Sebelumnya mohon maaf, artikel ini bukan mencari sensasi. Hanya memberikan informasi yang mungkin menarik bagi pembaca. Entah disebut UFO atau hal lain, dari seri foto yang kami buat terdapat satu titik cahaya bergerak melintas begitu cepat.

Cerita lengkapnya dibawah ini
Tanggal 22 Desember 2015 udara di Jakarta cerah. Berdasarkan data Flightradar24 memberikan data sebuah pesawat Lion Air akan melintas tepat di area Gandaria City Jakarta Indonesia. Take off dari Soekarno Hatta Airport menuju ke satu kota di pulau Jawa. Lintasan pesawat dari bandara Soekarno Hatta kadang berada tepat diatas tempat kami, khususnya pesawat menuju kota-kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lombok sampai Kupang.

Setelah bersiap, diperkirakan gambar pesawat yang lewat dapat diabadikan dengan baik. Ketika pesawat mulai tampak, mulai diambil beberapa foto, total seluruhnya 37 foto dengan durasi kurang dari 2 menit.

Semakin dekat sampai tepat diatas arah camera, dibuat beberapa batch dengan masing masing 3 foto Burst Mode (sekali tekan 3 foto). Dengan setting camera 1/1600s, ISO 200 agar foto pesawat tidak blur. Berdasarkan pengalaman dengan lensa tele 300mm (crop 1.5x menjadi 450mm foto pesawat akan blur bila mengunakan kecepatan shutter dibawah 1/500s

Dibawah ini data dari file foto selama jam 11:59 sampai 12:00 siang hari, total 37 foto dengan format NEF (file RAW Nikon)



Selesai mengabadikan foto, hasil foto dilihat dengan Lightroom. Software tersebut digunakan untuk merubah format RAW , proses edit dan hasil akhir di konversi ke format JPG.

Foto nomor 16-17-18 dibuat dalam waktu bersamaan. Ada satu titik cahaya terlihat menganggu, awalnya titik putih tersebut kotoran / bercak di lensa, atau dead pixel dari sensor camera. Setelah dilihat dengan seksama dan di bandingkan dengan 2 foto lain, ternyata titik putih tersebut terlihat bergerak ke satu arah.

UFO 22 Desember 2015 jam 12.00PM terlihat di Jakarta

Setelah di edit dengan opsi Dehaze di Lightroom untuk menghapus kabut atau awan. Titik putih tersebut semakin jelas terlihat.

Terlihat pada 3 foto dibawah ini. Cahaya yang lewat mengarah ke satu arah dari sisi kanan sayap pesawat ke arah kiri.

UFO 22 Desember 2015 jam 12.00PM terlihat di Jakarta

Entah benda ini yang disebut UFO, karena bergerak begitu cepat, walau tidak terlihat jelas karena lensa sedang fokus ke pesawat. Hanya terlihat setelah di proses dengan software Lightroom. Barulah cahaya tersebut terlihat dengan arah gerakannya.

Seandainya titik tersebut adalah UFO, dibanding posisi ketinggian di atas pesawat komersil. Bisa dibayangkan seberapa cepat benda tersebut bergerak. Bahkan dengan kecepatan shutter 1/1600s, jarak lintasan pesawat dengan pergerakan sangat kontras dibanding pesawat Lion Air.

Dibawah ini sebagian foto dari benda seperti UFO, yang diambil dan disatukan dalam bentuk video. Gambar video dibawa ini bisa dilihat sampai resolusi 4K, 3840x2160 pixel, karena gambar aslinya dari file 16Mpix resolusi 4928 x 3264 pixel.



Mirip seperti lintasan cahaya dari siaran televisi lokal dari Live 5 KOCO yang menayangkan rekaman CCTV Grand Casino, video lain tentang UFO ada di Youtube dengan judul "2 new UFO sightings caught on tape in December 2015", "UFO Over Los Angeles di taman Monterey Park" dan "16th of December 2015 UFO". Lebih mirip seperti video UFO di Youtube - "UFO Haasrode (Belgium) 25-11-2015" dengan bentuk bulat melintas di awan.

