Google One Account dengan satu login untuk semua layanan Google


Kategori : Software | Date : 15 December 2015
Mengunakan layanan Google anda akan bertemu dengan One Account Google. Artinya seluruh layanan Google dapat digunakan dengan satu account email saja. Apakah Google hanya Google.com atau Google.co.id. Atau tambahan lain dengan Google Maps, atau Gmail.

Satu account adalah satu email. Seperti login ke Google+, Google Photo, sampai mendaftarkan smartphone Android dapat mengunakan satu account.

Bagaimana dengan layanan foto. Apakah Google sudah setara dengan FlickR dari Yahoo, atau kalah dengan layanan foto Facebook. Bisa dilihat dari fitur dibawah ini, begitu banyak layanan Google disatukan dengan login satu email saja.

Google memiliki banyak layanan menangani penguna internet.

  • Google.com untuk layanan pencarian
  • Google+ untuk layanan media sosial, seperti Facebook tapi terintegrasi dalam satu akun Google. Sekarang fokus untuk komunitas.
  • Gmail.com untuk Email
  • Google drive atau Drive.google.com, adalah layanan storage gratis
  • Google Photo untuk menyimpan foto sampai 16MB dan tidak dikenakan kuota.
  • Google Maps untuk layanan peta digital
  • Google Earth untuk layanan peta berbasis 3D.
  • Google Play store untuk layanan aplikasi Android.
  • Google Panoramio untuk layanan foto yang terhubung ke Google Maps atau Google Earth
  • Google Picasa sekarang di redirect untuk manajemen foto dari Google Photo
  • Google Sphere untuk foto 360 derajat.
  • Youtube dibuat terpisah dari nama Google.com
Dan banyak lagi layanan yang diberikan oleh Google untuk penguna internet.



Dari seluruh layanan yang diberikan gratis. Paling menarik adalah foto. Tapi bukan sekedar posting foto seperti di media Twitter atau Facebook. Melainkan foto anda dapat berbagi dengan orang lain di seluruh divisi Google.

Google Plus atau Google+

Link plus.google.com

Layanan ini seperti Facebook, tapi komunitas yang ada sangat besar (sejak 2015). Anda dapat memposting berita, link video dan lainnya

Dengan Google+ , setidaknya kita bisa berbagi berita dengan teman atau publik. Dapat memberikan informasi, link, foto dan hal lain. Tapi bisa saja dibuat terbatas. Misalnya anda memiliki teman SD, SMP, SMA, Kuliah, Kantor, rekan satu hobi dan Publik. Posting dapat diberikan ke beberapa bagian yang sudah anda kelompokan

Dibawah ini tampilan dari Google+



Layanan Google Plus atau Google+

Google Photo

+ photos.google.com

Disini urusannya menyimpan file. Tinggal di drag dan drop, maka foto masuk ke storage Google Photo.
Tapi ada beberapa fungsi lain di Google Photo.
  • Foto yang di upload ke Google Photo dapat di kelompokan. Misalnya memasukan foto kumpul dengan teman, lalu di masukan dalam album Grup Catur. Setiap foto di upload tinggal akan ditanyakan apakah mau di masukan satu album, atau membuat sebuah album foto baru.
  • Foto yang di upload dapat di share, dengan mengclick foto yang baru di upload. Lalu lihat bagian kanan atas terdapat tanda share. Dapat di masukan ke New Share Album, Add to Share Album, mengambil link untuk foto. Dan 3 link untuk posting ke media sosial dari Google+, Facebook dan Twitter.
  • Foto yang di upload meliputi data yang ada di dalam foto. Google akan memberikan semua informasi perangkat dari foto. Misalnya foto di upload dengan camera A, lalu lokasi, jam, setting camera, termasuk lokasi dari foto diambil. Hal ini memudahkan orang lain melihat data foto anda. Khususnya untuk promosi, atau kita dapat menyembunyikan semua yang tidak perlu diketahui dari setting Google Photo.
  • Mengatur foto di Google Plus yang sudah di upload ke album dengan mudah dapat dilakukan di Google Plus
  • Edit foto dari Google Photo. Ada 2 setting utama. Untuk edit foto manual dengan mengatur cahaya, warna, tampilan lebih pop dan efek vignette. Atau mengunakan filter foto di Google Plus.
Dibawah ini tampilan Google Photo. Foto yang diupload dapat di Link, foto dapat ditampilkan dengan data lengkap seperti lokasi dan data camera, foto dapat di edit manual atau mengunakan filter yang ada.

Google Photo

Google Maps

+ www.google.co.id/maps

Google Maps bukan saja sebagai peta petunjuk jalan. Disana ada beberapa fungsi :
Google Street untuk melihat peta jalan dengan foto. Tentu pernah ingat mobil Google yang membuat foto di Indonesia. Sekarang foto tersebut sudah dapat dilihat. Caranya dengan membuka halaman Google Maps, dibagian kanan bawah terdapat gambar orang berdiri. Click gambat tersebut pada satu jalan, nantinya akan muncul foto di sekitar jalan tersebut.

