Foto amatir dan profesional, proses editing dengan software. Apakah menjamin warna edit foto tampil sama di semua perangkat. Apakah pernah mencetak foto tapi hasilnya berbeda, kadang warna foto yang di cetak terlalu gelap atau terlalu terang. Ada yang salah dengan perangkat kita. Karena semua tidak sesuai dengan apa yang kita edi di monitor berbeda dengan monitor atau display lain.

Sama saja ketika membuat video dari camera camcorder sampai  camera smartphone atau DSLR. Mengedit video kadang tampil berbeda di tempat lain.

Bagi penguna computer yang suka dengan video atau foto editing. Dipastikan memproses foto dengan computer. Disana terdapat monitor, baik monitor PC maupun notebook.

Kesalahan warna atau tampilan foto dan video dalam proses editing di computer,  berhubungan dengan apa yang dilihat di monitor.

Untuk monitor dengan fitur akurasi warna tidak murah. Umumnya monitor tipe LCD  untuk editing foto atau video dijual diatas 400 dollar bahkan rata rata harga monitor untuk edit foto mencapai 1000 dollar. Maklum ukuran layar monitor editing foto dan video rata rata berada di 24 inci ke atas.

Bagi kalangan amatir belum tertarik membeli monitor editing foto karena masih sebatas hobi.

Contoh beberapa monitor untuk editing foto
  • Dell Ultrasharp U2415 - $260
  • Dell Ultrasharp U2515H - $410  - 25" 122 dpi
  • Eizo Flexscan EV2436W - $644 - Terbaik untuk sRGB
  • Dell Ultrasharp U2413 - $395
  • Dell P2415Q - $435  - The 4K dibawah $500.
  • Eizo CS240 - $826 - dibawah $850.

Dimana perbedaan warna monitor ketika mengedit foto atau video.
  • Monitor, yang dipakai bukan monitor khusus untuk edit foto atau edit film. Tidak memiliki karena harganya mahal
  • Setiap monitor memiliki warna berbeda, antara LCD Tube, LCD LED, Panel IPS dan lainnya.
  • Mata kita sendiri mengenal warna yang berbeda. Khususnya perbedaan pada usia dan persepsi.
  • Kesalahan warna yang dilihat bisa saja sudah benar, tapi kita yang merubah sendiri karena warna yang tampil di monitor terlihat salah.
  • Degradasi backlit. Lampu belakang monitor bisa saja berubah. Karena tingkat cahaya perlahan akan redup, membuat foto hari ini akan berbeda setelah 6 bulan kemudian.

Bagaimana mengkalibrasi monitor.
Ada alat untuk kalibrasi monitor untuk mempertahankan cahaya dan warna foto atau video yang ditampilkan. Salah satu produk dari Spyder, berfungsi untuk mengukur warna lebih tepat sesuai warna standar rata rata.

Alat kalibrasi monitor seperti ini dapat dimanfaatkan untuk mengatur warna yang tepat di monitor. Sehingga proses edit foto memiliki warna sesuai dengan apa yang ditampilkan di semua display, termasuk monitor, layar smartphone atau tablet.

Produsen Sypder menawarkan 4 model perangkat. Dari model amatir untuk mengkalibrasi warna pada monitor sampai kelas studio untuk membuat foto dan cetakan.

Dibawah ini 4 model perangkat untuk kalibrasi monitor (edisi 2015)

Feature
Spyder5 Expres
Spyder5 Pro
Spyder5 Elite
Spyder5 Studio
Pemakai Hobi atau amatir, kalibrasi monitor sederhana Fotografer serius untuk akurasi warna Kalangan profesional. Studio sampai industri printing
Perangkat
Spyder5 Colorimeter
Spyder5 Colorimeter
Spyder5 Colorimeter
Spyder5 Colorimeter, SpyderPRINT SpectroColorimeter, SpyderCUBE
Software
4 Step Process, Interactive Help
Wizard, Interactive help, Advanced Features Wizard, Interactive Help, Expert Console, Suite of Expert Features Wizard, Interactive Help, Expert Console, Suite of Expert Features, Printer Profiling – Ink & Paper
Calibration Settings
Fixed (2)
16 Choices
Unlimited choices, User-Defined, and Rec.709 & 2020 for Videography Unlimited Display & RGB Printer choices, User-Defined, and Rec.709 & 2020 for Videography
Multiple Monitor Support
Laptops, Desktop Monitors
Laptops, Desktop Monitors
Laptops, Desktop Monitors, Front Projectors, Studio Match Assistant Laptops, Desktop Monitors, Front Projectors, Studio Match Assistant
Before & After Calibration Evaluation
Standard Datacolor Image
Standard Datacolor Image, Imported User Images Standard Datacolor Image, Imported User Images (Full Screen Mode) Standard Datacolor Image, Imported User Images (Full Screen Mode), Advanced Printer Soft Proofing
Room Light Monitoring
-
3 setting cahaya ruangan
5 setting cahaya ruangan
5 setting cahaya ruangan
Fast Recalibration Option
-
0
0
0
Analysis Features
-
Basic
Advanced including Screen Uniformity
Advanced Monitor Analysis including Screen Uniformity, Advanced Printer Analysis & Control, RAW Calibration Tool for Accurate Colors
Profiles RGB Monitor RGB Monitor RGB Monitor RGB Monitor & RGB Printer

Pengunaan alat kalirbrasi Spyder 5

Spyder5 alat kalibrasi monitor untuk foto dari Express sampai kelas Studio

Sebuah perangkat sensor untuk mengukur warna RGB dan ditempatkan di tengah layar monitor, dan terhubung ke USB port.

Spyder5 alat kalibras monitor untuk foto dari Express sampai kelas
 Studio

Sensor akan menangkap dan mengukur tingkat cahaya sesuai standar umum. Selesai mengatur ke 3 warna RGB,  maka tampilan gambar di monitor akan sesuai untuk warna standar. Dan dapat dilihat sama persis pada perangkat lain.

Spyder5 alat kalibras monitor untuk foto dari Express sampai kelas
 Studio

Harga alat kalibrasi monitor khususnya untuk mengatur warna.
Untuk harga Spyder5 Express paling murah, hanya $129.Cocok untuk kalangan amatir yang mulai melangkah serius ke dunia fotografi. Khususnya untuk foto kompetisi, dimana warna mampu memperdaya penglihatan dari Veto. Karena banyak yang melihat foto anda, dan memiliki warna foto yang sama seperti yang anda lihat dan mereka lihat.

Spyder5 Elite+
Update software Spyder5 Elite+ atau versi Full. Memiliki fitur baru Spyder SoftProof. Dengan layar monitor dapat dibuat simulasi seperti hasil cetakan foto atau perangkat printer sampai display tablet. Agar foto yang di edit dapat mendekati warna yang sama seperti hasil printer.

Software versi upgrade Spyder5 Elite+ da

Feature Spyder5PRO+ Spyder5ELITE+
1-Click Calibration Yes Yes
Room Light Switching Yes Yes
Soft Proofing - Yes
Enhanced StudioMatch - Yes
Profile Management Tool Yes Yes


Informasi lebih lanjut dapat dilihat via website Datacolor.com

Test Spyer5 Express dan Spyder5 Elite