Apakah benar 3 foto tersebut adalah lintasan sebuah UFO, atau hanya gangguan pada lensa ketika mengambil gambar. Kami mengatakan "tidak tahu"

Untuk informasi tambahan, pengambilan foto pesawat diatas bukan kebetulan. Karena rutin dilakukan untuk mengumpulkan stok foto termasuk foto pesawat yang melintas.
Satu video lain UFO close to Plane in los Angeles CA OVNI ada di Youtube, diabadikan November 2015. Terlihat benda hitam bergerak sangat cepat melintas dekat sebuah pesawat.

UFO 22 Desember 2015 jam 12.00PM terlihat di Jakarta

Kejadian yang sama ketika mengabadikan Orion Nebula pada 10-11 Januari 2015. Juga tampak cahaya yang bergerak tepat jam 00:23 AM tengah malam. Entah UFO, space junk atau satelit orbit rendah. Walau agak unik, satelit atau sampah di ruang angkasa bisa terlihat seperti bintang yang berjalan

UFO 27 Desember 2016 di Brasil diabadikan dengan camera di Marmel. (express.co.uk)

UFO 27 Desember 2015 di Brasil

UFO 22 Desember 2015 di Santiago. Diambil dengan camera oleh remaja di Chile dan paling ramai dibicarakan. Link video asli Facebook

UFO 22 Desember 2015 di Santiago Chile

Setidaknya ada 8 terlihat cahaya terbang.

UFO 22 Desember 2015 di Santiago Chile


14 Desember 2015
Diabadikan di Luxembourg. Seorang pilot melihat bentuk cahaya sepeti UFO Dia sendiri awalnya agak ragu, karena cahaya seperti pesawat Airbus A380 yang ukurannya terbesar sepertinya terbang di ketinggian 2000 meter. Setelah meminta konfirmasi dari menara control, katanya tidak ada pesawat seperti ini. Christiaan van Heijst pilot usia 32 tahun dari Belanda bekerja di perusahaan Cargolux, kebetulan dia hobi fotografi. Dia sendiri tidak bisa memastikan apakah bentuk dibawah ini UFO atau pesawat komersil

UFO 14 Desember 2015 di Luxembourg

Video dibawah diambil di Selandia Baru dengan camera iPhone. Ada 2 titik putih terbang, pembuatnya mengatakan tidak tahu apakah ini kantong sampah yang terbang. Atau sesuatu yang terbang di udara, setelah melihat beberapa menit akhirnya di rekam.
Dengan melihat video tersebut apakah bisa kantong udara terbang terbawa angin, tapi awan diatas relatif tidak banyak bergerak. Dan posisi kedua benda tersebut terlihat tidak terbang selaras. Arah gerakan awan terliat berlawanan dengan arah 2 benda putih tersebut.

Anehnya menurut mereka sebelum video dibuat satu benda tersebut turun ke tanah, lalu naik lagi. Dia mengatakan tidak tahu dengan benda ini, pastinya UFO tapi jangan dikira ini alien. Karena dia memang tidak tahu benda yang terbang tersebut.



31 Desember 2015. Ovni berbentuk cahaya merah.
Direkam dengan camera DSLR dan telezoom. pada tanggal 31 Desember 2015. Berdasarkan jam camera 22:20 atau jam 10 malam 20 menit
Pada gambar direkam dengan camera DSLR, muncul satu cahaya bola berwarna merah, gambar kedua posisi camera ke arah cahaya merah tersebut dari daerah Kebayoran ke arah selatan (Bintaro / Pamulang / Ciputat)



Video yang direkam terlihat bola cahaya merah camera via Youtube. Benda ini ternyata Flare atau parachute flare untuk memberi tanda di lautan. Tapi digunakan untuk pesta kembang api di akhir tahun 2015.



