Kota Jobar Damaskus Desember 2015
Tim RT melihat dari udara mengunakan drone, kondisi kota Damaskus Suriah di bagian Jobar.

Daerah ini adalah lingkungan paling padat berada di pinggiran ibukota Suriah. Sejak terjadi pertempuran sengit antara pasukan Assad dan pemberontak, gedung disana rusak tidak karuan.

Yang menyedihkan, disana terdapat beberapa situs kuno. Sebelum konflik Suriah meletus di tahun 2011, lingkungan pada gambar dibawah ini ditinggali 300 ribu warga. Kebanyakan mereka adalah warga Muslim Sunni. Disana juga terdapat landmark kuno. Dari Synagogue Hijau, dan Sinagoga Yahudi tertua di dunia.

Masih ada lagi situs Masjid Agung Jobar yang ada disamping makam Nabi Elia. Jobar merupakan tempat permandian kuno selama pemerintahan Ottoman. Tidak ada kata baik dalam perang, salah satunya seperti yang terjadi di Suriah.

Kota Jobar Damaskus hancur akibat perang sipil diabadikan dari atas

Sekarang tempat ini menjadi sebuah gurun dengan bangunan dan toko kosong. Ketika terjadi perang, kapan saja bom bisa jatuh dari atas atau tembakan mematikan terjadi disana. Kadang pertempuran datang tidak terduga.



Kota Alleppo Desember 2016
Perang di Suriah telah berlangsung selama 4 tahun lebih. Gencatan senjata memberi kesempatan penduduk keluar dari kota. Desember 2016 pasukan pro pemerintah telah mengambil semua daerah yang dikuasai pemberontak

Sejak tahun 2012, sekitar 30 orang tewas akibat pertempuran. Itu baru sebagian kerugian akibat perang yang entah apa yang diperebutkan.

Kota tujuan turis dengan marmer putih yang spektakuler hancur. Aleppo sekarang berantakan. Aleppo berada di utara Suriah, dan Johar Damaskus ada di selatan. Keduanya berjarak 350km

Kota yang dibangun sejak abad ke 8, termasuk Masjid Agung, benteng Aleppo yang dianggap sebagai benteng terbesar dan tertua di dunia. Perang mungkin akan berakhir tapi lihat apa yang dilakukan oleh manusia disana.

Kota Aleppo yang rusak akibat perang