Pengunaan smartphone diam diam menghabiskan kuota internet kita setiap hari.

Tanpa terasa seperti tidak ada pilihan, kesibukan kita adalah mengisi baterai smartphone setiap hari, dan membeli pulsa untuk kuota internet agar komunikasi tetap berjalan.

Dimanapun pemakaian smartphone, baik di beberapa negara maju masih memberlakukan pembatasan pemakaian kuota internet melalui jaringan selular seperti 3G atau 4G.

Alasannya sederhana saja, internet itu bayar, dan perusahaan telekom mendapatkan keuntungan dari pemakaian internet penguna telepon.

Beberapa provider telekom menyediakan batas kuota yang cukup lumayan. Atau ada yang menyediakan FUP, sampai batas pemakaian kuota internet yang sudah ditentukan maka kecepatan internet akan dikecilkan.

Di Indonesia, tarif internet via provider telekom relatif lebih murah. Hanya saja kita harus menjaga agar jangan melebihi batas paket data yang diberikan.

Mungkin anda tidak terlalu memperhatikan, untuk beberapa setting dari smartphone Android. Memiliki fitur yang memberikan peringatan bila pemakaian kuota internet hampir habis. Misalnya mengambil paket internet 3GB, sebelum kuota hampir habis maka smartphone dapat memberikan peringatan bahwa batas kuota internet sudah mendekati limit.

Tidak terlalu akurat, tapi dapat memberi kesempatan kepada kita untuk agar bersiap berhemat mengunakan paket internet melalui jaringan provider telekom.

Seandainya anda mengunakan kuota internet terbatas, kebetulan di smartphone anda memiliki fitur peringatan pemakaian kuota internet. Bisa di coba dengan setting dibawah ini.

Setting di smartphone agar hemat paket internet

Masuk ke Setting dan lihat di bagian Data Usage.



Di dalam menu Data Usage terdapat grafik dengan batas garis untuk membatasi pemakaian internet dan peringatan. Serta setting tersembunyi yang ditandai 3 titit vertikal, untuk mematikan data background internet.

Cara membatasi pemakaian kuota internet di smartphone

Bila terdapat grafik 2 bar, coba geser di garis merah dan kuning seperti gambar dibawah ini.

Garis akan bergeser sesuai angka misalnya 2,5GB. Angka tersebut untuk membatasi pemakaian kuota internet anda seperti memberikan peringatan bila kuota internet hampir habis.

Memberikan peringatan ketika kuota internet hampir habis

Menu lain dari 3 titik garis dikanan atas. Untuk membatasi agar aplikasi tidak mengunakan kuota internet dari provider telekom.

Dengan catatan, semua aplikasi tidak dapat mengakses internet ke server mereka melalui jaringan provider telekom seperti via 3G atau 4G LTE.

Hati hati mengunakan Restrict Background Data, semua aplikasi tidak akan diijinkan mengunakan data internet selama aplikasi tidak dibuka.
Aktifkan bila anda merasa tidak banyak berkomunikasi di jalan. Sebaiknya dibiarkan tetap aktif bila anda memang membutuhkan.

Serta fitur Auto Sync Data, dapat dimatikan disini. Misalnya aplikasi update email, update foto dapat di Off dengan tidak mencetang bagian Auto Sync serta Data Roaming

Mematikan aplikasi berjalan background mengunakan data internet

Atau mengunakan opsi dengan mematikan pemakaian data internet Background dari satu persatu aplikasi yang anda install. Dengan mengclick nama aplikasi, lalu aktifkan Restrict background data, agar aplikasi tidak mengunakan bandwidth internet dari provider telekom.

Bayangkan bila di smartphone sudah terinstall banyak aplikasi yang mengunakan paket data. Dari Facebook, Twitter, aplikasi pesanan ojek atau taksi, dan lainnya. Tanpa disadari kita membawa smartphone, dan aplikasi tersebut terus saja mengunakan paket data internet

Mematikan aplikasi tertentu agar tidak memakan bandwidth internet smartphone

Catatan. Bila anda mematikan fitur Sync, Background dan Privacy.
Kemungkinan kontak di Messenger ikut di Off. Perhatikan setiap perubahan yang anda lakukan. Bila data seperti daftar kontak yang diperlukan hilang, bisa dikembalikan kembali

Video dibawah ini untuk mengatur aplikasi agar tidak mengunakan paket data.
Siapa tahu anda lupa pada smartphone Android memiliki fitur untuk memblok aplikasi yang tidak kita aktifkan dan diam diam mengunakan internet.

Kita dapat menghentikan pemakaian internet mobile di beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak perlu.
Bila  kita ingin super hemat, dapat di blok semua akses aplikasi mengambil kuota internet.

Bagian pertama, menonaktifkan masing masing aplikasi berjalan secara Background.
Bagian kedua, menonaktifkan semua aplikasi yang berjalan background.

Aplikasi hanya aktif mengunakan paket internet, ketika aplikasi dibuka oleh kita atau mengakses internet bila smartphone sedang terhubung ke WIFI internet.





Apakah bisa hemat kuota di aplikasi. Tentu, beberapa aplikasi memiliki fitur untuk menghemat kuota internet.

Selanjutnya untuk setting dari Aplikasi Android