Layanan Google Street Indonesia

Manfaat Google Street sangat berguna untuk mencari jalan, tempat pariwisata, mencari rumah teman dan hal lain dengan Google. Dan dapat dilihat dari computer anda sendiri
Khusus untuk kota besar, mobil Google terus bekerja mengambil foto terbaru setiap tahun.

Google Navigation untuk perangkat mobile dan menjadi bagian dari aplikasi Googl Map Android. Dapat dijadikan petunjuk jalan, aplikasi dapat diambil via Google Play

Google Panoramio

+Panoramio.com

Panoramio sama seperti Youtube dan dibuat terpisah. Panoramio terhubung langsung dengan foto yang ada di Google Maps. Jadi 2 layanan ini memang berhubungan. Fungsi Panoramio adalah mengatur foto yang tampil di Google Maps. Misalnya ada yang membuat foto bagus, lalu mengupload foto disana dan dilengkapi data lokasi (GPS) atau memasukan lokasi secara manual.

Bila foto dianggap layak, maka foto dapat di link ke tampilan foto dari Google Maps. Dan diberikan tanda logo Panoramio, artinya foto sudah terhubung ke daftar foto di Google Maps atau Google Earth.

Google Panoramio lebih ditujukan untuk foto pemandangan, seperti tempat pariwisata, foto lokasi dan foto dipastikan dapat dilihat untuk publik

Di Panoramio, penguna dapat melihat foto orang lain, serta menjadi kontributor untuk menyumbang foto. Untuk menampilkan foto di Google Maps, dapat memanfaatkan Panoramio, dan mengupload pada akun bagian kanan atas dengan gambar camera.

Dari Google Panoramio dapat difungsikan sebagai foto album berdasarkan lokasi. Masuk sebagai bagian foto dari Google Earth dan Google Maps. Serta memiliki data statistik , semakin banyak orang melihat foto yang di upload maka foto akan tampil dari sebuah lokasi yang sudah dimasukan sebelumnya.

Layanan Google Panoramio terhubung dengan Google Maps

Google Picasa

+ Picasaweb.google.com



Google Picasa, selanjutnya di sebut Picasa berfungsi sebagai pengatur foto dari layanan Google. Seperti mengedit dan berbagi foto. Ini bagian paling menarik dari seluruh layanan foto di Google.
Ada 2 link dari layanan Picasa.
Picasa.google.com memberikan link software Picasa. Mengatur foto langsung dari computer.
Picasaweb.google.com mengatur foto via online.

Apa saja yang ada di Picasa.
Seluruh foto di Google Photo dapat diatur dari Picasa berbasis web.
Mengatur kembali foto yang di upload, seperti urutan foto di Google Photo dapat di pindah, membuat slide
Mengatur foto di Picasa lebih mudah dibanding mengatur di Google Photo Album. Karena gambar dibuat lebih kecil sehingga lebih terlihat.

Picasa terhubung dengan foto di Google Photo


Google Sphere

+ Google.com/maps/streetview/publish
Mereka yang ingin menyumbang foto 360 derajat dapat memanfaatkan layanan Google Sphere. Layanan Sphere adalah layanan tentang foto. Tapi foto 360 derajat dan membutuhkan camera khusus. Sementara ini yang terdaftar dari camera Ricoh Theta S dan NCTech Iris360.

Bila tertarik membuat foto di Google Sphere dapat juga mengunakan camera DSLR. Dengan memanfaatkan layanan dari Google dan program lain seperti PTGui dan Autopano
Persyaratan yang dibuat cukup susah, karena Google meminta ukuran foto minimum 8000x4000 pixel sampai 13.312x6656 pixel dengan aspek ratio 2:1.
Foto tidak boleh diberikan tanda, jadi harus bersih karena menjadi milik publik.
Foto di Google Sphere menjadi bagian dari Google Street View

Persyaratan untuk membuat foto Sphere di Google dapat dilihat via Support Google

Pada artikel ini baru membicarakan layanan foto yang diberikan oleh Google. Kita dapat memanfaatkan fitur foto di Google seperti berbagi foto, link foto, membuat album dan kebutuhan lainnya.

Google foto satelit kota Yogyakarta dan Bali peta update April 2018. Sharing Location Google Maps ada tahun 2017. Peta Globe bola dunia dengan arus angin Agustus 2018. Berbagi lokasi realtime, di Google Maps Update. Berapa kali Google Maps di update, Pekalongan foto September 2018

Google Street View dibuka tersedia untuk foto jalan di Indonesia. Peta di Google Maps terintegrasi dengan foto jalan di beberapa kota di Indonesia sudah bisa di akses. Melihat foto Google Street View dari tahun 2013 sampai foto jalan terbaru.

Google Chrome fix stabil, ngak makan RAM lagi. Juli 2018 perbaikan ke versi Chrome 68.0.3440.75 Stable. Update 42 security update. Browser lebih stabil di computer 4GB RAM.. Download Google Chrome Browser untuk Windows dan Android.



