Hoverboard sempat ramai di tahun 2015, bahkan harga Hoverboard sangat bervariasi.

Paling murah mencapai $300, tapi yang mahal mencapai $600. Tahun 2017, harga Hoverboard jatuh tinggal $100.

Mengapa hoverboard sangat murah, walau ada yang menawarkan harga lebih mahal. Disini area abu abu, produsen tidak jelas, keamanan sistem pengisian baterai tidak diungkap.

Ketika hoverboard meledak, tidak tahu siapa yang harus bertanggung jawab. Intinya, baterai lihtium di Hoverboard dapat membuat masalah. Karena disain baterai hoverboard ada yang tidak dilengkapi pengamanan. Tujuannya untuk menekan biaya produksi. Tapi siapa yang menjamin sebuah Hoverboard aman dan tidak aman. Beberapa cerita Hoverboard di luar negeri seperti dibawah ini.

Seorang ibu di Amerika menceritakan Hoverboard untuk anaknya meledak dan membakar rumah. Ini kejadian ke 2 setelah satu rumah lain  dimana dapur terbakar. 1 dari 3 hoverboard yang di charger terbakar di Inggris.

Jessica seorang ibu membelikan Hoverboard untuk anaknya, sebagai hadiah liburan terpanas tahun 2016. Hoverboard atau istilah lain sebagai Skuter Self-Balancing dibeli di toko online Amazon. Merek yang dibeli adalah Fiturbo. Entah berapa banyak merek Hoverboard, pastinya harga sangat bervariasi. Berdasarkan data dari Amazon, salah satu produk Hoverboard Fiturbo F1 memang dijual paling murah, hanya $310 saja. Sedangkan produk lain sekitar $400, dan termahal $600.



Hoverboard

Penjual di Amazon yang menawarkan harga lebih tinggi, bahkan menyebutkan jangan terpancing dengan harga murah. Katanya kekuatan baterainya bohong. Entah siapa yang benar, tapi satu unit dengan merek Fiturbo ini memang paling murah.

Awalnya si Hayden begitu gembira diberikan mainan baru oleh ibunya. Sampai si ibu memposting beberapa gambar di Facebook, terlihat Hayden sedang berusaha membuka kotak mainan.

Pertama kali dipakai, tentu baterai Hoverboard akan habis.  Hayden mencolok kabel listrik untuk mengisi baterai. Setelah beberapa saat kemudian, ibunya melihat ada percikan api, dan dalam beberapa saat terlihat seluruh ruangan sudah terbakar. Isi rumah Jessica akhirnya rusak terbakar. Alih alih membeli mainan murah untuk anaknya, malah keluar uang  untuk memperbaiki rumah.

Berdasarkan data produk konsumen Amerika, kejadian yang dialami ibu Jessica dengan Hoverboard terbakar bukan yang pertama. Dalam 3 bulan terakhir banyak kecelakaan akibat Hoverboard.

8 orang mengalami cidera selama 3 bulan saja akibat terjatuh, bahkan satu terpaksa dibawa ke ruang gawat darurat.

Kejadian lain juga dialami seorang pria di Gulf Shores Florida. Minggu lalu dia memposting sebuah Hoverboard yang sedang digunakan terbakar. Timothy sang pemiki Hoverboard mengatakan, unit tersebut baru dibeli 3 hari di Amazon. Dia mengendarai di luar rumah, turun dari trotoar, walau baru berjalan tidak lebih dari 30 meter dan meledak.

Salah satu laporan kejadian di Inggris mengatakan penyebab Hoverboard akibat Hoverboard terbakar ketika di isi baterai, kateran baterai menjadi panas. Sebaiknya tidak meninggalkan unit Hoverboard ketika diisi baterai tanpa pengawasan

Dibawah ini beberapa foto akibat baterai Hoverboard yang terbakar di rumah Jessica

Korban Hoverboard mulai tampak ada yang terbakar jatuh dan masuk UGD

Beberapa foto dari penguna di Inggris

Satu orang wanita harus dibawa ke rumah sakit di High Wycombe karena mendapat luka bakar ketika mengisi baterai Hoverboard
Gambar kedua terjadi di bulan Agustus 2015. Ketika satu Hoverboard terbakar dan ikut membakar 2 rumah.

Kecelakaan Hoverboard terbakar di Inggris

Steve Curtler dari Electrical Safety First mengatakan pembeli tidak mendefinisikan bahayanya dengan apa yang mereka lihat. Beberapa Hoverboard dijual tanpa perangkat pengaman. Tidak ada fuse, tidak ada sistem proteksi. Ketika terjadi short, overheating, meledak dan baterai melepas energi sampai mengeluarkan api.

Mengapa Hoverboard bermasalah
Diawal penjualan, Hoverboard terlihat menarik. Seperti teknologi baru walau beberapa pemegang paten sempat berselisih.
Masalah utama Hoverboard ada di produsen, karena banyak sekali produsen membuat alat mainan ini. Membuat pembeli tidak tahu dimana produsen yang membuat. Berdasarkan data BuzzFeed, semua hoverboard dibuat dari ratusan pabrik di China. Dimana perusahaan Eropa dan Amerika membeli dan membuat merek sendiri.

Sebuah hoverboard mendapatkan komponen dari sejumlah produsen lain. Hampir mustahil mengetahui darimana masalah komponen yang bermasalah. Tampaknya banyak produsen hoverboard mengunakan baterai lithium murah dan sistem pengisian baterai tidak semestinya, akhirnya rancangan pengisian baterai tersebut tidak aman.

