Canon akan gugat pasar grey market


Kategori : Shortstory | Date : 23 November 2015
Ketika toko online datang, semua produk dapat dilihat via internet. Baik harga, model termasuk produk dari distributor resmi dan tidak. Secara umum, produk grey market menganggu barang yang dipasarkan secara resmi. Produk resmi, tapi berbeda harga. Karena garansi, pemeriksaan(QC) dari distributor dan reseller bebas berbeda.

Salah satu yang terkena dampak Grey Market atau pasar abu abu ini adalah Canon. Banyak produk Canon dipasarkan secara bebas di toko online seperti eBay. Termasuk aksesoris camera palsu dapat ditemukan disana.

Ada kabar Canon US akan menuntut penjual yang menjual produk Canon di toko online secara bebas. Salah satunya toko Get It Digital, dimana menjual camera Nikon dan Canon dengan harga murah.

Canon berusaha menghentikan perusahaan yang menjual produk Canon di Grey Market. Karena sudah ada perusahaan resmi yang ditunjuk eksklusif untuk pasar Amerika. Perusahaan seperti ini seharusnya tidak diijinkan menjual produk yang sama dengan distributor resmi di Amerika.

Apa yang menjadi masalah pembeli Canon di Grey Market. Kadang ditemukan nomor seri palsu, kurang jaminan dengan garansi bahkan garansi yang diberikan sangat minim alias asal menghibur saja. Kemasan dari produk juga berbeda, dan buku manual yang di fotocopy.

Hal seperti diatas kadang dapat merugikan pembeli, walau pembeli lebih tergiur dengan selisih harga sangat jauh dari toko resmi. Selisihnya lumayan jauh, sampai 100 dollar dibanding produk resmi.

Camera Grey Market di Amerika

Berita terkait
Lensa Canon palsu 50mm f1.8, mirip tapi tidak identik karena bukan diproduksi Canon. Menurut data dari Canon, 18% pembeli produk Canon membeli barang palsu tanpa mereka sadari. Ciri produk palsu camera Canon seperti baterai dan charger bisa dikenali

Fotografer profesional Matt Granger memposting video selama 16 menit. Menceritakan mengatakan kekesalannya dengan support Sony Australia. Perbaikan membutuhkan waktu 1 bulan, walau hanya untuk perbaikan kecil saja. Dan dia meninggalkan Sony karena pekerjaannya tidak mendapat dukungan dari produsen.



Pasar camera digital tahun 2016 hanya 25% dibanding puncak penjualan di tahun 2010. Alasan tidak praktis membawa camera digital,  tapi apakah itu alasannya. Pembeli cenderung mengambil camera DSLR yang lebih canggih dibanding camera pocket.

Dunia fotografi terkadang banyak marketing, lensa murah dibuat dari plastik katanya tidak sebaik lensa mahal dengan bodi metal. Kata marketingnya, lensa tahan cuaca atau kualitas konstruksi untuk profesional. Apa benar seperti itu.

Penguna camera Canon PowerShot SX50 HS diminta memeriksa nomor seri di bodi camera. Komponen karet bidik camera ini bisa membuat reaksi alergi pada mata. Canon melakukan test ke unit khusus untuk memeriksa kandungan di karet tersebut.

Apa saja produk yang harus dibayar terlalu mahal. Bukan barang mewah tapi ada disekitar masyarakat, bahkan digunakan setiap hari. Salah satunya SMS, biayanya menyebalkan. Yang tidak berubah adalah iPhone selalu mahal, tinta printer, kabel HDMI, Office

Manual dicetak dengan printer, bingkai lensa lebih tebal. Pastinya produk palsu dan berbeda kualitas




No popular articles found.