Tahun depan besar kemungkinan smartphone dapat dipasang 8GB, lompat dari 4GB RAM yang ada di smartphone saat ini. Alasannya sederhana, satu procesor terbaru dari Qualcomm Snapdragon 830 akan disiapkan untuk bekerja dengan RAM 8GB.

Bayangkan computer saja masih bekerja dengan 3,2GB RAM untuk OS 32bit. Sedangkan smartphone berukuran kecil mampu menangani 8GB, tentu saja OS dan seluruh sistem adalah 64bit.

Ada kabar Huawei, Vivo dan Oppo secepatnya mengunakan RAM 6GB lalu di lanjutkan ke 8GB RAM untuk smartphone baru.

Walau Qualcomm baru menyiapkan procesor Snapdragon 820 di awal tahun depan untuk smartphone baru. Nama procesor Snapdragon Xiaolong 830 sudah muncul, mengunakan model dengan kode MSM8998.
Sedangkan Snapdragon 820 mengunakan modul MSM8996 dan Snapdragon 810 mengunakan MSM8994.

Snapdragon 830 akan mengunakan teknologi 10nm. Turun dari teknologi 14nm yang dipakai untuk membuat procesor smartphone saat ini. Dengan mengecilkan kerapatan silikon, procesor dapat lebih hemat power, dan meningkatkan kinerja proses CPU.

Samsung kabarnya sudah memproduksi masal chip RAM LPDDR4 12GB dengan teknologi 20nm. Nantinya kapasitas chip tersebut dapt digunakan untuk RAM 6GB pada smartphone.

Tahun 2016 mungkin menjadi teknologi baru di pasar smartphone. Samsung menyiapkan layar yang dapat dilipat dari project Valley, kabarnya satu produsen lain juga menyiapkan teknologi yang sama yaitu LG.

RAM 6GB mungkin tidak masalah bagi produsen membuat smartphone. Tapi apakah kita membutuhkan RAM 6GB keatas di smartphone. Tidak jelas, mungkin diperlukan bila smartphone ingin bekerja lebih cepat tanpa perlu mengakses storage internal dan seluruh data dimasukan ke RAM yang besar. Tapi tidak semua orang membutuhkan RAM 6GB keatas, 2 GB sebenarnya sudah lebih dari cukup. Setidaknya untuk saat ini di tahun 2015.

Informasi diatas baru perkiraan saja. Tentu harus menunggu produsen mengumumkan secara resmi teknologi baru smartphone mereka