Perusahaan penerbangan Amerika dan Kanada melarang Hoverboard masuk ke dalam kabin pesawat.
American Airlines, Delta, dan United sudah memberlakukan aturan larangan membawa Hoverboard oleh penumpang. Menyusul Alaska Airlines, Jet Blue, British Airways, Virgin America dan perusahaan penerbangan lainnya.

Toko online Amazon larang beberapa merek Hoverboard.
Satu merek Hoverboard tersebut cukup terkenal di toko online Amazon.com. Sekarang merek Swagway sudah dihapus dari daftar (Desember 2015)
Amazon yang menjual berbagai merek Hoverboard sudah mengirim surat ke reseller produsen atau dealer hoverboard. Meminta dokumentasi dari standar keamanan baterai, termasuk aturan UN 38.3, UL 1652 dan unit charger UL60950-1.

Tersisa hanya beberapa merek Razor Hovertrax, the Jetson dan Hover X yang masuk kategori hoverboard aman.

Merek Swagway menjadi misteri. Di halaman facebook Swagway mengatakan dapat membeli di Amazon, tapi informasi tersebut sudah dicabut. Swagway mengatakan senang dengan aturan baru dan produk mereka sudah tersertifikasi sesuai standar kemanan. Aturan di Amazon.com untuk menanggapi produk murah Hoverboard yang tidak aman kata perusahaan Swagway. Anehnya merek Swagway juga dikeluarkan. Kabarnya ada yang mencatut atau mengunakan merek logo Swagway di pasaran. Unik bukan, karena urusan kotak box hoverboard dan label dapat dibuat oleh siapa saja.

Itu cerita dari produsen. Unit yang terbakar sudah di identifikasi dan dibeli di toko resmi dengan merek Swagway. Mana yang benar pernyataan tersebut.

Perbedaan unit Swagway Hoverboard dapat dilihat foto dibawah ini. Gambar pertama box merek palsu, gambar kedua merek asli. Bila ditanya ke pembeli apakah mereka dapat membedakan unit asli dan palsu. Katanya susah.


:Hoverboard

Sampai akhir Januari.2016
Di Amerika, beberapa toko online menghentikan penjualan Hoverboard.
Badan konsumen keamanan produk Amerika sudah memasukan produk Hoverboard sebagai produk berbahaya. Mengingat banyak terjadi kecelakaan bagi pengendara, serta baterai yang terbakar, baik ketika di charger maupun ketika sedang di kendarai.

Maret 2016
Badan registrasi produk Amerika / US International Trade Commission sudah melarang impor Hoverboard ke Amerika.
Kali ini tidak berhubungan dengan keselamatan dari kejadian diatas. Tetapi masalah paten yang dimiliki Segway. Seluruh impor product Hoverboard dari China diminta dihentikan.
Setiap produk yang masuk ke Amerika akan disita karena melanggar hak paten dari Segway

Juni 2016
Badan perlindungan konsumen Amerika -CPSC meminta penarikan 500.000 unit Hoverboard dari 8 merek yang dijual antara bulan Mei dan Juni 2016. Karena baterai lithium produk mereka dapat terbakar.
CPSC meminta distributor Hoverboard dapat mengembalikan penuh, memberikan servis gratis dan pengantian gratis tergantung dari model yang dijual.
Penarikan berdampak dengan Swagway X1 yang sudah terjual 267 ribu unit dari satu merek dan model. Pengumuman dari CPSC
Hoverboard yang dijual mulai dari $350 - $900, seluruhnya dibuat oleh pabrik di China. Tercatat sudah 99 kejadian dari masalah baterai, seperti overheating, percikan api, menyala, dan meledak.


Company Number of Units Brand/Model Sold Remedy Company’s Contact Information
Digital Gadgets LLC, of Monroe, N.J. 16,000 Hover-Way/Model # HWSBB601-R Refund 866-696-3421 or www.hover-way.com
Hoverboard LLC, of Scottsdale, Ariz. 70,000 Powerboard Replace 800-750-6714 orwww.thepowerboard.com
Hype Wireless, of Edison, N.J. 25,000 Hype Roam Replace 866-449-7186 or www.hyperoam.com
Keenford Ltd., of Lynbrook, N.Y. 84,000 iMoto

Refund

Store credit

Replace

877-280-8401 or www.imotohk.com orwww.hoverboard360.com
PTX Performance Products USA of Irvine, Calif. 4,900 Airwalk Self Balancing Electric Scooter Replace 844-837-7346 orhttp://ptxperformance.com
Razor USA LLC, of Cerritos, Calif. 28,000 Hovertrax Replace 866-467-2967 or www.razor.com
Swagway LLC, of South Bend, Ind. 267,000 Swagway X1 Repair 844-299-0625 or https://swagway.com
Vecaro LifeStyle
Vecaro
 Glide65, Drift8,Trek10 (2016)
  

10 Maret 2017

Hoverboard memakan korban seorang anak dan 2 anak kritis di  Harrisburg, Pennsylvania Amerika yang dilansir dari AP. Setelah perangkat tersebut terbakar, dikabarkan api muncul pada hari Jumat jam 8 malam dimana seorang warga sempat lompat keluar dari lantai 2 untuk melarikan diri dari kobaran api. Keesokan hari ditemukan seorang anak meninggal di rumah yang terbakar.
Pemadam mengatakan dari saksi mendengar suara mendesis dari hoverboard, tidak lama meledak dan terbakar.
Banyak hoverboard murah dijual sebelum di umumkan larangan dari badan keamanan seperti CPSC. Ada kemungkinan hoverboard yang tidak aman masih ada di beberapa rumah dan tidak dikembalikan pemilik.