Bintang kerdil SDSS1228+1040 memiliki cincin ring aneh ditemukan


Science | 12 November 2015

Sebuah bintang berukuran kecil atau disebut White Dwarf ditemukan sebagai bintang unik. Peneliti dari Warwick melihat dibintang yang sudah mati tersebut terlihat cincin berwarna merah. Cincin tersebut terbentuk akibat bintang tersebut hancur, dan cincin yang terlihat adalah sampah seperti batuan dan debu mengelilingi bintang.

Bekerja sama dengan tim peneliti universitas Atrophysics. Christopher Manser mengatakan diamter yang kosong dibintang tersebut sekitar 700 ribu km. Dibanding cincin di planet Saturnus hanya memiliki lebar 270 ribu km.

Tapi bintang disana memiliki berat luar biasa dari planet Saturnus yang besar. Bobotnya 2500 x lebih berat.

Mengapa cincin di bintang tersebut berwarna merah. Peneliti mengatakan cahaya tersebut akibuat radiasi ultraviolet.  Peneliti mengetahui memang ada bintang yang memiliki cincin seperti ini, tapi baru kali ini mereka melihat bentuk sebenarnya dan berhasil mengambil gambar.

Peneliti mengatakan sekilas bila nasib matahari kita akan seperti ini. Dan menjawab apakah sistem ini nantinya tata surya kita setelah matahari mati.

Foto yang diambil dibawah ini mengunakan Doppler Tomografph. Teknik pembuatan gambar sama seperti teknologi sensor CT Scan untuk memindai tubuh manusia di rumah sakit. Tapi untuk membuat foto pada objek di antariksa, dibutuhkan waktu bertahun tahun. Selama beberapa dekade para astronom mempaljari tentang bintang kerdil dan mereka ada dimana-mana.

Bintang kerdil memiliki cincin ring aneh ditemukan

Berita terkait
www.eso.org/public/news/eso1544/
Bintang J005311 letaknya di rasi bintang Cassiopeia, 10.000 tahun cahaya dari Bumi. Ditemukan oleh teleskop satelit WISE. Bintang tidak menghasilkan cahaya, tapi bukan cahaya biasa, melainkan radiasi cahaya inframerah. Keanehan lain menghasilkan angin bintang dengan kecepatan 16.000x. Salah satu bintang langka di galaksi Bima Sakti

Sebuah bintang dan tata surya terbentuk dari kumpulan debu dan gas. Cakram akan membentuk planet dan mengelilingi sebuah bintang yang telah lahir. Tapi di bintang MM ada 2 bintang, satu bintang MM 1a menjadi pusat, sedangkan MM 1b menjadi bintang biner kedua dengan ukuran lebih kecil. Peneliti mengatakan bintang MM 1b lahir di tempat yang seharusnya terbentuk planet.



Bintang CS Cha adalah bintang berusia muda tidak hanya satu tapi bintang biner. Disana sedang membentuk tata surya baru. Peneliti melihat ada sebuah planet muncul, dan ukurannya sangat besar disebut Super Jupiter. Atau bisa saja benda tersebut adalah bintang ke 3.

Bintang AS 209 terletak 410 tahun cahaya dari Bumi. Menjadi sebuah sistem tata surya baru yang baru lahir, diperkirakan baru berusia 1 juta tahun dalam skala kosmos. Setidaknya ada 2 protoplanet akan lahir disana.

Peneliti mengatakan ada hubungan antara magnetik bintang dengan sinar X yang dipancarkan. Ketika bintang berusia muda, mereka masih aktif secara magnetis, dan membuat putaran bintang lebih cepat. Seiring jalan, bintang mulai kehilangan energi rotasi.

Supernova disebabkan dari ledakan bintang, antara ledakan dari bintang mati. Kedua dari gaya tarik bintang mati ke bintang yang masih menyala. Terjadinya supernova SN2017cbv disebabkan dengan teori kedua, tapi ledakan bintang lebih kecil yang menganggu bintang ukuran lebih besar

Para ilmuwan telah mengambil gambar paling jauh dengan foto X-Ray. Ada sebuah tempat terlihat seperti ledakan sinar X, tetapi jauhnya mencapai 10,7 miliar tahun cahaya dari bumi. Diperkirakan sumber tersebut berasal dari sebuah galaksi.



Bintang HR 8799 terletak 150 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat ada 4 planet mengorbit. Kali ini sebuah video menarik tentang tatasurya Bintang HR 8799, karena diambil secara langsung dan terlihat jelas 4 planet sedang mengorbit bintang induknya.

Bintang HIP68468 memiliki usia 6 miliar tahun, dan jaraknya 300 tahun cahaya dari Bumi. Praktis bintang ini seperti kembaran matahari. Tapi bintang ini telah memakan planet yang ada di dekatnya, setidaknya 1 atau bahkan 2 planet yang mengorbit sangat dekat ke bintang.

Tata surya Wolf 1061 tidak jauh dari Bumi, hanya 14 tahun cahaya saja. Dekat dengan tata surya Gliese 667cc yang jaraknya 22 tahun cahaya dari Bumi. Mengunakan sensor HARPS spectrograph yang dipasang di teleskop ESO 3,6 meter di La Silla di Chile. Tim UNSW Australia  mengunakan teknik baru untuk menemukan planet.

Di satu sistem tata surya VFTS 352, terdapat 2 bintang kembar yang sedang berciuman. Keduanya sudah sangat dekat dan saling menyentuh satu sama lain. Nantinya keduanya akan bersatu dan membentuk bintang tunggal yang lebih besar. Atau bisa saja menjadi lubang hitam biner.

Bertahun tahun bintang Polaris atau Bintang Utara dijadikan panduan, khususnya dunia pelayaran. Termasuk astrografer atau fotografer bintang yang ingin membuat trail dari lintasan bintang yang melingkar. Setelah dihitung ulang, bintang Polaris lebih dekat 100 tahun cahaya. Abad ini posisi berada tepat diatas, 14000 tahun lagi akan turun dibawah

Astronom telah melihat sebuah benda yang jaraknya 5000 tahun cahaya. Dan sebuah kejadian dalam 3 tahun dapat diamati oleh teleskop di rumah anda. Karena sebuah bintang Pulsar akan menarik satu bintang lain. entu saja kejadian tabrakan kedua bintang tersebut sudah terjadi di masa lalu.

Bintang di malam hari hanya tampak beberapa bintang yang cahayanya paling terang. Sedangkan bintang lain tidak terlihat seakan bersembunyi. Karena kekuatan cahaya bintang dihitung dengan angka magnitude, dan beberapa bintang memiliki jarak sangat jauh dari Bumi.



Dalam sebuah galaksi terdapat kelompok bintang di beberapa tempat yang disebut globular cluster. Dimana bintang tersebut berkelompok dan jumlahnya sangat banyak. Bila bintang disana menjelang mati, akhirnya diketahui bintang akan bergerak menjauh dari kelompoknya




No popular articles found.
< /body>