Aplikasi Whatsapp ambil data terlalu sering dan Facebook membuat smartphone lambat


Kategori : Security | Date : 21 January 2016
Aplikasi messenger dan media sosial sangat menarik penguna smartphone.

Tetapi terlalu banyak menginstall aplikasi membuat smartphone lemot, bahkan performa drop tidak karuan.

Alasannya sederhana, ketika aplikasi aktif dan mengunakan paket data internet. Maka kemampuan perangkat diperlukan, tapi bila terus terjadi ditambah koneksi yang lambat seperti 3G.

Kinerja aplikasi dapat menganggu, bahkan membuat smartphone semakin lambat. Aplikasi akan menunggu data dikirim dari jaringan internet. Bila koneksi internet lambat, membuat tampilan aplikasi diam di layar.

Tip untuk mempertahankan kinerja smartphone sangat mudah.
  • Biasakan menginstall satu aplikasi dalam satu hari. Biarkan anda menikmati aplikasi teresbut, sambil melihat apakah ada perubahan dari performa smartphone anda. Bila kita merasa "smartphone mulai melambat", khususnya smartphone kelas pemula. Bisa dipertimbangkan untuk meng-uninstall aplikasi bila terus menganggu kinerja smartphone. Setelah di Un-install smartphone kembali normal, install kembali dan lihat apakah mengalami hal yang sama dan aplikasi tersebut yang membuat smartphone menjadi lambat.
  • Bila aplikasi dibutuhkan, kurangi menginstall aplikasi lain yang kira kira memiliki beban sama (memberatkan performa smartphone). Bila kita mengetahui cara kerja masing masing aplikasi, maka beban hardware smartphone dapat dikurangi, dan menghindari pengisian baterai smartphone yang terus di kuras oleh aplikasi.
  • Intinya, semakin banyak aplikasi di install, semakin besar kemungkinan setiap aplikasi mengunakan paket data dan performa hardware smartphone. 
  • Bila kita meminimalkan aplikasi yang ada di smartphone, kinerja smartphone kita yang lambat dapat terhindar dari kata "lemot".
  • Butuh analisa dari penguna sendiri, apakah aplikasi dapat berjalan dengan baik atau menganggu bila di install di smartphone.
  • Hal ini dapat menghindari paket data internet anda dikuras oleh aplikasi media dan chatting, serta menghindari anda tertarik membeli smartphone baru karena kesalahan dari aplikasi yang dipakai.

November 2015
Mengapa Whatsapp terus saja mengambil data. Anda bayar, anda mendapat lebih. "Anda gratis , anda membayar dengan data". Mungkin itu yang diungkap menulis TNW.

Tidak jelas mengapa Whatsapp terus mengambil data smartphone. Dalam 7 hari mengakses 23.709x dari Contacts List. Bila mencoba menghubungi Whatsapp, tidak akan mendapatkan jawaban.

Mungkin alasan baik aplikasi Whatsapp sering mengakses data, dari Contact untuk menerima pesan teman dan kerabat anda.



Aplikasi Whatsapp ambil data terlalu sering dan memboroskan baterai

Hal yang sama seperti Facebook Messenger. Atau aplikasi Uber mengakses 111 kali, dan Waze selama 3-4 jam berkendara mengakses 13.859 kali untuk lokasi data, tapi mengakses Contacts sampai 1127 kali.

Masalah aplikasi terlalu banyak mengakses data, baterai smartphone kita yang dikuras. Bila aplikasi mengakase setiap 30 menit, mungkin baterai smartphone kita menjadi lebih hemat.


Januari 2016.
Android Central mendapatkan kinerja beberapa smartphoen Android menjadi lambat. Dan memperhatikan lebih lanjut khususnya aplikasi Facebook.

Ternyata aplikasi Facebook menjadi masalah. Setelah di uninstall maka smartphone kembali normal.
The Guardian memperkirakan dengan uninstall Facebook, baterai smartphone dapat lebih hemat 20%.
Seorang user Reddit mencoba membuang Facebook dari smartphone. Dia terkejut dengan kecepatan smartphone, aplikasi bekerja 15% lebih cepat dari sebelumnya.

