Digital | 1 December 2016

Spyder5+ alat kalibrasi monitor editing foto video dari amatir sampai kelas Studio


Foto amatir dan profesional, proses editing dengan software.

Apakah menjamin warna edit foto tampil sama di semua perangkat.

Apakah pernah mencetak foto tapi hasilnya berbeda, kadang warna foto yang di cetak terlalu gelap atau terlalu terang.

Ada yang salah dengan perangkat kita. Karena semua tidak sesuai dengan apa yang kita edit di monitor berbeda dengan monitor atau display lain.

Sama saja ketika membuat video dari camera camcorder sampai  camera smartphone atau DSLR. Mengedit video kadang tampil berbeda di tempat lain.

Bagi penguna computer yang suka dengan video atau foto editing. Dipastikan memproses foto dengan computer.

Disana terdapat monitor, baik monitor PC maupun notebook. Tetapi kecerahan layar monitor atau kontras sampai warna membuat apa yang kita lihat bisa saja salah.
Karena semua perangkat yang dipasarkan adalah perangkat standar.

Berbeda dengan tampilan warna di monitor kelas high end untuk editing. Memiliki internal kalibrasi, standar LUT atau dikalibrasi dari pabrikan. Harganya tentu wiih alias mahal sekali.

Sedangkan kita yang mengunakan monitor standar, kesalahan melihat warna atau tampilan foto dan video dalam proses editing di computer,  dipastikan berhubungan dengan apa yang dilihat di monitor.

Untuk monitor dengan fitur akurasi warna tidak murah. Umumnya monitor tipe LCD dengan panel IPS untuk editing foto atau video dijual diatas 400 dollar bahkan rata rata harga monitor untuk edit foto mencapai 1000 dollar.

Maklum ukuran layar monitor editing foto dan video rata rata berada di 27 inci ke atas. Dirancang khusus untuk kalangan profesional dengan ukuran layar lebih lebar.

Bagi kalangan amatir belum tertarik membeli monitor editing foto karena masih sebatas hobi.



Contoh beberapa monitor untuk editing foto
  • Dell Ultrasharp U2415 - $260
  • Dell Ultrasharp U2515H - $410  - 25" 122 dpi
  • Eizo Flexscan EV2436W - $644 - Terbaik untuk sRGB
  • Dell Ultrasharp U2413 - $395
  • Dell P2415Q - $435  - The 4K dibawah $500.
  • Eizo CS240 - $826 - dibawah $850.

Dimana perbedaan warna monitor ketika mengedit foto atau video.
  • Monitor, yang dipakai bukan monitor khusus untuk edit foto atau edit film. Tidak memiliki karena harganya mahal
  • Setiap monitor memiliki warna berbeda, antara LCD Tube, LCD LED, Panel IPS dan lainnya.
  • Mata kita sendiri mengenal warna yang berbeda. Khususnya perbedaan pada usia dan persepsi.
  • Kesalahan warna yang dilihat bisa saja sudah benar, tapi kita yang merubah sendiri karena warna yang tampil di monitor terlihat salah.
  • Degradasi backlit. Lampu belakang monitor bisa saja berubah. Karena tingkat cahaya perlahan akan redup, membuat foto hari ini akan berbeda setelah 6 bulan kemudian.

Bagaimana mengkalibrasi monitor.
Ada alat untuk kalibrasi monitor untuk mempertahankan cahaya dan warna foto atau video yang ditampilkan di monitor sesuai standar.



Salah satu produk Spyder, berfungsi untuk mengukur warna lebih tepat sesuai warna standar rata rata monitor kelas editing.

Alat kalibrasi monitor seperti ini dapat dimanfaatkan untuk mengatur warna yang tepat di monitor. Sehingga proses edit foto memiliki warna sesuai dengan apa yang ditampilkan di semua display, termasuk monitor, layar smartphone atau tablet.

Produsen Sypder menawarkan 4 model perangkat. Dari model amatir untuk mengkalibrasi warna pada monitor sampai kelas studio untuk membuat foto dan cetakan.

