Planet 3470b terlihat langit biru tapi disana panas


Kategori : Science | Date : 10 December 2018
Setelah ragu dengan planet GJ 3480b planet tersebut planet yang panas

Tahun 2015
Planet 3470b atau dengan ukuran GJ 3470 b berada di tata surya Gliese 3470. Satu planet ini berwarna biru seperti Bumi. Dikonfirmasi planet ini memang ada pada tahun 2012 dari observasi Las Cumbress (LCOGT), melihat planet ini memiliki atmofer. Posisi tata surya Gliese GJ 3470b berada 96 tahun cahaya dari Bumi.

Planet dengan warna biru tersebut awalnya terlihat menjanjikan. Setelah pertama kali ditemukan tahun 2012, planet GJ 3470b ternyata memiliki ukuran bongsor alias seukuran planet Neptunus di tata surya kita.

Planet 3470b mengitari bintang disana yang berukuran kecil. Walau terlihat biru, bintang mengorbit kurang dari 4 hari (Bumi 365 hari). Masalah lain planet tersebut sangat dekat ke bintang induk, hanya 1/10 jarak bumi ke matahari.

Apa yang terjadi disana, dan mengapa planet 3470b terlihat berwarna biru. Dr Dragomir bersama timnya di pusat observasi LCOGT dengan pengamatan dari Hawai, Texas, Chile, Australia dan Afrika Selatan dan planet tampak dari bumi berwarna biru.

Cahaya dari bintang melintas di permukaan planet GJ 3470b dan menyebar dengan hamburan Rayleigh. Diyakini di planet tersebut memiliki kandungan molel air dan metana.

Umur tata surya dari bintang 3470b diperkirakan sekitar 1 miliar tahun.  Ternyata disana panasnya mencapai 3300 derajat Celcius dengan ukuran planet sekitar 4x lebih besar dari Bumi.

Menjawab pertanyaan mengapa planet ini memiliki warna biru ketika diteliti oleh observasi di Bumi pada tahun 2015.
Spektrum cahaya dari planet dapat bercerita bagi para ilmuwan. Memberikan jawaban, kira kira seperti apa atmofer di planet tersebut.

Planet 3470b dengan langit biru seperti Bumi


Tahun 2018


Planet yang digambarkan memiliki air akibat atmofer planet yang keluar dari planet.
Bahkan disebut Hot Neptunus atau planet yang besar dan panas. Memiliki orbit sangat dekat ke arah bintang.
Suhu planet dapat melelehkan perak, dengan panas hampir 1000 derajat Celcius

Planet GJ 3470b menjadi planet ke dua yang ditemukan dekat ke bintang. Sampai atmofer planet atau gas di permukaan planet memanas dan lari tertiup ke ruang.
angkasa. Perlahan ukuran planet GJ 3470 bahkan mengecil akibat atmofer planet terus terhempas keluar.

Semburan atmofer planet awalnya planet memiliki kandungan air. Tetapi planet tersebut kehilangan massa 100x lebih cepat.
Sampai masa hidupnya, planet akan kehilangan 1/3 massa yang ada dan terus menyusut menjadi mini Neptunus dalam beberapa miliar tahun kedepan.

Pemimpin penelitian Vincent Bourrier menyebut ini planet dramatis dalam evolusi planet.
Kondisi ekstrem membuat planet yang lahir di dekat bintang kehilangan masanya yang juga di sebabkan kekuatan angin dari bintang.

Planet 3470b dengan langit biru sebenarnya atmofer yang terlempar dari planet

Sebuah planet disebut Proxima b berada di dekat bintang katai merah atau bintang kerdil. Peneliti menyebut disana sukar untuk tinggal. Tunggu, sangat besar kemungkinan di coret karena 2 kriteria yang tidak dipenuhi. Penemuan terbaru bintang Proxima juga agresif mengeluarkan kilatan bintang, mencapai 10x kekuatan kilat matahari kita.

Planet K2-18b ditemukan tahun 2015, memiliki orbit di zona habitat. Ditemukan oleh teleskop Kepler ketika planet transit di depan bintang. Mengorbit ke bintang kerdil merah atau Red Dwarf Star setiap 33 hari. Memiliki atmofer dan berbatu seperti Bumi.



Beberapa planet ekstrem yang ditemukan astronom kadang posisi planet. Bagaimana bila sebuah planet berisi air saja. Ada yang besar, sampai ukurannya puluhan kali lebih besar dari Bumi. Ada yang sangat jauh letaknya, planet sangat dingin, dan planet terlalu panas, dan ada yang berukuran 28x lebih besar dari Jupiter

Badai dengan jutaan petir lebih kuat dari Bumi, menjelaskan mengapa sinyal planet HAT-P-11b tertangkap oleh teleskop ruang angkasa. Di tahun 2009, mengapa planet ini dapat mengeluarkan sinyal radio. Kondisi alam yang membuat sinyal planet bisa ditangkap oleh teleskop di Bumi

Planet Kepler-452b disebut sepupu Bumi dengan badan lebih besar, peneliti percaya disana ada gunung berapi dan lautan. Letaknya 1400 tahun cahaya dan berada di konstelasi Cygnus baru terditeksi oleh teleskop Kepler. Peneliti memberi nama Earth's Bigger, older Cousin atau Earth 2

Sebuah perusahan tambang ingin menambang di asteroid. Nah ini baru seru. Apakah kegiatan menambang asteroid dilarang. Tidak, setiap badan usaha boleh mengambil bahan tambang dari ruang angkasa secara bebas. Selama aktivitas tidak menganggu badan antariksa lain. Mereka akan mengirim robot kecil ke asteroid terdekat selama 3 tahun ke depan

Tata surya Wolf 1061 tidak jauh dari Bumi, hanya 14 tahun cahaya saja. Dekat dengan tata surya Gliese 667cc yang jaraknya 22 tahun cahaya dari Bumi. Mengunakan sensor HARPS spectrograph yang dipasang di teleskop ESO 3,6 meter di La Silla di Chile. Tim UNSW Australia  mengunakan teknik baru untuk menemukan planet.



Tim astronomi dari Jerman universitas Ruhr membuat peta terbesar tentang alam semesta. Terdiri dari 268 foto yang diambil selama observasi 5 tahun. Hasilnya selembar peta bintang dengan resolusi 46 miliar pixel. Tidak perlu teleskop untuk menikmati benda di sekitar Bumi, cukup melihat karya astronom dari Jerman

Pernah menonton film Star Wars episode ke IV A New Hope. Memberi gambaran sebuah planet memiliki 2 matahari. Tentu 2 matahari tidak terjadi di bumi. Secara umum dua bintang kembar terjadi dimana planet disana lebih di dominasi planet gas seperti Jupiter. Planet seperti .Bumi dengan matahari kembar mungkin hal umum di alam semesta ini.



No popular articles found.