Angkatan laut Amerika memiliki Hovercraft atau kapal ampibi yang dapat mendarat dari laut ke darat. LCAC - Landing Craft Air Cushion atau disebut juga Hovercraft ini berukuran sangat besar.  Hanya dimiliki 2 angkatan laut dari Amerika dan Jepang. Jepang hanya memiliiki 6 kapal, angkatan laut Amerika terbagi untuk 2 divisi.

Tugasnya membawa perlengkapan perang, menjadi kapal kargo untuk tugas khusus dan lainnya. Mampu membawa beban 60 ton diatas permukaan air dengan kecepatan 40 knot. Ini yang menarik, kapal LCAC tersebut mampu menempuh perjalanan sejauh 300 km dengan kecepatan 75km perjam

Hanya 91 unit diproduksi sejak tahun 1984-2001. Seluruh kapal LCAC yang masih bekerja perlu perawatan, di upgrade untuk memperpanjang usia pesawat agar siap dipakai. Disain awalnya pada tahun 1970an, dari disain prototipe melibatkan 3 perusahaan. Baling baling dibuat Aerojet General, Jeff B untuk disain, dan Bell Aerospace yang membangun.

Kapal Hovercraft tidak murah, di tahun 1996 saja biaya pembangunan mencapai 27 juta dollar. Bila dihitung untuk diproduksi tahun in mencapai 40 juta dollar perunit.

Satu kapal LCAC membutuhkan 5 awak untuk mengoperasikan. Kapal mengunakan 4 mesin untuk mengapung di atas air. Satu kapal dapat membawa 180 pasukan

Hovercraft LCAC milik angkatan laut Amerika