Berapa lama anda menganti computer baru. 3 tahun, 5 tahun atau 10 tahun.

Yang ini lebih dari 15 tahun dan ada yang masih berjalan sampai hari ini. Ada yang hanya diganti harddisknya saja, ada juga yang rusak di motherboard.

Mengapa computer tua dipertahankan, katanya akurat dan cepat (mungkin praktis). Bagaimana mungkin computer dengan kecepatan 200Mhz dikatakan cepat. Smartphone saja sudah mengunakan kecepatan 1Ghz.

Computer tua hanya mengandalkan sistem operasi DOS. Ukuran OSnya saja cukup bekerja dengan 512KB. Ditambah aplikasi, dengan ukuran yang sama. Sehingga sebuah aplikasi Spreadsheet sederhana masih berjalan di computer dengan RAM 512MB. Dibanding Windows, setidaknya membutuhkan OS yang di install dari CD 700MB, dan Windows 7 bahkan mengunakan DVD 4,7GB

Untuk pekerjaan rutin seperti mencetak data pensiun, nomor telepon, dan hal sederhana masih berjalan dengan computer tua. Karena tidak ada yang perlu dirubah sejak puluhan tahun dipakai.

Mengapa disebut akurat dan cepat, karena penguna sudah terbiasa mengunakan. Tinggal ketik nama aplikasi, pencet print dan dicetak. Dan pekerjaan seperti di computer selalu sama, dan berjalan bertahun tahun.

Cerita dari Ross pemilik computer dengan kecepatan 200Mhz Pentium akhirnya pensiun. Ross membeli computer pada tahun 1997, jalan 24 jam, selama 18 tahun 10 bulan. Konfigurasi sangat ajib, hanya memiliki kecepatan 200Mhz dan 4GB SCSI-2.

Computer tersebut akhirnya pensiun, karena usia harddisk tamat. Tetapi sepanjang kerjanya, computer tersebut tidak pernah error selama bekerja

Mengunakan OS FreeBSD 2.2.1, suhu ruang yang baik sekitar 18 derajat, fan besar 24V tapi terhubung ke power 12V sehingga berjalan lambat dan lebih tenang. Kondisi computer yang bersih membuat kinerja hardware berumur panjang.

Apakah computer tersebut paling lama bekerja.

Masih ada lagi. Randy mengatakan Om Sam memiliki computer usia 20 tahun. Hanya di install Lotus 123, tipe OS PC-XT DR-DOS, dan NT. Sejauh ini computer baru di upgrade di bagian baterai, harddisk. Kecepatannya luar biasa lambat, hanya procesor i486 33Mhz, RAM 512MB dan harddisk 4.3GB.

Sam memiliki computer di tahun 1985 dan menginstal software Lotus 123 (seperti Exell di Windows). Dia bekerja di perusahaan CIO.

Untuk apa computer tua tersebut. Katanya computer lama kebanyakan mengunakan printer dot matrix. Dan digunakan untuk mencetak surat selama 20 tahun. CIO mengatakan tidak pernah melihat kebutuhan untuk menganti computer baru, karena computer tersebut sangat cepat dan akurat (mungkin yang dimaksud tidak ribet).

Masih ada lagi. Elmer mengatakan dia memiliki computer Pentium 120 sejak 1996. Computer digunakan untuk database nomor telepon mengunakan bluetooth ke ponselnya. Dan digunakan untuk mencatat keuangan.

Jake memiliki sebuah DNS server untuk memonitor lokasi bencana. Computer HP Netserver LX mengunakan dual Pentium 200Mhz dengan 128MB RAM, Windows NT 4.1. Katanya masih jalan dan dibeli sekitar tahun 1997 atau 1996. Telah bekerja selama 15 tahun, 3 bulan dan 13 hari (terakhir diposting).

