Gunung Hkakabo Razi tertinggi di Asia Tenggara dan kembaran puncak Gamlang Razi


Kategori : Stuff | Date : 18 January 2016
Gunung Hkakabo Razi adalah puncak gunung tertinggi di Asia Tenggara.

Memiliki puncak gletser dan batuan hitam, tapi menuju kesana harus melewati negara dan hutan di Myanmar utara (dahulu disebut Burma).

Gunung tersebut terletak di luar sisi timur pegunungan Himalaya, di antara perbatasan Tibet. Pertama kali di ukur tahun 1925, memiliki ketinggian 19.296 kaki.

Tantangan pertama menuju kesana harus melewati hutan lebat dengan ngarai yang juga di huni oleh ular berbisa. Kata sederhananya, masih alami bahkan jarang di daki

Gunung Hkakabo Razi disebut juga gunung Anti Everest, karena layanan di gunung ini tidak seindah seperti pendakian ke  Everest. Yang bayar, latihan dan naik.

Di jalur ini masih alami dengan hutan perawan, alias tidak ada cerita kenyamanan untuk pendakian. Membutuhkan perjalanan 2 minggu menembus hutan, tidak ada infrastruktur , porter, dan semua perbekalan silakan dibawa sendiri.

Gunung Hkakabo Razi tertinggi di Asia Tenggara

Tahun 2014 tim Nat Geo melakukan ekspedisi dan membuat dokumentasi. Hasil liputan diputar pada musim semi 2016. Sekiltas perjalanan mereka seperti panglima perang, harus memotong semak, dan cerita lain seperti kehabisan bahan bakar dan perbekalan di tengah perjalanan.

Beruntung tim ini bisa pulang selamat. Perjalanan menuju gunung tersebut seperti tumpang sari, dari kereta api, motor dan berjalan kaki.

Total harus melewati 230km yang harus dilewati dengan berjalan kaki. Tim Nat Geo harus berjalan kaki sekitar 20 km lebih setiap hari untuk menembus hutan. Dialkukan selama 2 minggu



Gunung Hkakabo Razi tertinggi di Asia Tenggara


Cerita pembuatan dokumentasi tidak sampai disana. Udara dingin, mental dan fisik menjadi kisah nyata dalam film dokumenter pendakian ke Hkakabo Razi.

Tim Natgeo awalnya membawa peralatan lengkap. Dari seluruh peralatan camera yang dibawa, dari camera kelas standar sampai model tertinggi Red Dragon seharga ratusan ribu dollar. Tersisa hanya camera mirrorless saja.

Gunung Hkakabo Razi tertinggi di Asia Tenggara

Ketinggian puncak gunung Hkakabo Razi tepatnya 5881 meter.
  • Dibawah gunung masih terdapat hutan hujan antara ketinggian 2.400-2700 meter.
  • Memasuki ketinggian 3.400 meter, adalah hutan terakhir yang tersisa sebelum ke puncak
  • Setelah 4.600 meter, permukaan berubah dengan medan angin, salju dan gletser.
  • Di ketinggian 5.300 meter adalah es dan beberapa gletser.
Berdasarkan catatan pendaki di Hkakabo Razi. Dari pendaki Takashi Ozaki dari Jepang dan Nyima Gyalsen dari Burma. Mereka yang tercatat dan pertama mendaki tahun tersebut di tahun 1996.

Ozaki pernah mencoba sebelumnya di tahun 1995 tapi pulang kembali karena cuaca buruk. Ozaki adalah pendaki senior, meninggal tahun 2011 di gunung Everest dan dalam catatan hanya dia yang menjadi orang pertama berhasil mencapai puncak tertinggi Hkakabo Razi

2014 Agustus, tim ekspedisi dari Burma melalui jalur baru dari utara. 2 orang mencapai puncak pada 31 Agustus 2014. Sayangnya tim pendaki kehabisan baterai setelah mencapai puncak dan komunikasi radio terputus. Kabarnya kedua pendaki tersebut dianggap hilang dan regu penolong mencoba mencari sampai bulan Oktober dan tidak ditemukan. Bahkan kecelakaan dialami oleh helikopter penolong dan menewaskan 1 pilot.

2014 November, tim Nat Geo yang diceritakan diatas. Mencoba mengukur ketinggian gunung Hkakabo Razi. 7 November 2014, Jenkins Richard dan Ozturk membuat upaya terakhir untuk mengukur ulang ketinggian gunung. Tim pendaiki terdiri dari tim North Face dan Nat Geo. Antara gunung Hkakabo Razi dan Gamlang Razi, keduanya memiliki ketinggian hampir sama. Puncak gunung Hkakabo Razi yang berhasil mereka capai di 5.742 meter, dan tim berbalik pulang. Karena medan yang dilewati tidak ada jalan lain, hanya tebing dan mereka juga kurang perlengkapan dan makanan sudah 0. Tim Nat Geo mencatat ketinggian gunung naik lebih tinggi 200 meter dan sekarang tercatat mencapai 5.881 meter.
Pendakian ke puncak gunung Hkakabo Razi akhirnya gagal. 3 pendaki Jenkins, Richards, dan Ozturk tidak punya waktu lagi untuk mencoba ke puncak Hkakabo Razi sampai ketinggian 5742 meter.
Satu tim mengatakan untuk apa mencapai puncak gunung sambil melihat puncak gunung yang sudah sangat dekat tapi jalur yang dilewati sangat berbahaya. Sudah 2 minggu menembus hutan, menghadapi 2 minggu lagi untuk pulang melewati jalan yang sama. Keputusan yang tepat lebih baik pulang ketika kondisi fisik masih sempurna, dibanding resiko yang dihadapi bila memaksakan menuju puncak.


