Science | 17 November 2015

Bintang Delta Orion disana terlihat satu tapi ada tiga bintang


Daerah komplek bintang Delta Orionis ternyata memiliki bintang yang unik. Disana terdapat 3 bintang yang dikenal dengan nama Mintaka, Alnilam dan Almitak.

Dapat terlihat ketika malam hari, terlihat seperti sejajar. Wilayah ini masuk pada konstelasi Orion

Di Delta Orionis adalah kelompok bintang. Ada Delta Ori , Delta Ori B, dan Delta OriC.

Pada malam hari terlihat dari foto dibawah ini, ada di sisi kanan tengah. Sebenarnya bukan 3 bintang sejajar tapi disana total ada 5 bintang.

Foto ini diambil dengan camera DSLR, waktu terbaik melihat area ini antara September - Februari.

Bintang Delta Orion Mintaka

Bila dilihat dengan teleskop optik, satu bintang unik Delta Orion hanya tampak 1 bintang

Bintang Delta Orion dengan teleskop Optik

Ori B dan C adalah bintang tungal atau sendiri saja, seperti keberadaan matahari kita. Tapi bintang Delta Ori A ini yang unik. Setelah diteliti lebih lanjut dengan teleskop X-Ray Chandra, disana bukan satu bintang tapi 3 bintang yang saling berdekatan.

Delta Ori A terdapat 2 bintang yang saling berdekatan dengan orbit 5,7 hari waktu bumi. Satu lagi bintang yang terbesar nomor 2, memiliki orbit mengitari kedua bintang dengan orbit elips setiap 400 tahun.



Dibawah ini ilustrasi dari tata surya Delta Ori

Ilustrasi dari bintang Delta Ori

Dari 2 bintang yang saling berdekatan. Bintang terbesar memiliki ukuran 25x lebih besar dari massa matahari kita. Sedangkan bintang yang lebih kecil sekitar 10x dari massa matahari.

Dengan teleskop Chandra X-Ray kedua bintang diteliti untuk melihat apa yang terjadi dengan kekuatan angin bintang di antara kedua bintang yang berdekatan. Karena interaksi kedua bintang dapat menghalangi angin dari kekuatan cahaya bintang.

Bila melihat di malam hari dengan cahaya 3 bintang berjajar. Sebenarnya bukan 3 bintang sejajar tapi ada 5 bintang. Dan 2 bintang tidak terlihat karena tertutup cahaya bintang utama.



Tertarik dengan astronomi, bisa di coba membuat foto galaksi Bima Sakti dengan camera

Dibawah ini dibuat dengan camera telezoom 70-300mm

Januari 2015 - November 2017



Durasi foto Januari 2015, ada yang lewat. Mungkin satelit LEO di orbit rendah, atau ?



Artikel Lain

Rocket VasiMR adalah propulsi berbasis plasma. Mengunakan sumber listrik untuk mengionisasi bahan bakar ke bentuk plasma yang amat panas. Bidang listrik yang di panaskan tersebut akan mempercepat plasma. Masih butuh tahapan untuk VasiMR dapat digunakan astronot  ke planet lain.

Mengabadikan galaksi di kota sangat berbeda dibanding daerah bebas cahaya, dimana daerah yang tepat. Foto galaksi Bima Sakti di atas Jakarta 20 Mei 2020 jam 4 pagi dapat mengabadikan galaksi Bima Sakti di atas rumah 18 April 2016, dengan mudah untuk membuat foto galaksi di tempat terang dari tengah kota. Teknik foto galaksi Bima Sakti



Sekarang menambahkan dua lagi planet baru ke dalam daftar exoplanet yang berpotensi layak huni. Para astronom telah melihat sepasang planet yang mengorbit Bintang Teegarden. Seperti apa melihat matatari di Teegarden bila tinggal disana

Sebuah bintang dan tata surya terbentuk dari kumpulan debu dan gas. Cakram akan membentuk planet dan mengelilingi sebuah bintang yang telah lahir. Tapi di bintang MM ada 2 bintang, satu bintang MM 1a menjadi pusat, sedangkan MM 1b menjadi bintang biner kedua dengan ukuran lebih kecil. Peneliti mengatakan bintang MM 1b lahir di tempat yang seharusnya terbentuk planet.