Bisa dilihat satu screen dibawah ini. Tertulis 6030 hari atau computer sudah bekerja selama 15 tahun nonstop. Tertanggal user OS Netware untuk LAN server jaman dahulu dibuat tahun 1993

Computer tua jalan 20 tahun dengan Lotus 123 PC-XT

Masih ada. Prez memiliki computer lawas yang bekerja dengan Windows Workgroup 3.11. Yang ini dibuat nonstop bekerja, hanya motherboardnya sudah diganti beberapa kali. Dari 166Mhz Pentium ke model 500Mhz.

Lain lagi dengan Igor, mengatakan dia memiliki IBM x235 server dan sudah jalan sejak tahun 1997. Dari 4 unit dengan procesor Pentium III, 4GB RAM, 7 harddisk 72GB tipe SCSI. Satu server beratnya 50kg, sudah bekerja 24 jam.
Beberapa disain computer lama memang dirancang dengan RAM 512MB saja, kecuali di tahun 1997 keatas dimulai batas RAM sampai 8GB.

Commodore C64C
Satu computer paling kecil atau computer kuno ini ada di tempat servis kendaraan. Masih memiliki computer Commodore C64C, digunakan untuk memeriksa balancing ban dan masih bekerja digunakan selama  25 tahun. Sebelum bengkel mobil tersebut pernah terkena banjir di Polandia. Computer Commodore dipasarkan tahun 1982 dan dihentikan produknya tahun 1994, dengan 65KB RAM dan CPU 1Mhz dengan grafik 16 color. Pernah menjadi produk computer paling banyak terjual dan masuk Guinness World Records

Computer Commodore masih jalan 25 tahun

Update Februari 2016
Di tahun 1993, Presiden Bill Clinton menjadi presiden. Windows NT3.1 dan Jurassic Park kedua di rilis.
Perusahaan Straus membuat kontes dimana sih server mereka masih bekerja. Dan computer di Hogan menjadi pemenang, setelah bekerja selama 24 tahun. Perusahaan Stratus membuat computer sejak 1980. Tahun 1998 diambil oleh perusahaan Lucent /  Ascend Comm, Tahun 2002 dijual ke perusahaan ekuitas, tahun 2006 berpindah lagi ke perusahaan Emergent.  Dan berpindah ke VocalTec sampai seluruh kepemilikan beralih ke perusahaan Marathon Tech. Intinya perusahaan Stratus sudah tamat.

Tetapi sebuah computer Stratus masih beroperasi di Hogan untuk pabrik baja. Sebagian komponen seperti disk drive, power supply dan komponen lain sudah diganti oleh pemiliknya.
Computer ini mengunakan OS VOS, dan tidak pernah di update lagi sejak tahun 2000an. Tapi sistemnya bekerja sangat stabil. Bahkan pihak perusahaan tidak memiliki kontrak perawatan computer Stratus, komponen juga dibeli dari perusahaan lain.

Server computer ini telah melihat apa yang berubah di perusahaan pembuatnya, termasuk kepemilikan dimana dia digunakan. Dari perubahan kepemilikan, perubahan bisnis dan lainnya. Tapi kinerja server di pabrik baja bekerja dengan stabil, dan tidak ada yang mengeluhkan sehingga di pakai bertahun tahun.
Sekarang perusahaan Great Lakes Work telah menjadi bagian perusahaan baja United States Steel, dan pengambilan dilakukan tahun 2015. Nanti server Stratus akan diganti dengan yang baru, artinya server ini akan pensiun.

Computer Stratus jalan walau pabriknya sudah tamat

Pertanyaan terakhir, apakah benar computer tua lebih tahan banting. Bisa kita lihat computer modern, lebih cepat tapi usianya tidak pernah lama. Seperti kerusakan di Socket procesor, kapasitor dan hal lain. Atau notebook bagian baterai hanya bertahan 3 tahun, dan panel LCD paling lama usianya 10 tahun. Tapi sebelum LCD rusak biasanya komponen driver LCD akan jebol lebih dahulu