Pesawat jet bomber Tupolev Tu-22m aka Backfire milik Soviet


Stuff | 30 December 2015

Pesawat jet bomber Tupolev Tu-22m dijuluki oleh Nato Backfire. Ini adalah pesawat pembom supersonik dengan sistem sayap ayun atau dapat dilipat. Menjadi pesawat pembom strategis dan pembom maritim untuk terbang rendah. Dibuat oleh perusahaan OKB Tupolev.

Ini bukan pesawat jet supersonik modern, karena sudah dibuat sejak tahun 1969.

Keunikan pesawat Pesawat jet bomber Tupolev Tu-22m masih tersisa 100 lebih pesawat oleh angkatan udara Rusia.

Ketika perang dingin pernah melakukan simulasi serangan ke angkatan laut Amerika dan pasukan Jepang. Pertama turun dalam pertempuran di Afghanistan selama tahun 1987-89. Melepaskan bom konvensional ke sasaran musuh. Time Pesawat jet bomber Tupolev Tu-22m3 juga ikut serta dalam pertempuran di Chechy selam 1995.

Pesawat ini pernah melakukan simulasi ke Swedia pada 29 Maret 2013. 2 pesawat Pesawat jet bomber Tupolev Tu-22m3 terbang ke bandara internasional Swedia untuk melakukan simulasi serangan. Tapi pertahanan udara Swedia gagal merespon.

17 November 2015. Rusia mengirim 12 tipe Pesawat jet bomber Tupolev Tu-22m3 untuk menyerang target di Suriah. Bersama serangan  rudal jarak jauh yang ditembakan di laut Mediterania dengan 2 tipe pesawat lainnya TU-05 dan TU-160.

Negara China memesan 36 pesawat pesawat jet bomber Tupolev Tu-22m3s.  Tapi sebagian komponen dibuat di China dengan perjanjian antara Rusia dan China untuk tranfer teknologi. Negara lain yang memiliki adalah Ukrania dan India pernah memiliki pesawat ini.

Dibutuhkan 4 personal dari pilot, kopilot, pembom dan pengawas sistem pertahanan. Kecepatan pesawat mencapai 2 Mach maksimum dengan jarak tempuh 7000km. Radius tempur sekitar 2400km.

Memiliki senjata cannonn otomatis di belakang pesawat yang dikendalikan di dalam pesawat. Mampu membawa 3 misil tipe Raduga Kh-22 yang digantung dibagian sayap. 6 misil MKU-6-1 di bagian rak bom sistem rotari, 4 misil di sayap kiri dan kanan. Total ketika terbang dapat membawa 10 misil.

Pesawat jet bomber Tupolev Tu-22m aka Backfire milik Soviet

Berita terkait
Pesawat Jet F-35 Lightning II dengan teknologi pesawat siluman. Pesawat F-35 tidak dibuat dengan satu model tapi beberapa varian, terdiri dari F-35A, F-35B dan F-35C. Ketiga jenis pesawat memiliki kemampuan berbeda beda, walau 80% disain yang sama. 20% lainnya ada di bagian teknologi, dan unit pasukan yang mengunakan. Hanya satu model pesawat dirancang dengan kemampuan mengambang di udara.

Pesawat jet tempur Tu-160 mirip seperti pembom Amerika B-1 Lancer. Kabarnya banyak pengusaha kaya raya tertarik menjadi jet ini untuk pesawat penumpang. Memiliki jarak jelajah 12,2 ribu km, seperti kemampuan jet pribadi komersil Boeing atau Airbus



Pesawat pembom strategis Tupolev TU-160 dikenal dengan nama Blackjack. Mampu terbang dengan membawa bom seberat 40 ton, dan kecepatan 2 mach. Hanya dimiliki 2 negara Rusia sebagai produsen dan Ukrania. Hanya 35 unit pesawat, pengembangan generasi ke 2 TU-160M2

2 pesawat sedang terbang dan jaraknya 100 meter. Bisa mengirim foto dengan Airdrop. Bagaimana kedua perangkat saling terhubung walau mengunakan sinyal WIFI. Salah satu teknologi Apple yang memudahkan penguna.

Pesawat tempur F 16 disebut Fighting Falcon, tapi pilot lebih memilih nama Viper. Pesawat ini relatif murah tapi lincah dalam pertempuran. Keunikan pada bagian jendela  pilot bisa melihat seluruh sudut sampai 360 derajat. Digunakan di Suriah dengan taktik Wild Weasel

Pesawat L-15B dirancang untuk satu pilot untuk menghemat berat. Mampu membawa persenjataan seberat 3 ton dengan 9 hanger di badan dan sayap pesawat.Pesawat dapat dipasangkan rudal udara ke udara untuk anti pesawat tipe PL-12 jarak jauh, dan rudal infrared PL-10. Jarak jangkauan pesawat sekitar 500km dengan tangki bahan bakar tambahan.

Pesawat pembom B2 Spirit adalah pesawat Stealh Bomber, menjadi pertahanan udara paling mahal milik Amerika. Tidak aktif terakhir tahun 2013, kembali melakukan serangan pada Januari 2017. Mengapa pesawat ini harus melakukan misi di Libia. Walau disana tidak ada yang membahayakan bagi serangan udara.



Pesawat B-21 adalah pesawat pembom strategis, memiliki bentuk pesawat pembom siluman seperti B-2 Spirit. Tapi memiliki multi fungsi untuk pertempuran modern, seperti pusat kendali drone, pengambil data intelijen tempur dan pesawat pencegat.

Badai Hermine melanda daerah Virginia Amerika. Disana terdapat pesawat jet tempur F-22 Raptor. Pangkalan angkatan udara Amerika tahu, ini akan menjadi masalah. Bagaimana memindahkan dan mengamankan 13 pesawat

Di pameran pesawat penonton akan melihat kemampuan manuver terbang jet komersil. Yang satu ini jet tempur tempur Mig 29 ini bisa langsung take off dan terbang vertikal. Seperti roket langsung menuju langit. Mig 29 memiliki kecepatan 2,25 mach

Pesawat Stratotanker tipe KC-135 adalah pesawat pengisian bahan bakar di udara. Kali ini dibariskan sampai 11 pesawat, dan foto diambil di landasan udara militer Kadena Jepang.




No popular articles found.
< /body>