Mengunakan layanan Google anda akan bertemu dengan One Account Google. Artinya seluruh layanan Google dapat digunakan dengan satu account email saja. Apakah Google hanya Google.com atau Google.co.id. Atau tambahan lain dengan Google Maps, atau Gmail.

Satu account adalah satu email. Seperti login ke Google+, Google Photo, sampai mendaftarkan smartphone Android dapat mengunakan satu account.

Bagaimana dengan layanan foto. Apakah Google sudah setara dengan FlickR dari Yahoo, atau kalah dengan layanan foto Facebook. Bisa dilihat dari fitur dibawah ini, begitu banyak layanan Google disatukan dengan login satu email saja.

Google memiliki banyak layanan menangani penguna internet.

  • Google.com untuk layanan pencarian
  • Google+ untuk layanan media sosial, seperti Facebook tapi terintegrasi dalam satu akun Google. Sekarang fokus untuk komunitas.
  • Gmail.com untuk Email
  • Google drive atau Drive.google.com, adalah layanan storage gratis
  • Google Photo untuk menyimpan foto sampai 16MB dan tidak dikenakan kuota.
  • Google Maps untuk layanan peta digital
  • Google Earth untuk layanan peta berbasis 3D.
  • Google Play store untuk layanan aplikasi Android.
  • Google Panoramio untuk layanan foto yang terhubung ke Google Maps atau Google Earth
  • Google Picasa sekarang di redirect untuk manajemen foto dari Google Photo
  • Google Sphere untuk foto 360 derajat.
  • Youtube dibuat terpisah dari nama Google.com
Dan banyak lagi layanan yang diberikan oleh Google untuk penguna internet.



Dari seluruh layanan yang diberikan gratis. Paling menarik adalah foto. Tapi bukan sekedar posting foto seperti di media Twitter atau Facebook. Melainkan foto anda dapat berbagi dengan orang lain di seluruh divisi Google.


Google Plus atau Google+

Link plus.google.com

Layanan ini seperti Facebook, tapi komunitas yang ada sangat besar (sejak 2015). Anda dapat memposting berita, link video dan lainnya

Dengan Google+ , setidaknya kita bisa berbagi berita dengan teman atau publik. Dapat memberikan informasi, link, foto dan hal lain. Tapi bisa saja dibuat terbatas. Misalnya anda memiliki teman SD, SMP, SMA, Kuliah, Kantor, rekan satu hobi dan Publik. Posting dapat diberikan ke beberapa bagian yang sudah anda kelompokan

Dibawah ini tampilan dari Google+

Layanan Google Plus atau Google+

Google Photo

+ photos.google.com

Disini urusannya menyimpan file. Tinggal di drag dan drop, maka foto masuk ke storage Google Photo.
Tapi ada beberapa fungsi lain di Google Photo.
  • Foto yang di upload ke Google Photo dapat di kelompokan. Misalnya memasukan foto kumpul dengan teman, lalu di masukan dalam album Grup Catur. Setiap foto di upload tinggal akan ditanyakan apakah mau di masukan satu album, atau membuat sebuah album foto baru.
  • Foto yang di upload dapat di share, dengan mengclick foto yang baru di upload. Lalu lihat bagian kanan atas terdapat tanda share. Dapat di masukan ke New Share Album, Add to Share Album, mengambil link untuk foto. Dan 3 link untuk posting ke media sosial dari Google+, Facebook dan Twitter.
  • Foto yang di upload meliputi data yang ada di dalam foto. Google akan memberikan semua informasi perangkat dari foto. Misalnya foto di upload dengan camera A, lalu lokasi, jam, setting camera, termasuk lokasi dari foto diambil. Hal ini memudahkan orang lain melihat data foto anda. Khususnya untuk promosi, atau kita dapat menyembunyikan semua yang tidak perlu diketahui dari setting Google Photo.
  • Mengatur foto di Google Plus yang sudah di upload ke album dengan mudah dapat dilakukan di Google Plus
  • Edit foto dari Google Photo. Ada 2 setting utama. Untuk edit foto manual dengan mengatur cahaya, warna, tampilan lebih pop dan efek vignette. Atau mengunakan filter foto di Google Plus.
Dibawah ini tampilan Google Photo. Foto yang diupload dapat di Link, foto dapat ditampilkan dengan data lengkap seperti lokasi dan data camera, foto dapat di edit manual atau mengunakan filter yang ada.

