Teknologi mati baik tergeser atau tertinggal ketika muncul teknologi baru


News | 29 December 2019

Ada beberapa teknologi yang gagal disukai penguna perangkat elektronik

Beberapa teknologi, layanan akhirnya mundur di tahun 2015. Termasuk smartphone Amazon, Windows media center, sampai baterai penganti yang tidak lagi dilirik oleh penguna.

Siapa yang membutuhkan baterai backup, bila sudah ada powerbank membuat produsen memasang baterai permanen. Atau menonton TV di depan computer, sudah jarang ditemui saat ini, kecuali menambah software untuk streaming TV karena sudah ada teknologi TV streaming di Android . Atau ide Microsoft dengan perangkat murah Windows RT akhirnya gagal juga


Sidecard
Aplikasi ini pertama muncul tahun 2012, dan 2015 terlihat sudah tutup. Awalnya untuk berbagi kendaraan seperti taksi pribadi, tapi gagal bersaing dengan Uber dan Lyft.

Sidecard berbagi kendaraan yang gagal dan tutup

Windows RT.

Windows 8 tidak cukup merusak nama Microsoft Windows, karena user tidak suka dengan tampilan Windows. Windows RT bahkan lebih buruk lagi. Kalau disebut Windows RT adalah versi Windows 8 Lite, targetnya untuk notebook hemat power, atau perangkat tablet. Tapi tidak bekerja penuh dibanding sistem OS Windows biasa. Windows RT gagal karena tidak banyak software yang mendukung, hanya OSnya saja yang ramai dibicarakan. Akhirnya pengembangan OS Windows RT dihentikan Microsoft pada akhir 2013.
Lalu Microsoft juga menghentikan Surface 2.

Windows RT yang gagal beberapa tahun lalu
Replacement Battery
Sejak teknologi gadget muncul, keluhan adalah baterai. Kabari baik, bila perangkat memiliki baterai dapat diganti dengan baterai backup. Beberapa eksekutif kadang membawa baterai cadangan untuk notebook mereka tetap bekerja.
Itu cerita dahulu. Sekarang tidak ada yang mengeluhkan teknologi replacement battery atau baterai penganti. Sebagian perangkat sudah memasang baterai permanen Apple iPhone dan MacBook Air tidak dapat diganti baterai alias baterai hanya satu di dalam perangkat. Konsumen memang mengeluhkan tapi waktu berlalu dan tidak ada yang peduli.



Hari ini banyak produk sudah mengunakan baterai permanen. iPhone sudah jelas, Samsung yang mempertahankan baterai penganti di seri Galaxy Note juga sudah tidak mengeluarkan lagi perangkat baterai penganti. LG hanya menawarkan smartphone di kelas entry untuk pengantian baterai smartphone. Menganti baterai sudah tidak menarik bagi penguna gadget. Karena sama saja memiliki 1 baterai lebih murah dengan tambahan powerbank, dibanding membeli baterai smartphone tambahan.

pengantian baterai smartphone sudah ditinggalkan

Amazon Fire Phone.
Satu produk dari Amazon ingin mencoba masuk ke pasar smartphone dengan Amazon Fire Phone. Idenya tidak jelek, sistem smartphone terintegrasi dengan toko online raksasa Amazon. Seperti layanan servis Amazon Prime dan layanan yang tersedia milik Amazon.
Sayang tidak banyak yang suka, bahkan sudah dibanting harganya tetap tidak suka. Baru setahun diluncurkan akhirnya dihentikan, dan Amazon rugi untuk produk ini.

Amazon Fire Phone yang gagal diterima pasar

RadioShack
Berdiri sejak tahun 1921 sampai terakhir 2015. Toko perangkat elektronik dari jaman bahela alias era listrik pertama. Menjual perangkat kabel telepon, pager, bahkan resistor. Perusahaan ini memiliki pengalaman luar biasa di bidang elektronik, bahkan namanya masih berkilau di era 90an. Jaringan toko tersebut bangkrut di tahun 2015, separuh toko dijual ke perusahaan telekom Sprint Amerika.

Toko Radioshack akhirnya tutup di tahun 2015

Windows Media Center
Dibuat oleh Microsoft tahun 2002. Software tambahan di Windows, menjadi computers sebagai media hiburan. Computer dapat terhubung ke TV, untuk nonton film atau mendengar musik, dan terhubung ke remote kontrol.
Windows Media Center diluncurkan khusus untuk Windows XP. Dengan perangkat tambahan TV Tuner.
Masalah utama. Tidak orang yang menarik menonton TV di depan meja computer. Tahun 2009, Microsoft menghentikan aplikasi ini.

Windows Media Center yang gagal dinikmati penguna Windows

Amazon Wallet
Idenya membawa uang elektronik, dikembangkan oleh Amazon. Nasibnya sama seperti ponsel Fire milik Amazon. Amazon Wallet adalah konsep untuk menyimpan hadia dan pelanggan yang setia dari toko Amazon. Penguna dapat mengatur kredit dan debit yang ada di layanan Amazon.
Akhirnya layanan tersebut ditutup tahun 2015 setelah setahun di uji coba.

Secret
Sebuah aplikasi sederhana membuat seseorang berbicara tidak dapat diketahui keberadaannya di internet. Dibuat oleh David Byttow dan Chrys Bader. Mendapatkan dana 35 juta dan terakhir memiliki 15 juta user. Isinya untuk posting anonim yang salah, cerita gosip, dan hal tidak berguna tanpa disaring.
Akhirnya muncul kasus Cyberbullying, sampai penguna disana merasa bosan sendiri. Perlahan penguna Secret turun drastis, sampai April 2015 pendiri Secret mengumumkan tiba tiba mereka menghentikan layanan.