Bila anda tidak mau terganggu dengan aplikasi Facebook. Coba gunakan aplikasi Facebook dari browser Chrome di smartphone. Tampilan tidak berbeda, bahkan tampil sama seperti di Chrome desktop computer.

Aplikasi Facebook bikin smartphone lambat

www.obengplus.com/artikel/articles/253/Galeri-foto-di-Android
www.obengplus.com/artikel/articles/252/Shutapp-Android-matikan-aplikasi-Background-keseluruhan
www.obengplus.com/artikel/articles/249/Snapseed-aplikasi-edit-foto-dari-Google
Dalam film ada cerita smartphone dijadikan alat untuk diburu, dimana seseorang membawa smartphone dapat di telusuri keberadaannya. Apa benar smartphone bisa menunjukan posisi seseorang. Penguna smartphone Android sebenarnya dapat dilacak keberadaannya bila smartphone aktif

Anda percaya dengan nama sebuah perusahaan pembuat aplikasi. Atau lebih memilih aplikasi yang dibuat perusahaan kecil. Atau merasa aman dengan UC Browser dan Dolphin. UCbrowser diminta di hapus dari smatphone tentara, masalah keamanan negara

Sebuah studi baru, beberapa layanan website mengunakan script pihak lain. Fungsinya untuk mencatat apa yang diketik di perangkat elektronik. Sekitar 50 ribu situs teratas, dari 1 juta situs melakukan pencatatan aktivitas pengunjung. Setidaknya 400 situs lebih adalah situs ternama.



ESET menemukan aplikasi palsu , termasuk cheat game populer seperti Cheats for Pau, Guide for SubWa dan Cheats of SubWay. Aplikasi berbahaya ditemukan oleh CheckPoint update September 2017. Go Keyboard ditemukan mengirim data ke server tertentu, mencuri email dan mengirim adware

Hati hati mengunakan browser Third Party atau browser yang dibuat oleh perusahaa resmi. Bila anda penguna WOT sebaiknya di Un-install. WOT digunakan lebih dari 140 juta computer, tapi pengembang software tersebut diam diam menjual histori data pengunanya sendiri.

Nama Xiaomi disebut sebagai Apple China. Tapi sebuah laporan dari Thijs Broenink menyebutkan Xiaomi memiliki sebuah aplikasi AnalyticsCore.apk. Dan aplikasi tersebut sudah di pre-install di dalam smartphone.

Banyak penguna smartphone menjual smartphone bekas mereka, ada yang menganti dengan model baru. Mungkin pemilik smartphone sudah menghapus foto pribadi dari smartphone. Apakah bisa di recover atau dikembalikan, Avast malah menemukan foto sangat pribadi bisa dilihat kembali.



Mengunakan smartphone Android bikin masalah, artinya penguna tersebut tidak sendirian. Karena 3/4 perangkat mobile menanyakan atau mengembalikan ke operator jaringan di Eropa. Sedangkan di Amerika tidak masalah.

Cara menghemat kuota internet. Pada smartphone Android sudah tersedia, tetapi tidak kita aktifkan. Dari setting di smartphone Android terdapat pilihan untuk Data Usage, atau mematikan pemakain paket internet Background Data. Serta beberapa aplikasi dapat diaktifkan agar mengunakan internet dengan WIFI saja.

Aplikasi Ghost atau aplikasi hantu dapat menyembunyikan data pribadi sendiri. Aplikasi terlihat seperti aplikasi biasa, kabarnya aplikasi tersebut sengaja dimanfaatkan oleh pelajar SMA untuk di Amerika untuk menyembunyikan foto mereka sendiri. Contoh aplikasi kalkulator terlihat biasa, tapi dengan kode tertentu dapat menampilkan halaman tersembunyi.

Beberapa aplikasi di Google Play mungkin tidak perlu anda install. Karena tidak berguna, bahkan tidak masuk akal. Uniknya dari aplikasi tersebut banyak yang diberikan bintang 4. Seperti Defrag Battery, RAM Booster, Xray Camera dan Internet Booster

Pusing dengan baterai boros di smartphone, coba periksa apakah ada aplikasi Facebook dan aplikasi Chat lain disana. Dari milis Ngohq, seorang milis mengatakan aplikasi Facebook memakan power baterai sampai 20%. Facebook akhirnya keluarkan versi hemat internet dengan Facebook Lite


No popular articles found.