Google Photo

Google Maps

+ www.google.co.id/maps

Google Maps bukan saja sebagai peta petunjuk jalan. Disana ada beberapa fungsi :
Google Street untuk melihat peta jalan dengan foto. Tentu pernah ingat mobil Google yang membuat foto di Indonesia. Sekarang foto tersebut sudah dapat dilihat. Caranya dengan membuka halaman Google Maps, dibagian kanan bawah terdapat gambar orang berdiri. Click gambat tersebut pada satu jalan, nantinya akan muncul foto di sekitar jalan tersebut.

Layanan Google Street Indonesia

Manfaat Google Street sangat berguna untuk mencari jalan, tempat pariwisata, mencari rumah teman dan hal lain dengan Google. Dan dapat dilihat dari computer anda sendiri

Khusus untuk kota besar, mobil Google terus bekerja mengambil foto terbaru setiap tahun.

Google Navigation untuk perangkat mobile dan menjadi bagian dari aplikasi Googl Map Android. Dapat dijadikan petunjuk jalan, aplikasi dapat diambil via Google Play

Google Panoramio

+Panoramio.com

Panoramio sama seperti Youtube dan dibuat terpisah. Panoramio terhubung langsung dengan foto yang ada di Google Maps. Jadi 2 layanan ini memang berhubungan. Fungsi Panoramio adalah mengatur foto yang tampil di Google Maps. Misalnya ada yang membuat foto bagus, lalu mengupload foto disana dan dilengkapi data lokasi (GPS) atau memasukan lokasi secara manual.

Bila foto dianggap layak, maka foto dapat di link ke tampilan foto dari Google Maps. Dan diberikan tanda logo Panoramio, artinya foto sudah terhubung ke daftar foto di Google Maps atau Google Earth.

Google Panoramio lebih ditujukan untuk foto pemandangan, seperti tempat pariwisata, foto lokasi dan foto dipastikan dapat dilihat untuk publik

Di Panoramio, penguna dapat melihat foto orang lain, serta menjadi kontributor untuk menyumbang foto. Untuk menampilkan foto di Google Maps, dapat memanfaatkan Panoramio, dan mengupload pada akun bagian kanan atas dengan gambar camera.

Dari Google Panoramio dapat difungsikan sebagai foto album berdasarkan lokasi. Masuk sebagai bagian foto dari Google Earth dan Google Maps. Serta memiliki data statistik , semakin banyak orang melihat foto yang di upload maka foto akan tampil dari sebuah lokasi yang sudah dimasukan sebelumnya.

Layanan Google Panoramio terhubung dengan Google Maps

Google Picasa

+ Picasaweb.google.com

Google Picasa, selanjutnya di sebut Picasa berfungsi sebagai pengatur foto dari layanan Google. Seperti mengedit dan berbagi foto. Ini bagian paling menarik dari seluruh layanan foto di Google.
Ada 2 link dari layanan Picasa.
Picasa.google.com memberikan link software Picasa. Mengatur foto langsung dari computer.
Picasaweb.google.com mengatur foto via online.

Apa saja yang ada di Picasa.
Seluruh foto di Google Photo dapat diatur dari Picasa berbasis web.
Mengatur kembali foto yang di upload, seperti urutan foto di Google Photo dapat di pindah, membuat slide
Mengatur foto di Picasa lebih mudah dibanding mengatur di Google Photo Album. Karena gambar dibuat lebih kecil sehingga lebih terlihat.

Picasa terhubung dengan foto di Google Photo


Google Sphere

+ Google.com/maps/streetview/publish
Mereka yang ingin menyumbang foto 360 derajat dapat memanfaatkan layanan Google Sphere. Layanan Sphere adalah layanan tentang foto. Tapi foto 360 derajat dan membutuhkan camera khusus. Sementara ini yang terdaftar dari camera Ricoh Theta S dan NCTech Iris360.

Bila tertarik membuat foto di Google Sphere dapat juga mengunakan camera DSLR. Dengan memanfaatkan layanan dari Google dan program lain seperti PTGui dan Autopano
Persyaratan yang dibuat cukup susah, karena Google meminta ukuran foto minimum 8000x4000 pixel sampai 13.312x6656 pixel dengan aspek ratio 2:1.
Foto tidak boleh diberikan tanda, jadi harus bersih karena menjadi milik publik.
Foto di Google Sphere menjadi bagian dari Google Street View

Persyaratan untuk membuat foto Sphere di Google dapat dilihat via Support Google

Pada artikel ini baru membicarakan layanan foto yang diberikan oleh Google. Kita dapat memanfaatkan fitur foto di Google seperti berbagi foto, link foto, membuat album dan kebutuhan lainnya.