Nik Collection sementara gratis, sekarang diambil oleh DxO pembuat software editing foto. Untuk sementara Nik Collection filter foto diberikan untuk umum, setidaknya sampai pertengahan tahun 2018

Perusahaan Kaspersky dituduh memata-matai computer milik kontraktor Amerika. Untuk mencuri data yang dianggap penting dengan scanner antivirus. Kaspersky membuat bantahan bila malware masuk karena antivirus dinonaktifkan oleh staf NSA

Smartphone Android dan iPhone dapat di install dengan Google Maps. Kita dapat membuat rute jalan sendiri arah dan tujuan. Dan mengirim rute jalan atau peta jalan ke teman, keluarga dengan sebuah link. Peta Google Maps rute motor resmi mulai Juli 2018 untuk 10 negara.

Google Duo adalah aplikasi Chatting dan Video Call, menyusul fitur telepon saja sudah di download 10 juta kali. Google mendisain Duo untuk kecepatan dan ketahanan. Diharapkan penguna dapat menikmati koneksi tanpa lag, gagal terhubung, hemat bandwidth



G Suite layanan untuk menyimpan file dokumen sampai foto. G Suite awalnya untuk kalangan profesi dengan pembagian G Enterprise G Business dan G Education, sekarang diberikan ke free user. Untuk penguna umum tetap mendapatkan layanan storage Google Drive kapasitas 15GB Gratis

Di Google.com dapat mencari waktu (time) dari kota dan negara, konversi unit seperti meter, inci, km, dan kalkulator, jarak antar kota, konversi kurs mata uang. Atau mencari jadwal penerbangan luar negeri, serta mencari data yang ada di sebuah website bisa dicari di Google dengan menambahkan kata rahasia.

Googletidak tersedia untuk Gingerbread dan Honeycomb awal tahun depan. Permintaan aplikasi besar di aplikasi APK Android adalah permintaan para pengembang software. Google meminta Auto Update di setting Default ke WIFI, kasihan kuota internet

Google Keyboard baru di update minggu ini. Memiliki fitur baru, untuk penguna dengan satu tangan di smartphone Android. Layout Keyboard sudah tersedia untuk bahasa Indonesia dan beberapa negara lain. Huruf dibuat lebih besar

Data center atau pusat server computer umumnya dijaga dengan keamanan tingkat tinggi. Karena operator tidak mau orang lain melihat isi dari server perusahaan. Google berbeda, boleh dilihat bahkan mengunakan teknologi VR.

Aplikasi gratis Android TV bisa menayangkan siaran luar dan dalam negeri untuk menonton TV. Beberapa aplikasi TV dibuat untuk regional lokal, dan nonton siaran TV internasional. Membutukan koneksi internet, hati hati ditemukan 12 aplikasi nakal



Facebook Android 68.0.0.37.59 atau versi lebih tinggi menyediakan upload foto high res. Facebook Photo High-res dapat diaktifkan di aplikasi Facebook dengan lebar maksimum 2048 pixel.Facebook kedepan tidak lagi mendukung Blackberry 10 dan BB OS

Perusahaan telekom Deutsche Telekom Jerman membuat aplikasi telepon internet Immmr. Semua orang bisa mengunakan Immmr dan hanya membutuhkan koneksi internet, login email dari perangkat apapun. Termasuk smartphone, tablet dan PC.

Google Now Launcher adalah Launcher buatan Google sendiri. Membuat tampilan smartphone bersih dan sederhana. Berbeda dengan disain depan smartphone, harus memilih aplikasi dengan mengeser menu ke kiri dan ke kanan. Google Now Launcher mengunakan scroll dari atas ke bawah, seperti memilih menu aplikasi di browse

Aplikasi ini katanya bisa mengetahui adanya camera tersembunyi yang terpasang di sekitar anda. Disebut Hidden camera detector, tapi bukan menjawab dimana camera tersebut berada. Aplikasi ini menyediakan data dengan radiasi yang dipancarkan oleh perangkat elektronik

Pernah mengalami masaah dengan nada getar di smartphone. Walau sudah di Turn OFF di menu Setting, tetap saja smartphone bergetar. Mungkin penguna smartphone lupa, setting Vibrate atau nada getar tetap aktif dari aplikasi, walau setting sudah dimatifkan di menu Setting utama.

Google+ Collection adalah fitur baru, member Google+ dapat membuat sebuah grup. Dan grup yang dibuat dapat tampil di daftar Google+ Collection. Update lebih mudah nge post untuk komunitas atau posting acara bagi keluarga dan teman, dengan Poll untuk pendapat dan pengumuman Acara (Event)

Exif Viewer sebuah aplikasi kecil untuk browser Chrome. Aplikasi Exif Viewer untuk melihat data sebuah foto. Dari tanggal pengambilan, perubahan ke format digital, model camera, setting ISO bahkan bisa melirik ukuran lensa yang dipakai di dalam sebuah foto.

Apa perbedaan Google Maps lama dengan yang baru. Tampilan sudah berubah, lebih bersih. Tapi menghilangkan fitur untuk menyimpan file GPS. Google Maps lama masih tampil dengan My Maps

Google+ sudah mendukung full size foto, jadi kalau diupload file format RAW bisa di konversi ke JPG. File utuh NEF otomatis dirubah ke JPG. Update dengan Google Photo maksimum 16MB


No popular articles found.