Dibawah ini 4 model perangkat untuk kalibrasi monitor (edisi 2015)

Feature
Spyder5 Expres
Spyder5 Pro
Spyder5 Elite
Spyder5 Studio
Pemakai Hobi atau amatir, kalibrasi monitor sederhana Fotografer serius untuk akurasi warna Kalangan profesional. Studio sampai industri printing
Perangkat
Spyder5 Colorimeter
Spyder5 Colorimeter
Spyder5 Colorimeter
Spyder5 Colorimeter, SpyderPRINT SpectroColorimeter, SpyderCUBE
Software
4 Step Process, Interactive Help
Wizard, Interactive help, Advanced Features Wizard, Interactive Help, Expert Console, Suite of Expert Features Wizard, Interactive Help, Expert Console, Suite of Expert Features, Printer Profiling – Ink & Paper
Calibration Settings
Fixed (2)
16 Choices
Unlimited choices, User-Defined, and Rec.709 & 2020 for Videography Unlimited Display & RGB Printer choices, User-Defined, and Rec.709 & 2020 for Videography
Multiple Monitor Support
Laptops, Desktop Monitors
Laptops, Desktop Monitors
Laptops, Desktop Monitors, Front Projectors, Studio Match Assistant Laptops, Desktop Monitors, Front Projectors, Studio Match Assistant
Before & After Calibration Evaluation
Standard Datacolor Image
Standard Datacolor Image, Imported User Images Standard Datacolor Image, Imported User Images (Full Screen Mode) Standard Datacolor Image, Imported User Images (Full Screen Mode), Advanced Printer Soft Proofing
Room Light Monitoring
-
3 setting cahaya ruangan
5 setting cahaya ruangan
5 setting cahaya ruangan
Fast Recalibration Option
-
0
0
0
Analysis Features
-
Basic
Advanced including Screen Uniformity
Advanced Monitor Analysis including Screen Uniformity, Advanced Printer Analysis & Control, RAW Calibration Tool for Accurate Colors
Profiles RGB Monitor RGB Monitor RGB Monitor RGB Monitor & RGB Printer

Pengunaan alat kalirbrasi Spyder 5

Spyder5 alat kalibrasi monitor untuk foto dari Express sampai 
kelas Studio

Sebuah perangkat sensor untuk mengukur warna RGB dan ditempatkan di tengah layar monitor, dan terhubung ke USB port.

Spyder5 alat kalibras monitor untuk foto dari Express sampai kelas
 Studio

Sensor akan menangkap dan mengukur tingkat cahaya sesuai standar umum. Selesai mengatur ke 3 warna RGB,  maka tampilan gambar di monitor akan sesuai untuk warna standar. Dan dapat dilihat sama persis pada perangkat lain.

Software Spyder akan mengolah data dari sensor yang ditangkap diatas layar monitor.

Dan menempatkan berapa warna atau merubah dengan ukuran warna yang tepat untuk dikoreksi pada tampilan di monitor kita.

Spyder5 alat kalibras monitor untuk foto dari Express sampai kelas
 Studio

Harga alat kalibrasi monitor khususnya untuk mengatur warna.
Untuk harga Spyder5 Express paling murah, hanya $129. Jauh lebih murah dibanding monitor kelas high end, dan kita hanya perlu mengkalibrasi monitor di PC atau di layar notebook.

Cocok untuk kalangan amatir yang mulai melangkah serius ke dunia fotografi. Khususnya untuk foto kompetisi, dimana warna mampu memperdaya penglihatan dari Veto orang yang melihat.

Karena banyak yang melihat foto anda, dan memiliki warna foto yang sama seperti yang anda lihat dan mereka lihat.



Spyder5 Elite+
Update software Spyder5 Elite+ atau versi Full. Memiliki fitur baru Spyder SoftProof. Dengan layar monitor dapat dibuat simulasi seperti hasil cetakan foto atau perangkat printer sampai display tablet. Agar foto yang di edit dapat mendekati warna yang sama seperti hasil printer.

Software versi upgrade Spyder5 dibawah ini.

