Masih mengalami smartphone bergetar, walau sudah dimatikan. Atau baru mem flash ROM smartphone, setelah di install aplikasi lalu smartphone berbunyi dan bergetar. Walau setting vibrate sudah  dimatikan, tetap saja smartphone tetap aktif dengan nada getar.

Ini cerita lucu bagaimana sistem OS smartphone bisa berbeda beda. Ada yang mengunakan seluruh setting diatur di setting utama. Sedangkan aplikasi mengunakan setting sendiri.

Seperti gambar dibawah ini, setting vibrate OFF tapi smartphone selalu bergetar ketika mendapat pesan masuk.

Apakah bug di software, tentu saja bukan bug di software. Yang tidak terbiasa melakukan setting smartphone menganggap Vibrate di ON dan di OFF dari menu Setting utama. Tapi aplikasi mengatur Notification sendiri sendiri.


Turn Off Vibrate from Setting not turn off Vibrate for App

Untuk mematikan Vibrate OFF , setting Notification harus dimatikan dari menu aplikasi.

Walau Setting Vibrate sudah di OFF di seluruh menu Setting OS Android. Smartphone tetap akan memberikan nada getar atau bunyi (kecuali speaker di OFF atau posisi Silent), selama setting Vibrate dan Sound tetap ON.

Pada setting aplikasi Line, ada menu Vibrate selalu di posisi default aktif atau di centang. Bila pesan masuk, maka aplikasi Line Messenger tetap akan mengirim bunyi termasuk nada getar

Untuk mematikan nada getar (Vibrate), pada aplikasi Line Messenger harus dimatikan dari setting Line.

how to, turn off Vibrate Line


Setting Whatsapp Vibrate juga aktif sebagai setting Default. Membuat pesan masuk, Whatsapp akan mengaktifkan suara dan nada getar.

how to, turn off Vibrate Whatsapp

Demikian juga di aplikasi Hangout Messenger. Setting Vibrate dapat OFf atau di nonaktifkan dari aplikasi sendiri.

how to, turn off Vibrate Hangout


Jadi jangan bingung, bila smartphone terus mengirim nada getar / vibrate walau sudah di non aktifkan di menu Setting. Karena masing masing aplikasi mengatur nada suara dan vibrate Notification sendiri sendiri