Sebuah bintang MWC 758 adalah bintang muda yang baru lahir. Dan sedang membentuk tata surya, terlihat terdapat sebuah cincin dengan 2 lingkarang yang menyala. Cincin tersebut adalah calon protoplanet, setidaknya sudah tampak 2 planet baru akan hadir di orbit bintang MWC 758

Bintang AS 209 terletak 410 tahun cahaya dari Bumi. Menjadi sebuah sistem tata surya baru yang baru lahir, diperkirakan baru berusia 1 juta tahun dalam skala kosmos. Setidaknya ada 2 protoplanet akan lahir disana.

Ada cerita bintang Scholz bermasa rendah dahulu pernah melintas di tata surya kita. ESA menghitung ada berapa banyak bintang lain akan melintas dekat ke tata surya. Sekitar 16 cukup dekat dan satu bintang mungkin menganggu orbit awan Oort, dan mengeser batuan es menjadi komet di Bumi.



Supernova disebabkan dari ledakan bintang, antara ledakan dari bintang mati. Kedua dari gaya tarik bintang mati ke bintang yang masih menyala. Terjadinya supernova SN2017cbv disebabkan dengan teori kedua, tapi ledakan bintang lebih kecil yang menganggu bintang ukuran lebih besar

Cluster 47 Tucanae adalah tempat di galaksi kita dengan kelompok bintang sangat padat. Tidak itu saja, disana terdapat sebuah lubang hitam berukuran 2.000x massa matahari. Mengapa lubang hitam tersebut baru diketahui dan diteliti saat ini.

StarChip dan Starshot, pesawat berukuran sangat kecil tersebut memiliki instrumen lengkap. Bila pesawat berangkat 20 tahun nanti, berita tata surya disana baru sampai ke Bumi setelah tahun 2060. Hawking mengatakan, Bumi adalah tempat terindah, tetapi mungkin tidak selamanya ada

Alam semesta ini unik, hal yang tidak biasa dapat terjadi. Tidak selurunya selaras, ada bintang yatim, bintang biner. Satu lagi kelompok bintang M10 atau Globular Cluster NGC 6254. Kelompok bintang ini kadang menyebrang dari bawah ke atas dan kembali turun ditengah tengah galaksi kita.

Foto dari teleskop Chandra diambil pada Desember 2011, sampai Februari 2014 dan terakhir ditahun 2015. Bintang kembar PSR B1259-63 / LS 2883 - atau B1259, salah satunya adalah bintang Pulsar melewati bintang yang aktif disebelahnya, membuat tekanan kuat sampai bagian dari disk dari bintang yang aktif terlempar. Hal ini masih terus terjadi.

Bintang di malam hari hanya tampak beberapa bintang yang cahayanya paling terang. Sedangkan bintang lain tidak terlihat seakan bersembunyi. Karena kekuatan cahaya bintang dihitung dengan angka magnitude, dan beberapa bintang memiliki jarak sangat jauh dari Bumi.

Dalam sebuah galaksi terdapat kelompok bintang di beberapa tempat yang disebut globular cluster. Dimana bintang tersebut berkelompok dan jumlahnya sangat banyak. Bila bintang disana menjelang mati, akhirnya diketahui bintang akan bergerak menjauh dari kelompoknya



Bintang US 708 keluar dengan kecepatan hypervolocity, mencapai 12 ribu km perjam dan posisi keluar dari galaksi Bima Sakti. Menjadi bintang dengan pergerakan paling cepat yang pernah ditemukan. Umumnya bintang yang terlempar ada di tengah galaks



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.