Cahaya paling berpengaruh di alam semesta Gamma


Kategori : Science | Date : 10 January 2016
Sinar gamma adalah salah satu senjata terbesar di alam semesta. Diproduksi oleh peristiwa di antariksa seperti cahaya dari bintang meledak, semburan pulsar (bintang besar yang mati memancarkan cahaya radiasi), atau inti galaksi.

Sinar ini mewakili cahaya yang paling energi dan paling kuat. Tetapi mata manusia tidak dapat melihat.

Saat ini tempat pengamatan terbaik ada di teleskop Fermi Gamma Ray Space Telescope Nasa atau FGST. Seluruh kegiatan alam semesta di galaksi kita direkam selam 6 tahun. Kita dapat melihat dengan mengungkap seperti apa cahaya tersebut dapat terlihat.

Sebagian besar cahaya dari video dibawah ini diakibatkan dari blazar. Blazar adalah cahaya dari lubang hitam yang ada di tengah galaksi.. Tidak hanya cahaya dari Blazar, teleskop GFST mendapatkan cahaya dari benda lain seperti Crab nebula, sisa dari supernova, atau bintang kembar raksasa di tata surya Eta carinae.

Banyak pulsar juga diberikan label dalam durasi video singkat ini, dan cahaya lain yang belum dapat dikategorikan.

Semua benda yang tertangkap teleskop GFST memiliki frekuensi antar 50 miliar sampai 2 triliun elektron volt. Angka tersebut menjadi ukuran kekuatan benda seperti disebutkan diatas. Dibanding mata manusia hanya mampu menangkap sekitar 2-3 elektron volt. Bila melihat cahaya tersebut, mata kita harus disipitkan dari kekuatan terang cahaya. Bayangkan sebuah energi cahaya yang mencapai 1 triliun, kita akan merasakan otak meledak akibat sinar gamma.

Cahaya paling berpengaruh di alam semesta Gamma

Setiap titik merah yang di tangkap teleskop Fermi adalah kegiatan benda di dunia kosmik. Dan seluruh aktivitas benda yang tertangkap berada di galaksi kita. Sekitar 40 lebih sumber cahaya berwarna merah tersebut belum teridentifikas.

Tim peneliti Marco Ajello dan rekan rekan membuat seluruh peta dari energi yang tertangkap teleskop Firme. Dimulai dari cahaya paling rendah 50 miliar GEV sampai 2 triliun elektron volt TEV.
Dari 360 sumber cahaya, sekitar 75 % adalah blazar.


El Gordo memiliki nama resmi SPT0615-JD. Disebut juga sebagai The Fat One, salah satu cluster atau gugus kumpulan galaksi terbesar yang pernah ditemukan. Terbentuknya SPT0615-JD akibat 2 gugus galaksi yang dahulunya terpisah dan bergerak saling mendekat dan menjadi satu gugus galaksi baru.

Perubahan musim ditandai dengan Equinox, tepatnya pada tanggal 21 Maret dan 21 September. Di negara dengan 4 musim akan mengalami waktu musim transisi. Dan di seluruh dunia akan mengalami waktu yang sama antara waktu siang dan malam



Matahari terlihat memiliki lubang, dan luasnya mencapai lebih dari 120 ribu km. Bahkan ukuran bumi masih lebih kecil dibanding munculnya lubang tersebut. Terlihat lubang bergerak dan semakin membesar.

Beberapa planet ekstrem yang ditemukan astronom kadang posisi planet. Bagaimana bila sebuah planet berisi air saja. Ada yang besar, sampai ukurannya puluhan kali lebih besar dari Bumi. Ada yang sangat jauh letaknya, planet sangat dingin, dan planet terlalu panas, dan ada yang berukuran 28x lebih besar dari Jupiter

Plasma adalah materi ke 4, setelah gas, padat dan cair. Plasma disebut sebagai gas terionisasi. Di bumi, materi plasma dapat dibuat tapi tidak bertahan lama. Seperti pemanas fusi nuklir, di alam semeta materi plasma hal biasa seperti bintang atau mataharai kita

2 minggu setelah NASA memberi peringatan bumi sangat rentan terhadap jatuhnya meteor besar. Seorang astronom China memperingatkan sebuah asteroid besar yang dapat menghancurkan bumi, dengan kekuatan kerusakan 3 miliar bom nuklir. Bumi tidak pernah lepas dari ancaman asteroid di ruang angkasa

Ilmuwan sudah melihat galaksi yang sangat jauh, tapi luput meneliti galaksi lain yang ada di samping galaksi Bima Sakti. Disana memiliki beberapa grup galaksi yang sebelumnya tidak pernah terlihat. Bahkan memiliki 3 kelompok galaksi dan 2 cluster galaksi baru

Setiap peningkatan sinyal yang tertangkap dari elemen Neutrino dipastikan telah terditeksi adanya kegiatan dari lubang hitam atau supernova besar. Neutrino yang tertangkap oleh teleskop IceCube secara umum adalah aktivititas sangat besar di ruang angkasa.



Kelompok galaksi MACS J067 7015 diabadikan oleh teleskop Hubble. Usianya sangat muda, kurang dari 1 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta. Bentuk galaksi kuno ini berukuran kecil dan jumlahnya cukup banyak. Gambar diabadikan Hubble datang terlambat untuk dilihat oleh teleskop sampai 12 miliar tahun cahaya.

DSCOVR berada 1,6 juta km dari Bumi. Satelit tersebut posisinya lebih jauh dari posisi bulan ke Bumi. Jadi bisa mengabadikan posisi Bumi lebih luas. Satu video dari Nasa ini menarik, karena foto bulan yang diambil bukan dari sisi depan tapi di sisi belakang.

Astronom telah melihat sebuah benda yang jaraknya 5000 tahun cahaya. Dan sebuah kejadian dalam 3 tahun dapat diamati oleh teleskop di rumah anda. Karena sebuah bintang Pulsar akan menarik satu bintang lain. entu saja kejadian tabrakan kedua bintang tersebut sudah terjadi di masa lalu.

Salah satu program mengirim pesan ke Alien adalah program Lone Signal. Mengirim pesan ke bintang Gliese 526. Bagaimana ilmuwan mengirim berita ke Alien, apakah dengan bicara biasa. Tentu saja mengunakan bahaya paling umum



No popular articles found.