MP3 player iPad, Zune, dan produsen MP3 player lain
Ketika teknologi MP3 tampil, produsen seperti Apple meluncurkan iPod.
Musik dapat di share dengan internet.
Membuat Walkman berlalu di kalangan remaja. Tapi tidak lama, setelah smartphone muncul, MP3 Player juga menghilang.
Muncul streaming musik seperti Spotify memasuki musik internet.
Format MP3 tetap ada tapi berhenti di tahun 2017. Ketika pembuatnya Fraunhofer Institute menghentikan program lisensi mereka.

Messenger
AOL, MSN, BBM dan Yahoo Messenger awalnya mendominasi teknologi pengiriman pesan. Penganti teknologi SMS, menghandalkan koneksi internet di PC atau smartphone BBM.
Di era 90an, pengiriman pesan lebih praktis dari computer. Dan muncul BBM yang membawa pengiriman pesan langsung di tangan penguna.
BBM sangat handal, bertahan cukup lama. Terlebih hanya dapat digunakan untuk smartphone kecil BlackBerry.
Tetapi teknologi berubah setelah munculnya Android. Banyak aplikasi seperti Line, Whatsapp, WeChat dan lainnya mendominasi penguna smartphone uintuk mengirim pesan.
Lebih canggih, lebih lucu dan menghibur. Termasuk masalah negara, masyarakat, kehidupan sosial menjadi masalah dengan aplikasi tersebut.
Tetapi namanya saja teknologi, tinggal penguna yang menentukan apa yang dilihat.
MSN akhirnya tamat, perusahaan Verizon membeli AOL tahun 2015 akhirnya memutus AIM berhenti di tahun 2017. Menyusul Yahoo Messenger tutup 2018.
BBM akhirnya melepas teknologi ekslusif di BlackBerry, dan BBM dilepas tahun 2013 sampai dirilis ke Android, WIndows Phone atau iPhone.

DVD player dan Disc DVD
Penguna DVD mengunakan media tersebut untuk menyewa film.
Penguna juga mengunakan media DVD untuk menyimpan storage file, film dan TV. Ketika DVD player selalu ada di ruang keluarga, tetapi tidak lama.
DVD rental di luar negeri tutup tahun 2010an. Teknologi baru Blu-ray dan UHD disc juga tidak banyak muncul ke pasaran.
Alasannya, lebih mudah menonton langsung di internet atau kabel TV untuk hiburan di rumah.
DVD masih bertahan, dan lebih banyak digunakan di computer. Tapi bukan mendominasi produk konsumen lagi.
Bahkan untuk membackup lebih mudah mengunakan FlashDrive yang kapasitasnya jauh lebih besar dari DVD.

TV Plasma
Ketika TV tabung bukan lagi pilihan. TV Plasma mendominasi pasar TV high end.
Tetapi TV Plasma boros energi, dan cepat tergeser oleh TV LCD dan TV LED. Dan terakhir teknologi OLED TV memberikan warna lebih dinamis.
Teknologi TV LCD belum berakhir, sementara akan berada di tingkat resolusi 4K atau UHD. Walau di Indonesia belum ada layanan untuk resolusi tinggi tersebut.

Jaringan 4G
Sementara 4G atau 4G LTE masih bertahan di tahun 2019. Walau teknologi 5G sudah tampil.
4G hanya menunggu waktu, dan bukan jaringan internet smartphone tercepat lagi.
Produsen chip untuk mobile phone seperti Samsung, Huawei, Mediatek serta Qualcomm siap mendukung jaringan 5G.
Beberapa kota sudah memiliki jaringan kecepatan tinggi.
Mengapa ditinggalkan. Kebutuhan dan kecepatan. 4G atau 4G LTE memiliki kecepatan tranfer 150Mbps dalam teori, sedangkan 5G mencapai 10GBps.
Sudah jelas yang tercepat akan hadir, walau masih perlu menunggu.



Berita terkait
Kabel Equiano memiliki kecepatan 20 kali lebih besar dibanding jaringan kabel yang telah ada saat ini. Equiano adalah jaringan kabel bawah laut yang menghubungkan 2 benua. Kali ini kabel tidak melintas antar benua, hanya melintas di pinggir benua dan menghubungkan negara negara di wilayah Barat.

Era digital membuat uang kertas seperti barang usang. Transaksi uang tunai bagi penjualan di toko hanya membebankan waktu karyawan. Toko retail dan makanan lebih menyukai menerima uang digital. Di China perusahaan pembayaran digital harus bermitra dengan bank lokal. Tidak lama smartphone akan ditinggalkan untuk sistem pembayaran uang digital.



Pager adalah layanan panggilan kuno akhirnya ditnggalkan di Jepang. Tampil sebagai teknologi informasi pengirim pesan melalui sinyal radio. Teknologi ini praktis karena satu satunya alat untuk menghubungkan seseorang di jamannya. Setelah Tokyo Telemessage akan menutup layanan mereka.

Beberapa layanan internet dan pengembangan produk di tahun 2016 cukup banyak yang gagal. Bukan produk baru, tapi produk ternama juga gagal dipasaran. Dari nama Nexus, Vine, Blackberry, Firefox OS akhirnya ditinggalkan atau ditutup.




No popular articles found.
< /body>