<

Rover InSight akan membor tanah di Mars


Kategori : Science | Date : 15 February 2019
Penelitian ke planet Mars belum selesai Nasa kirim InSight untuk meneliti permukaan tanah planet mer
Desember 2015
Nasa rencananya akan mengirim probe Insight ke planet Mars.

Alat ini dirancang khusus menelaah permukaan tanah planet Mars.

Dijadwalkan terbang menuju Mars pada Maret 2016.

Tapi misi Insight dipastikan ditunda untuk waktu yang tidak ditentukan, rancangan probe tersebut tidak akan bertahan di planet Mars.

Insight akan digunakan untuk menambah data lebih lengkap dibanding rover Curiosity yang sekarang sudah jalan jalan di planet Mars.

Tim pembuat probe Insight pada musim panas lalu sudah bisa memperbaiki masalah peralatan instrumen yang bermasalah. Tapi lagi lagi ada bagian lain yang diperkirakan tidak mampu bekerja bila ditaruh di planet Mars nanti.

Nasa menemukan masalah di probe Insight pada menit terakhir.

Setelah probe tersebut diuji untuk terakhir kali sebelum dinyatakan siap terbang. Peneliti menyebutkan, Insight tidak akan selamat atau tidak berumur panjang disana.

Nasa tetap menyiapkan Insight untuk terbang ke Mars. Tapi waktunya tidak ditentukan sampai probe benar benar siap.

Keadaan yang sama seperti Curiosity sebelum dilunucurkan mengalami beberapa penundaan. Hanya robot tersebut terlihat sukses sampai sekarang, dan masih jalan melakukan penelitian di planet Mars



Probe Insight milik Nasa batal diluncurkan tahun depan diperkirakan tidak mampu bertahan disana

Insight adalah robot Mars Lander, sudah direncanakan sejak 2010. Rencananya akan diluncurkan tahun 2016.

Insight sendiri dari singkatan Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport.

Insight bertugas mencari data tentang bebatuan di Mars, dan proses pembentukan tanah disana. Sehingga peneliti dapat memperkirakan seberapa tebal permukaan planet mars, mantel planet dan lainnya.

Agustus 2016

Rover InSight dirancang ulang, kabarnya siap untuk mendarat di planet Mars

Pendaratan InSight akan berada di garis katulistiwa Mars.

Dan rover akan menyiapkan instrumen secara permanen, ditambah sebuah lengan akan bekerja untuk meneliti tanah di Mars.

Probe temperatur dirancang untuk menditeksi dan mencatat adanya energi panas dari tanah di Mars. Robot akan membor tanah sampai kedalaman 3 meter saja untuk mendapatkan data lebih akurat.

Perangkat seismometer memiliki sensor sangat sensitif, untuk mendeteksi gerakan paling lamba dari lapisan tanah. Termasuk menditeksi adanya dampak bila terjadi meteor jatuh.

InSight diluncurkan Mei 2018 oleh Nasa, setidaknya bila tidak ada gangguan seperti masalah di tahun 2016 lalu. Dijadwalkan pada 5 Mei 2018 maka rover akan dikirim ke planet Mars.

Probe Insight persiapan ulang untuk dikirim tahun 2018

Maret 2018
Insight tiba di Vanderberg California untuk perispana akhir sebelum diluncurkan bulan Mei Juni 2018. Diangkut mengunakan pesawat militer AIr Force C-17 dari Lockheed Martin Space di Denver Colorado.
Sebelum dikirim ke planet Mars, robot Insight disiapkan untuk pengisian bahan bakar dan serangkaian test ulang.

Insight akan dikirim ke ruang angkasa mengunakan roket ULA Atlas V401.
Bila rencana berjalan dengan baik, InSight tiba di permukaan Mars 26 November 2018. Mendarat sekitar 600km dari tempat robot Curiosity pertama kali diturunkan.

Mei 2018
Sesuai jadwal, robot Insight telah dikirim menuju planet Mars. Pada hari Sabtu 5 April 2018, berangkat dengan roket Atlas V dari peluncuran di Vandenberg Air Force Base di California Selatan.
Rover akan meneliti permukaan dan geologi planet Mars selama misi utama dalam 2 tahun.

November 2018
Antena European di Australia akan melacak misi pendaratan robot Insight, setelah melakukan perjalanan dari 5 April dan diperkirakan sudah tiba hari Senin 25 November 2018 di planet Mars.
Antena Norcia New ESA terletak di padang pasir Australia Barat. Akan mendukung pendaratan InSight Nasa pada hari Senin 26 November 2018 waktu 20.00 UTC atau hari Selasa 27 November jam 4 pagi WIB.
Sekitar 12 jam sebelum pendaratan, periode Target Correction Manuver akan dilakukan sebelum rover InSight memasuki atmofer bumi.


Pesawat ruang angkasa yang sudah ada disana adalah TGO ESA / ExoMars Trace Gas Orbiter melakukan ekplorasi gas bersama rover yang dilepas tapi rover gagal mendarat dan menghantam tanah di Mars
TGO ESA masih bekerja dan mengorbit di atas planet Mars, ikut membantu pemantauan sinyal InSight.