Penampakan cahaya merah ini mirip seperti berita di Detik.com dengan judul Bola Cahaya Sempat Terlihat Terbang Lama di Kalideres Jakbar, direkam dengan camera Quadcopter DJI Phantom 3 tepat pada waktu pergantian tahun 00:00. Suminto yang membuat cahaya tersebut dapat terlihat dengan mata telanjang, anehnya kedua cahaya tersebut yang dikira kembang api tidak pecah-pecah. Kedua cahaya bergerak perlahan.
Video ada di Youtube dengan judul New Year Eve's Fireworks at Citra Garden Jakarta



Cahaya merah yang tampak di Jakarta, termasuk laporan munculnya bola merah yang sama dari rekan di Youtube dari Semarang. Benda bukan penampakan UFO tapi Parachute Flare

31 Desember dan 1 Januari 2016 di Melbourne
Satu cahaya terlihat bergerak perlahan seperti cahaya putih dan kembali bergerak cepat.dan video direkam Full HD.





31 Desember 2015. UFO di Dubai Emirates Arab
Pembuat foto ini sedang di kendaraan, tiba tiba sebuah objek muncul pada jam 6:42. Saya suka menikmati matahari ketika terbut di atas pasir. Saya pikir benda ini sebuah balon udara, atau helikopter. Tapi objek tidak bergerak, lalu dia memarkir kendaraan di kantornya. Ketika dia melihat benda itu di langit, masih ada disana.

Saya bekerja di kontraktor sipil angkatan udara selama 12 tahun dan akrab dengan pesawat. Tapi objek ini tidak memiliki lampu, hanya suara dengunan. Bentuknya seperti donat, dan sempat mengambil beberapa gambar. Foto pertama diambil 6:46 dan terakhir 6:06 setelah itu objek menghilang

UFO 31 Desember 2015 di Dubai

1 Januari 2016 Hessdalen Norwegia.
Hessdalen adalah daerah terpencil Norwegia, memiliki sejarah panjang dengan penampakan UFO. Kemarin kembali muncul, tepatnya pada tanggan 1 Januari 2016 jam 2 pagi.
Awalnya disana terlihat kilatan cahaya, tentu saja petir atau mungkin kembang api. Tapi ini terjadi tengah malam, ketika sebuah cahaya melintas.
Ukuran Orb atau benda yang diperkirakan UFO tersebut sangat besar dan bergerak sangat cepat, lalu menghilang. Benda putih terbang muncul setelah menit ke 1:28 pada jam 00:02:35

UFO 1 Januari 2016 di Hessdalen Norwegia berbentuk cahaya putih terbang



1 Januari 2016 jam 00:10, muncul 3 cahaya putih - Video asli di youtu.be/bRXLkYUrjP8



1 Januari 2015 di Florida Bentuk cahaya kecil dibawah awan. Pembuat video sampai memutar camera dan membuat zoom dari camera smartphone. Katanya ini bukan lampion, dan benda itu ada di langit selama 20 menit. Tidak ada alasan untuk cerita bohong.

Ufo di Florida 1 Januari 2016

1 Januari 2016 di San Antonio. Yang ini lucu. Mendengar percakapan, awalnya katanya sih itu drone (quadcopter). Terlihat dua cahaya berawarna merah. Itu awal dari perbincangan om om ini ketika merekam. Setelah di 53 detik, ceritanya lebih seru lagi, itu ada lagi (muncul 2 cahaya merah). Sambil tertawa, mungkin mulai meragukan mengapa ada 4 drone atau memang ini UFO berwarna merah. Sambil tertawa sampai temannya menanyakan jadi ada berapa. Katanya ada 5 di video asli di Youtube Ini bukan UFO tapi Parachute Flare.

Ufo di Florida 1 Januari 2016



Satu video lain tidak dijelaskan diambil di kota apa. Hanya nada bicara seperti di daerah Inggris - youtu.be/dIX2HbtnfyY

Satu lagi terlihat dengan bahasa Jerman. Terdengar antara 2 atau 3 orang yang sedang melihat UFO mulai panik, setelah di satu menit lebih ternyata benda bercahaya tersebut semakin mendekat youtu.be/F4gE5vJwvDA

Yang ini tidak dijelaskan, direkam selama 33 detik memperlihatkan 2 cahaya putih seperti UFO pada malam tahun baru 1 Januari 2016 - youtu.be/P6Jxb4FFl3Q

Diambil pada malam tahun baru, dan direkam dengan resolusi 4K di daerah Jacksonville Florida. Terlihat titik cahaya merah youtu.be/H8LP97-jVao

Bila ditanyakan video UFO asli yang mana, susah dijawab.