sistem tersebut melakukan hubungan ke server Google. Diperlukan bila anda mengunakan Device Manager Android, seperti mencari smartphone yang hilang

Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/131/3/Smartphone-Android-boros-baterai-salah-diaplikasi
Aplikasi untuk tranfer file untuk smartphone ke smartphone. Tanpa melewati WIFI Router atau Hotspot. Files LLC aplikasi untuk tranfer file offline. Dan ShareMe XIaomi lebih sederhana, untuk mengirim file antar smartphone langsung. Google Nearby Share dirilis Agustus 2020

Facebook Messenger bisa video konferensi , menampilkan 6 video bersamaan. Dan chatting sampai 50 member. Facebook Lite lebih hemat internet, tampil dengan video call.
April 2020, Messenger tersedia untuk Windows dan Mac dengan fitur aplikasi Smartphone.



Aplikasi bodong alias bohong terkadang muncul di Google Play. Ada aplikasi yang dapat membuat camera smartphone tembus pandang, ada lagi yang menjual antivirus bodong alias bohong. Januari 2019, hati hati dengan aplikasi GPS, ternyata ada yang palsu juga. Sampai di download 10 juta kali

Squirrel adalah grup messenger, yang baru di uji coba pada bulan Mei 2018. Dan menjadi penganti Yahoo Messenger lama. Yahoo tidak menyebut mengapa nama Yahoo Messenger diganti. Layanan Squirrel tersedia untuk iPhone dan Android

Google Search Lite untuk pencarian dari Google. Lebih ringan, hemat RAM dan bandwidth internet. Terlihat versi test tampil dengan bahasa Indonesia dan India. Fitur sama seperti Google Search, tapi ditambahkan icon dari pencarian yang disukai penguna.

Komunikasi antara smartphone dan BTS antena, menjadi lebih efektif bila mendapatkan sinyal kuat. Apakah akan berdampak ketika melakukan pembicaraan dengan smartphone ditangan kiri dan kanan. Tentu, bahkan menjadi biaya penguna ponsel, ketika sinyal yang kurang kuat

Facebook Android 68.0.0.37.59 atau versi lebih tinggi menyediakan upload foto high res. Facebook Photo High-res dapat diaktifkan di aplikasi Facebook dengan lebar maksimum 2048 pixel.Facebook kedepan tidak lagi mendukung Blackberry 10 dan BB OS



Perusahaan telekom Deutsche Telekom Jerman membuat aplikasi telepon internet Immmr. Semua orang bisa mengunakan Immmr dan hanya membutuhkan koneksi internet, login email dari perangkat apapun. Termasuk smartphone, tablet dan PC.

Mengunakan smartphone Android bikin masalah, artinya penguna tersebut tidak sendirian. Karena 3/4 perangkat mobile menanyakan atau mengembalikan ke operator jaringan di Eropa. Sedangkan di Amerika tidak masalah.

UC Berkeley Seismologicial Laboratory atau tim Universitas Berkeley memberikan aplikasi gempa bumi gratis di Google Play. Alat tersebut dapat merekam aktivitas gempa, diharapkan tim peneliti ini dapat mengambil data dari setiap smartphone yang menginstall aplikasi.

Penguna SnapChat mengeluhkan update aplikasi tersebut, karena mengunakan data internet terlalu besar yang bekerja background. Salah satu data yang diberikan, seperti fitur Discover menghabiskan 5x data secara background dibanding data yang dilihat oleh penguna.

Beberapa aplikasi di Google Play mungkin tidak perlu anda install. Karena tidak berguna, bahkan tidak masuk akal. Uniknya dari aplikasi tersebut banyak yang diberikan bintang 4. Seperti Defrag Battery, RAM Booster, Xray Camera dan Internet Booster

Banyak aplikasi mengambil data dari smartphone dan mengirim nomor telepon penguna ke pembuat aplikasi. Tapi penguna Android terlihat tidak terlalu peduli. Satu dari 3 aplikasi yang terdata, aplikasi meminta akses ke data panggilan, kontak telepon dan nomor PIN.

Pusing dengan baterai boros di smartphone, coba periksa apakah ada aplikasi Facebook dan aplikasi Chat lain disana. Dari milis Ngohq, seorang milis mengatakan aplikasi Facebook memakan power baterai sampai 20%. Facebook akhirnya keluarkan versi hemat internet dengan Facebook Lite




No popular articles found.
< /body>