Feature Spyder5PRO+ Spyder5ELITE+
1-Click Calibration Yes Yes
Room Light Switching Yes Yes
Soft Proofing - Yes
Enhanced StudioMatch - Yes
Profile Management Tool Yes Yes

Informasi lebih lanjut dapat dilihat via website Datacolor.com



Baca lebih lanjut dengan test Spyer5 Express dan Spyder5 Elite


Artikel Lain

Harman Phoenix 200 mengunakan setting ISO 200, 36-eksposur. Film menangkap objek, tapi menghasilkan kontras foto tinggi..Harman adalah perusahaan yang sama yang memproduksi semua film merek Ilford. Film untuk camera analog Harman Phoenix 200 bagi hobi fotografi film.

Produksi sudah umum dilakukan di studio, ketika aktor tidak perlu pergi ke lokasi. Sekarang mungkin kita melihat film atau drama dengan kecanggihan layar latar belakang  Korea dengan teknologi layar Virtual. CJ adalah produsen film dan drama seri Korea CJ, TVN, OCN. Eropa sudah tersedia dengan Samsung The Wall



Kalibrasi monitor menjadi tugas untuk hobi sampai kalangan fotografi dan video editing agar sebuah gambar tampil tepat. Syper X2 dari Datacolor dapat mengkalibrasi tampilan monitor lebih cepat, dan cukup 2 menit dibanding generasi sebelumnya. Warna termasuk kecerahan monitor hanya dapat ditangani oleh sensor untuk kalibrasi.

Canon kartrid isinya sedikit kata Fstopper. 2023 - muncul peringatan The indicated Cartridges have been blocked by the printer firmware because they contain a non-HP chip. 2016 - Printer HP Ink Jet printer Firmware terbaru dapat mengijinkan, tapi hanya model tertentu. Lebih baik beli tinta tank atau Ink Tank, awalnya mahal kedepan lebih murah

Teknologi digital seperti Photoshop memang kontroversi. Layanan restorasi foto tua, untuk perbaikan, fokus sampai membuat foto berwarna. Tapi keahlian yang satu ini menarik, restorasi foto lama menjadi baru dan berwarna. Sekarang dibantu dengan AI.

Layaknya kalangan Jetset pergi ke Bali. Di hotel, membawa minuman mahal, video, semua di posting di Instagram. Berpakaian bling bling layaknya selebritis. Tetapi apa benar si Natalia pergi ke Bali. Bagaimana Follower tidak melihat jejak yang sengaja ia tinggalkan dan percaya foto yang dibuat begitu menyakinkan..

Oktober 2018, satu camera lebih kecil dengan model TinyMos Nano1. Memiliki ukuran 3x lebih kecil dari Tiny1 yang dirilis 2015. Disain lebih portabel, disebutkan kemampunanya 3x lebih baik dibanding Tinymos Tiny1. TinyMos Nano1 mengunakan sensor Sony dengan resolusi foto 12MP dan merekam video 4K.



Panel LG IPS Black Agustus 2022. Tipe panel monitor LCD terbagi 2 fungsi pemakaian, untuk profesional atau kecepatan frame rate. Di tahun 2018, pengunaan jenis panel monitor dengan panel IPS dan TN, panel VA terlihat tidak banyak dipakai saat ini. Tapi ada beberapa varian dari produsen panel monitor

Produk Datacolor peralatan kalibrasi baru untuk lensa ke monitor. Datacolor Spyder5 Capture Pro dilengkapi paket kalibrasi Spyder Lenscal dan Spyder Checkr. Penguna alat kalibrasi tuning lensa dengan tambahan Sypder Lenscal dan satu lagi Sypder Checker untuk kalibrasi 48 warna.

Fotografer dan pembuat film Dustin Farrell mengejar badai di musim panas. Perangkat yang dibawa tidak kepalang-tanggung karena camera model Phantom Flex4K camera model profesional kecepatan tinggi. Bikin mulut ternganga melihat rekaman video yang dibuat, percayalah

Sekarang banyak monitor dibuat dengan teknologi berbeda, ada LCD, teknologi LED, TN dan resolusi LCD dengan IPS. Monitor yang murah mengunakan tipe TN atau Twisted Nematic. BenQ PG2401PT menjadi alternatif monitor murah untuk editing foto

Sam membawa camera Sony ke Service Center Sony UK, katanya kira kira sekitar $600. Masih bisa dipakai dan batal diperbaiki. Kebetulan dia jalan jalan ke Thailand, dia membawa cameranya ke service center di Thailand. APa yang terjadi dengan camera Sony tersebut.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.