Planet GJ 1132b ukuran planet hampir tepat seperti bumi tapi panas


Science | 12 November 2015

Planet GJ 1132b ditemukan mirip bumi. Jaraknya 39 tahun cahaya dari bumi, tapi planet ini tidak sama persis, karena disana sangat panas. Disebut sebagai planet Venus seukuran Bumi, memberikan kesempatan astronom melihat planet ini dan mempelajari tentang dunia di luar tata surya.

Untuk besarnya planet GJ 1132b sangat mirip seukuran bumi. Tapi mengorbit ke bintang induknya sangat dekat. Peneliti mengatakan suhu di planet tersebut mencapai 260 derajat C. Mungkin setara panas pangangan roti. Walau panas, ditemukan atmofer di planet GJ 1132b. Rekan penulis Dr Zachory dia mengatakan bila anda berjalan di planet ini, seperti berada di pangangan roti. Manusia tentu tidak bisa bertahan hidup dengan kondisi ekstrim disana.

Posisi planet yang terlalu dekat dengan bintang memudahkan peneliti melihat dan mempelajari lebih lanjut dari teleskop di antariksai dan di permukaan.

Astronom Dr. David Chrbonneau dari Harvard Smithsonian Center for Astrophysics Amerika mengatakan. Tujuan kami adalah mencari planet kembaran bumi. Tapi sepanjang planet yang ditemukan hanyalah planet seperti Venus ini atau planet kembaran Venus.

Jarak planet GJ 1132b ke bintang induk mencapai 2,3 juta km , sedangkan jarak Bumi ke Matahari sekitar 148 juta km. Ukuran planet GJ 1132b sekitar 1,2 juta kali lebih besar, tapi massa planet mencapai 1,6x lebih berat

Planet tersebut mengitari sebuah bintang Red Dwarf atau bintang merah dengan ukuran kecil. Tapi tetap saja panas karena terlalu dekat ke bintang.

Dibawah ini gambar ilustrasi dengan planet GJ 1132b dengan bintang induknya.

Planet GJ 1132b ukuran planet hampir tepat seperti bumi tapi panas

Berita terkait
Astronom menemukan sebuah planet liar dan tidak mengorbit ke bintang. Ukuran 12x massa planet Jupiter dengan medan magnit sangat kuat. Pertama kali sebuah planet Rogue atau planet tanpa mengobit ke bintang induk, bahkan ditemukan karena terditeksi dari emisi radio. Bahkan peneliti mengatakan jangan jangan ada puluhan ribu planet liar seperti ini di galaksi kita.

Sebuah bintang GJ9827 jaraknya 100 tahun cahaya terletak di konstelasi Pisces. Membuat bingung penelit, awalnya terditeksi seperti Super Earth atau seperti planet Bumi tapi ukurannya lebih besar. Tidak ada planet seperti ini di tata surya



Sebuah tata surya dengan jarak 11 tahun cahaya dari Bumi kembali ditemukan, disana terdapat planet. Planet Ross 128b berada di posisi yang tepat atau dikenal Goldilock. Planet ke 2 paling dekat ke Bumi setelah planet yang ada di Proxima

Pada tahun 2012 terlihat disana terdapat 5 planet yang mengitari mataharinya. 2 di antaranya diperkirakan berada pada daerah yang tepat untuk manusia tinggal "nanti". Tapi peneliti mengatakan kondisinya berbeda dengan Bumi.

Bintang GJ 625 adalah bintang tipe M atau kategori matahari kerdil. Hanya 21 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat adanya planet berukuran 2,82x lebih besar dari Bumi. Atau disebut juga super earth. Tapi orbit planet tersebut berada di posisi tepat, atau zona habitat.

Badai dengan jutaan petir lebih kuat dari Bumi, menjelaskan mengapa sinyal planet HAT-P-11b tertangkap oleh teleskop ruang angkasa. Di tahun 2009, mengapa planet ini dapat mengeluarkan sinyal radio. Kondisi alam yang membuat sinyal planet bisa ditangkap oleh teleskop di Bumi

Planet OGLE-2007-BLG-349 ditemukan ketika mengalami microlensing. Posisi munculnya planet dan 2 bintang diakibatkan posisi tepat sejajar dari pengamatan dengan Bumi. Salah satu planet terjauh yang ditemukan dengan jarak 8000 tahun cahaya.



Membayangkan saja sudah susah, di planet HD 189733 memiliki kekuatan angin 6 mach lebih. Planet HD 189733 disebut sebagai Hot Jupiter, ukuran planet yang sangat besar dan suhu planet mencapai 1000 derajat C. Kalau ditanya disana terjadi apa, mungkin terjadi hujan kaca

Michelle Kunimoto 22 tahun seorang mahasiswa di universitas Columbia. Dia tertarik dengan planet yang jauh. Sebagai mahasiswa dia mengambil bagian untuk menganalisa data dari teleskop ruang angkasa Kepler. Dan dia menemukan 4 planet dan satu planet diantaranya adalah seukuran planet Neptunus di posisi hangat.

Satu foto langkah ini memperlihatkan posisi planet Venus sedang transit tepat di depan matahari dan dapat dilihat dari Bumi. Walau Venus memiliki orbit sangat dekat dengan matahari tapi untuk posisi satu garis dari Matahari dan planet Venus ke Bumi sangat jarang terjadi.

Di tata surya Kepler-138 ditemukan 3 planet. Dua planet diantaranya Kepler-138c dan Kepler-138d. Tapi satu lagi planet Kepler-138b ini agak aneh. Kepler-138c dan Kepler-138d memiliki ukuran planet 120% dari Bumi

3 planet di tata surya sebuah  bintang HD7924, ditemukan adanya Super Earth. Tidak terlalu jauh dari bumi hanya 54 tahun cahay asaja. Mengunakan teknik getaran planet ketika melintas di depan bintang disana. Akhirnya diketahui 3 planet HD7924

Pernah menonton film Star Wars episode ke IV A New Hope. Memberi gambaran sebuah planet memiliki 2 matahari. Tentu 2 matahari tidak terjadi di bumi. Secara umum dua bintang kembar terjadi dimana planet disana lebih di dominasi planet gas seperti Jupiter. Planet seperti .Bumi dengan matahari kembar mungkin hal umum di alam semesta ini.

Sebuah planet Wasp-18b tampaknya menganggu medan magnit dari bintang. Kok bisa planet malah menganggu bintang yang lebih besar. Planet Wasp-18b ternyata sebuah planet sangat besar dan disebut planet Jupiter yang panas dan sangat dekat dengan bintang induknya.




No popular articles found.