Aplikasi messenger dan media sosial sangat menarik penguna smartphone.

Tetapi terlalu banyak menginstall aplikasi membuat smartphone lemot, bahkan performa drop tidak karuan.

Alasannya sederhana, ketika aplikasi aktif dan mengunakan paket data internet. Maka kemampuan perangkat diperlukan, tapi bila terus terjadi ditambah koneksi yang lambat seperti 3G.

Kinerja aplikasi dapat menganggu, bahkan membuat smartphone semakin lambat. Aplikasi akan menunggu data dikirim dari jaringan internet. Bila koneksi internet lambat, membuat tampilan aplikasi diam di layar.

Tip untuk mempertahankan kinerja smartphone sangat mudah.
  • Biasakan menginstall satu aplikasi dalam satu hari. Biarkan anda menikmati aplikasi teresbut, sambil melihat apakah ada perubahan dari performa smartphone anda. Bila kita merasa "smartphone mulai melambat", khususnya smartphone kelas pemula. Bisa dipertimbangkan untuk meng-uninstall aplikasi bila terus menganggu kinerja smartphone. Setelah di Un-install smartphone kembali normal, install kembali dan lihat apakah mengalami hal yang sama dan aplikasi tersebut yang membuat smartphone menjadi lambat.
  • Bila aplikasi dibutuhkan, kurangi menginstall aplikasi lain yang kira kira memiliki beban sama (memberatkan performa smartphone). Bila kita mengetahui cara kerja masing masing aplikasi, maka beban hardware smartphone dapat dikurangi, dan menghindari pengisian baterai smartphone yang terus di kuras oleh aplikasi.
  • Intinya, semakin banyak aplikasi di install, semakin besar kemungkinan setiap aplikasi mengunakan paket data dan performa hardware smartphone. 
  • Bila kita meminimalkan aplikasi yang ada di smartphone, kinerja smartphone kita yang lambat dapat terhindar dari kata "lemot".
  • Butuh analisa dari penguna sendiri, apakah aplikasi dapat berjalan dengan baik atau menganggu bila di install di smartphone.
  • Hal ini dapat menghindari paket data internet anda dikuras oleh aplikasi media dan chatting, serta menghindari anda tertarik membeli smartphone baru karena kesalahan dari aplikasi yang dipakai.

November 2015
Mengapa Whatsapp terus saja mengambil data. Anda bayar, anda mendapat lebih. "Anda gratis , anda membayar dengan data". Mungkin itu yang diungkap menulis TNW.

Tidak jelas mengapa Whatsapp terus mengambil data smartphone. Dalam 7 hari mengakses 23.709x dari Contacts List. Bila mencoba menghubungi Whatsapp, tidak akan mendapatkan jawaban.

Mungkin alasan baik aplikasi Whatsapp sering mengakses data, dari Contact untuk menerima pesan teman dan kerabat anda.



Aplikasi Whatsapp ambil data terlalu sering dan memboroskan baterai

Hal yang sama seperti Facebook Messenger. Atau aplikasi Uber mengakses 111 kali, dan Waze selama 3-4 jam berkendara mengakses 13.859 kali untuk lokasi data, tapi mengakses Contacts sampai 1127 kali.

Masalah aplikasi terlalu banyak mengakses data, baterai smartphone kita yang dikuras. Bila aplikasi mengakase setiap 30 menit, mungkin baterai smartphone kita menjadi lebih hemat.


Januari 2016.
Android Central mendapatkan kinerja beberapa smartphoen Android menjadi lambat. Dan memperhatikan lebih lanjut khususnya aplikasi Facebook.

Ternyata aplikasi Facebook menjadi masalah. Setelah di uninstall maka smartphone kembali normal.
The Guardian memperkirakan dengan uninstall Facebook, baterai smartphone dapat lebih hemat 20%.
Seorang user Reddit mencoba membuang Facebook dari smartphone. Dia terkejut dengan kecepatan smartphone, aplikasi bekerja 15% lebih cepat dari sebelumnya.

Bila anda tidak mau terganggu dengan aplikasi Facebook. Coba gunakan aplikasi Facebook dari browser Chrome di smartphone. Tampilan tidak berbeda, bahkan tampil sama seperti di Chrome desktop computer.

Aplikasi Facebook bikin smartphone lambat