Ahli geologi temukan batu meteor di Australia lebih tua usianya dari Bumi


Science | 8 January 2016

Peneliti dari Australia menemukan sebuah batu meteor yang jatuh di Australia. Diperkirakan usia batu tersebut berusia 4,5 miliar tahun. Sebuah meteor jatuh ke Bumi pada 27 November 2015, dan disaksikan oleh sejumlah penduduk di daerah William Creek dan Marre.

Batu tersebut ditemukan di danau Eyre, tapi cerita jatuhnya meteor sudah dilacak oleh tim Desert Fireball Network mengunakan 32 camera array yang ditempatkan di pedalaman. Dari data rekaman tersebut akhirnya tim DFN menganalisa gambar, perhitungan sudut dan hal lain. Untuk mencari kemana arah jatuhnya batu tersebut.

Setelah diperkirakan jatuhnya berada di danau Eyre, dimulai operasi pencarian.oleh 2 ilmuwan, sampai mereka menanyakan ke penduduk setempat yang sempat menyaksikan. Akhirnya batu tersebut ditemukan Terlihat membuat lubang di sedalam 42cm dengan berat meteor tersebut 1,7kg. Jatuhnya terledak di danau kering yang jauhnya 6km dari tepi danau.

Bagaimana cerita dengan batu meteor yang ditemukan. Peneliti menyebut objek atau batuan yang sudah ada sejak 4,5 miliar tahun lalu. Atau terbentuk bersamaan dengan terbentuknya tata surya dahulu kala, dan sebelum adanya planet Bumi.
4,5 miliar tahun lalu setara kejadian tabrakan 2 planet yang akhirnya menjadi planet baru yaitu Bumi dan Bulan. Hal ini diungkap berdasarkan usia batuan dari bulan dan diteliti kembali di Bumi.

Batu tersebut diperkirakan datang dari luar, sekitar orbit Mars, atau diperkirakan berasal dari batuan antara planet Mars dan Jupiter.

Bila dibandingkan dengan kehidupan hewan pertama seperti kerang yang ada di Bumi. Baru terbentuk sekitar 450 juta tahun lalu. Oksigen dan atmofer Bumi mulai tampak setelah 2,8 miliar tahun lalu setelah banyak gunung api mengeluarkan gas CO

Sedangkan tumbuhan atau kelompok tanaman berbunga yang mendominasi saat ini, berdasarkan usia fosil yang ditemukan baru diperkirakan berusia 200 juta tahun lalu. Dan manusia modern tertua yang ditemukan baru berusia 200.000 tahun lalu.

Batuan tersebut memiliki usia 4,5 miliar tahun, dan akhirnya jatuh sebagai meteor.

Ini lebih tua dari usia Bumi kita sendiri, kata peneliti

Ahli geologi temukan batu meteor di Australia lebih tua usianya dari Bumi

Berita terkait
Apakah alam semesta terus menjauh atau suatu hari akan kembali ke titik awal penyebab terbentuknya alam semesta sendiri yaitu  titik awal Big Bang. Atau alam semesta malah bergerak bebas dibanding 3 teori sebelumnya. Kemungkinan pergerakan galaksi disebabkan gravitasi antar cluster galaksi, atau faktor energi gelap.

Galaksi NGC 1316 memiliki bagian inti dengan debu dan gas. Diperkirakan pernah menelan galaksi lain dan membentuk dirinya saat ini. Dengan lubang hitam aktif menjadi sinyal radio paling kuat nomor 4 dan galaksi mengeluarkan sinyal radio 1,4Ghz dari lubang hitam.



Apakah bisa planet Mars dan Bulan ditanam pepohonan. Di jawab mungkin bisa kata tim Universitas Wageningen. Salah satunya kentang bisa tumbuh, setelah di uji coba di gurun Peru. China mengirim Change 4, sayangnya percobaan menanam di Bulan gagal.
Penelitian lain tanah Mars lebih beracun dari perkiraan sebelumnya.

Gambar mahluk purbakala umumnya hanya kerangka, dan ilmuwan memberikan gambar seperti apa bentuk aslinya. Tapi fosil di Myanmar ini adalah fosil burung yang utuh, bahkan masih lengkap dengan kaki dan bulu dari burung di jaman 100 juta tahun lalu.

Sebuah desa kecil di Arizone disebut Sky Village atau kampung langi. Disana memiliki satu aturan "matikan lampu terkutuk mu". Khususnya bagi para tamu yang mampir ke desa ini harus mengikuti aturan tersebut. Ada apa sebenarnya di desa ini.

Sebuah asteroid ditemukan pada tahun 2013, dan diberi nama asteroid 2013 TX68. Tidak menabrak bumi, hanya melintas dekat bumi pada 5 Maret 2016. Tim Nasa mengatakan itu paranoid saja, posisi asteroid ini terbang jauh dari bumi dengan perkiraan ukuran sebesar 30m atau seukuran lapangan basket.

Sebuah asteroid disebut Platium. Benar benar platinum atau emas putih, akan melintas hari ini tanggal 19 Juli 2015. Asteroid dengan nomor 2011 UW-158 diperkirakan memiliki nilai $5.1 triliun dari kandungan platinum. Mungkin suatu hari asteroid ini akan ditambang.



Bagaimana bumi terbentuk, ada 4 tahapan sebelum bumi memiliki penghuni. Bagaimana atmofer Bumi ketika jaman purba. Bumi tidak bulat, agak membengkak di bagian khatulistiwa. Dahulu mungkin bumi lebih dingin dari sekarang. Bagaimana Bumi mampu melindungi mahluk hidup dan menjadi planet yang lebih hangat.

Pernah mendengar cerita planet X, planet yang tidak dikenal di tata surya kita sendiri. Mungkin planet ini memang ada, tapi jauh di kegelapan dan mungkin saja berada sangat jauh di luar planet Pluto. Tetapi jumlah planet tersebut tentunya tidak pasti, karena orbitnya begitu jauh, dan sulit diamati dari Bumi dengan teknologi yang ada




No popular articles found.
< /body>