Galaksi NGC 6052 letaknya 230 juta tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Hercules. Disana terlihat satu galaksi, tapi sebenarnya ada 2 galaksi. Mengapa terlihat satu, sangat mudah ditebak. Kedua galaksi sedang tabrakan. Diabadikan oleh teleskop Hubble dengan kerjasama antara ESA dan Nasa.

Nanti 2 galaksi yang disebut NGC 6052, akan bersatu menjadi sebuah galaksi besar. Saat ini keduanya saling tarik menarik. Sekarang disana sedang terjadi kekacauan, karena isi galaksi termasuk posisi bintang dan planet menjadi tidak stabil.

Apakah hal aneh terjadinya tabrakan dari galaksi dengan galaksi lain. Hal ini wajar di antariksa, termasuk suatu hari nanti galaksi kita akan ditabrak oleh galaksi lebih besar Andromeda. Tetapi nanti sekitar 4 miliar tahun dari sekarang.

Dan akan membentuk galaksi baru, tentu saja bila manusia masih bertahan di Bumi akan menikmati pemandangan luar biasa. Tentu saja bila bumi selamat dari tabrakan dan tidak bersentuhan dengan planet, bintang dan benda di ruang angkasa lain.

Galaksi NGC 6052 ini bukan satu tapi dua