Insight telah mendarat di planet Mars. Mengirim gambar ke Bumi, dan panel seukuran 2,2 meter dengan kekuatan 600W sudah terbuka untuk menerima cahaya matahari sebagai sumber power robot pengisi baterai.

Gambar dibawah ini mengunakan camera IDC, pada lengan robot.

Probe 
Insight mendarat di planet Mars 26 November 2018

Suara di planet Mars, pertama kali di rekam oleh peralatan manusia



Ada cerita menarik ketika robot InSight mulai membuka panel surya. Panel yang dibuat oleh UltraFlex Orbital ATK adalah panel surya lipat. Setelah mendarat panel surya akan membuka menjadi lingkaran. Sedangkan sel panel diproduksi perusahaan SolAero Tech.
Tingkat efisien panela surya mencapai 29%.

Energi listrik disimpan sepasang baterai lithium dengan kapasitas 25Ah, dibuat pabrikan EaglePicher.
Menghasilkan energi 4.588Wh di hari pertama ketika mendarat.
Panel surya dengan lebar 2,2 meter harus menerima energi surya yang lemah di planet Mars. Ketika siang hari atau matahari cukup bersinar di Mars, panel memberikan energi 600-700W.
Diperkirakan panel tetap mampu memberikan energi 200-300W walau panel tertutup debu.

Dibawah ini beberapa rover atau robot yang mendarat di planet Mars.
Lander atau rover InSight tercatat memecahkan rekor dengan energi panel surya untuk power instrumen.

Probe Insight mendarat energi panel surya pecahkan rekor rover di Mars

Desember 2018 peralatan Seismometer dipasang pertama di planet Mars


Robot Insight telah memasang peralatan seismometer untuk menditeksi gempa di planet Mars.
Peneliti ingin mengetahui seperti apa di bagian dalam planet Mars mengunakan getaran gempa.

Probe Insight sudah terpasang dengan Seismometer

Februari 2019
Instrumen kedua - Heat Flow and Physical Properties Package (HP3). Telah berhasil diturunkan sedalam 1 meter dari peralatan seismometer tersebut.
Instrumen untuk mengukur permukaan bawah tanah planet, digunakan ilmuwan memahami berapa banyak energi yang dibutuhkan untuk membangun dunia berbatu.
Peralatan HP3 seperti jack mobil. Terdiri dari tabung logam vertikal di bagian depan dengan panjang 25 cm.

Sensor rpanas di perangkat akan mengukur konduktivitas termal tanah, atau seberapa besar panas bergerak melalui permukaan tanah di Mars.
Peneliti berharap instrumen tersebut tidak membentur permukaan batuan yang menghalangi alat HP3.

Karena peralatan perlu ditarun sedalam 3 meter lebih dan membutuhkan pengukuran selama 1 tahun penuh dari waktu di plant Mars (2 tahun waktu bumi).

Probe Insight Heat Flow and Physical Properties Package (HP3)

https://mars.nasa.gov/insight/
Tahun 2004 Nasa mengirim robot Opportunity ke planet Mars, 15 tahun berlalu robot tersebut ada disana. Awalnya untuk misi selama 90 hari. Nasa mendapat kabar buruk, robot Opportunity sementara tidak bekerja masalah baterai. Setelah beberapa bulan tidak mengirim sinyal. Panel surya tertutup debu, membuat robot kehabisan power pada baterai. Kemungkinan tidak dapat bekerja lagi.

Sebuah satelit Osiris Rex milik Nasa diluncurkan 8 September 2016. Akan melintas ke Bumi untuk Slingshot mengitari matahari. Satelit ini akan mengejar asteroid Bennu. Juni 2018 berhasil melakukan manuver DSM-2, Des 2018 tiba di asteroid Bennu.

oto planet Mars terbaru pemandangan 360 derajat Tetapi bumi sebelumnya sangat kacau. Pertanyaan lain berapa lama untuk pergi ke Mars. Cahaya lampu baru sampai disana 12 menit. Apakah mungkin planet Mars di bom dengan bom nuklir agar kutub es disana dapat mencair.



Nasa berhasil membuat reaktor nuklir portabel dengan nama Kursty. Dirancang untuk misi ruang angkasa, bekerja selama 10 tahun sebelum pengantian bahan bakar dan bekerja secara otomatis. Penganti panel surya bila Mars tidak menerima cukup kuat cahaya matahari.

Probe ExoMars sudah berangkat ke planet Mars. Setelah mencapai orbit di planet Mars, tim ESA dan Roscomos, satu probe lander Schiapareli dilepas dan jatuh, Nasa menemukan seperti spot hitam di planet Mars

Misi Nasa mengirim misi Spirit Rover ke Mars menemukan planet Mars pernah memiliki kandungan air. Mengapa planet ini mati sedangkan Bumi bisa hidup. Mengapa air di Mars hilang. Karena gelombang dari Matahari yang memancarkan Proton menabrak atmosfer disana.

Bila tidak terlihat berwarna merah dari sekarang, sayangnya air di Mars diperkirakan pernah ada sekitar jutaan tahun lalu.


No popular articles found.