Bila anda tertarik membeli computer baru dengan procesor Skylake. Hati hati dengan tekanan di heatsink, kabarnya dapat merusak pin procesor dibawah procesor. Bila tekanan heatsink terlalu kuat.

Tekanan heatsink sebenarnya dibutuhkan, ketika bahan penghantar panas atau Thermal Paste dibagian heatsink dapat ditekan sempurna. Tapi tekanan heatsink terlalu kuat dapat merusak komponen pada socket.

Ada kabar di chip Intel Skylake dapat tertekuk sedikit, mengingat struktur socket dan procesor Skylake agak berbeda dengan disain procesor sebelumnya.

Khususnya bagi penguna procesor Skylake, berhati hati ketika memasang heatasink atau memindahkan computer.

Produsen heatasink tidak ingin disalahkan dengan disain procesor Skylake. Artic Cooling telah menyarankan untuk melepas heatsink sebelum unit computer dipindah atau dibawa ke tempat lain. Sejauh ini sistem heatasink Artic Cooling belum dilaporkan memiliki masalah.

Perusahaan heatasink Scythe meminta penguna produk mereka untuk menjaga agar computer (case) tidak terkena kejutan seperti bantingan yang mempengaruhi posisi procesor. Scyhte juga mengatakan bila terjadi benturan sangat kuat, kemungkinan dapat terjadi masalah di procesor. Scythe menawarkan pengantian sekrup baru yang lebih aman.

Produsen Noctua yang banyak menjual produk heatsink silent. Sejauh test Noctua, heatsink mereka tidak masalah dengan sistem SecuFirm2  Sejauh ini Noctua belum menerima laporan kerusakan akibat tekanan heatsink Noctua.

EKWB. Produsen waterblock sudah menyatakan disain waterblock mereka mengikuti standar Intel Socket H3 LGA-1151. Disain heatsink waterblock dengan PreciseMount dapat mencegah tekanan berlebihan pada procesor.

Pihak Intel masih menyelidiki laporan 2 produsen heatsink tersebut. Tapi kemungkinan rusaknya procesor dan pin procesor disebabkan faktor lain. Intel hanya mengkonfirmasi lapisan procesor baru memang lebih tipis, tapi kekuatannya sama untuk menahan tekanan 60 pon. Seharusnya procesot tidak akan bermasalah, karena produsen memberikan box dengan busa untuk melindungi case dari bantingan keras.

Terserah apa yang dikatakan para produsen. Bila computer mengunakan procesor Skylake, hati hati saja.

Dibawah keterangan dari media hardware.
Gambar pertama disain PCB procesor Skylake lebih tipis dari model sebelumnya. Gambar tengah dampak procesor dengan tekanan heatsink terlalu kuat dapat menekuk tepi procesor. Gambat terakhir bagian pin socket yang berubah posisi setelah dipasang heatasink.

Procesor Skylake vs Heatsink hati hati dapat merusak pin procesor

Update
NZXT  Kraken. Telah memenuhi standar Intel socket 1151 untuk spesifikasi mekanik pendingin. Tidak masalah bila heatsink mendapatkan tekanan

EK Water Blocks EK-Supremacy termasuk model MX dan EVO. Juga memenuhi batas tekanan ke procesor .

Corsair mengatakan disain heatsink mereka mengunakan tekanan per untuk menghindari pantulan dibagian heatsink ketika mendapat tekanan gravitasi. Corsair menjelaskan lebih lanjut cooler Corsair Hydro mereka sudah terjual lebih dari  100 ribu unit dan belum menerima laporan  seperti diatas.

Cryorig mengatakan, produk mereka tidak bermasalah dan sesuai standar yang ditentukan. Produk Cryorig juga dijual dengan merek  lain. Cryorig menambahkan masalah terjadi bila tekanan heatsink dibuat tidak fleksibel (seperti tidak diberikan per). Meningkatkan tekanan disebabkan berat heatsink dan case computer ketika dipindahkan


Update Jan 2015
Akhir November 2015 lalu, procesor Skylake disebutkan mengalami Error. Disebabkan oleh sitem BIOS.

Hello All, Intel has Identified at issue did potentially Affects the 6th Gen Intel® Core ™ family of products. This issue only OCCURS under Certain complex workload conditions, like thosethat may be encountered when running applications like Prime95. In Those cases, the processor may hang or cause unpredictable system behavior. Intel has released a fix and Identified and is working with external business partners to get the fix deployed through BIOS.

Menurut cerita yang menguji Skylake. Coba di test dengan Prime 95, error akan muncul bila software  dimasukan angka 14942209 test "Advanced". Biarkan program berjalan beberapa menit bahkan sampai sejam, maka computer akan Freeze.

Masalah tidak selalu terjadi, dan hanya dalam kondisi tertentu. Sangat dimungkinkan dari disain BIOS motherboard yang membuat masalah bug tersebut.