Gunung Hkakabo Razi tertinggi di Asia Tenggara

Puncak gunung Gamlan Razi sekarang menduduki peringkat nomor 2. Dicapai oleh tim Htoo Foundation dengan 5 pendaki asal Amerika dan 2 pendaki Burma (*TCCM).

Tabel daftar puncak gunung tertinggi di Asia Tenggara, 6 puncak tertinggi di Asia Tenggara berada di Myanmar dan perbatasan China.

Nama gunung Ketinggian puncak Lokasi
Hkakabo Razi [1] 5,881 m (19,295 ft) Myanmar
Gamlang Razi [1] 5,870 m (19,259 ft) Myanmar / China
Peak 5710 [1] 5,710 m (18,734 ft) Myanmar / China
Dindaw Razi [1] 5,464 m (17,927 ft) Myanmar / China
Tami Razi [1] 5,101 m (16,736 ft) Myanmar / India
Sheankala Razi 5,000 m (16,404 ft) Myanmar
Puncak Jaya 4,884 m (16,024 ft) Indonesia (New Guinea)
Sumantri 4,870 m (15,978 ft) Indonesia (New Guinea)
Ngga Pulu 4,862 m (15,951 ft) Indonesia (New Guinea)
Carstensz East 4,820 m (15,814 ft) Indonesia (New Guinea)
Puncak Mandala 4,760 m (15,617 ft) Indonesia (New Guinea)

Film pendakian diatas dapat dilihat di Youtube (oleh North Face)


Video dari Dicovery Channel dikumpulkan dari koleksi dan sejarah para pendaki di Everest ini untuk menghormati para Sherpa yang meninggal. Rekor baru pendaki paling banyak mencapai puncak Everest mencapai 22 kali pada bulan Mei 2018

Pemantauan gunung Agung Bali dapat dilihat online atau streaming video. Dapat dilihat langsung streaming video di Youtube. 2 lokasi CCTV berada di Bukit Asah, Karang Asem Bali. Pemandangan erupsi gunung Agung dapat dipantau paling terang pada jam 6 pagi sampai jam 6 sore

Semua gunung paling berbahaya bagi pendakian memiliki puncak yang berada di 8000 meter. Seluruh gunung tertinggi memiliki resiko kematian, tapi 4 gunung ini memiliki resiko di atas gunung Everest. Artinya rasio yang tidak pulang dibanding yang berhasil mencapai puncak dan kembali ke rumah akan lebih banyak



Tim Alberta 2016 mundur setelah nyaris dihantam guguran es. Mengapa puncak K2 bisa menelan korban. Puncak K2 bukan puncak untuk pendaki biasa, hanya untuk pendaki gunung profesional kata Pemba Gyalje seorang sherpa pahlawan. Puncak K2 hanya ditujukan untuk pendaki sangat ahli

Gunung Sourabaya meletus pertama kali sejak 60 tahun terakhir. Menjadi pertunjukan spektakuler dengan lava berapi. Gunung ini sudah dua kali meletus, tapi tidak ada yang tahu. Dan hanya Nasa yang melihat gunung ini meletus di pulau terpencil di Samudra Atlantik Selatan.

Film Everest menceritakan cuaca ekstrem yang harus dihadapi para pendaki. Disebut Blizzard atau badai yang membeku disertai udara sangat dingin. 2 layanan pendakian dan masing masing 8 orang klien.

Film pendakian gunung K2 Siren Himalaya ini menceritakan pendakian paling menantang. Bukan pendakian ke puncak tertinggi di gunung Everest, tapi di puncak gunung tertinggi ke 2 yaitu K2. Pendakian Everest 20 orang 1 tidak pulang, tapi di pendakian K2 rasio 4 pendaki 1 tidak pulang



Dari kru NBC News sedang berada di base camp untuk persiapan film Discovery Live Everest Jump Live. Tetapi bulan itu menjadi tragedi yang menewaskan 12 Sherpa. Update lengkap dengan peta dan gambar animasi

Mengapa pegunungan Himalaya membentang sampai 2.900 km. 2 puncak tertinggi di dunia ada disana. Daratan India dahulunya berada di bawah lalu bergerak naik ke arah utara sejauh 6000km. Akhirnya bertabrakan dengan lempeng Asia pada 40-50 juta

Film dokumenter tentang pendakian ke puncak paling berbahaya di pengungan Himalaya yaitu puncak K2. Diceritakan dari awal perjalanan sampai tantangan selama persiapan dan kesulitan dari basecamp. Resiko pendakian disini 4 berbanding 1


No popular articles found.