Belajar foto dengan lensa 24mm vs telezoom apakah cocok untuk foto landscape


Digital | 10 November 2015

Lensa Wide Angle atau sudut lebar untuk foto landscape seperti pemandangan membuat bidang gambar lebih luas. Apakah lensa telephoto atau lensa telezoom ini dapat digunakan untuk foto landscape. Tentu saja bisa, tapi objek yang diambil adalah bagian depan.

Tekniknya komposisi dari objek gambar. 2 percobaan dari lensa 24mm dibanding lensa telezoom. Yang berubah adalah posisi fotografer dalam mengambil gambar.

Camera dengan lensa 24mm maka fokus objek yang diabadikan, fotografer lebih maju dan mendekati objek foto ke arah depan. Karena lensa wide sangat baik untuk mengambil objek dekat dengan latar belakang pemandangan. Dengan lensa 24mm efek getaran tangan tidak terlalu masalah. Misalnya diabadikan dengan 50s f16 ISO 400 24mm.

Hasil foto Landscape dengan lensa 24mm

Dengan lensa telezoom dengan aperture f2,8. Dengan lensa telezom. Komposisi gambar mengharuskan fotografer lebih mundur dari objek yang akan diambil

Setting camera 1600s, f2.8, ISO400 105mm

Hasil foto Landscape dengan lensa telezoom

Dengan lensa telezoom, deep of field lebih terlihat, seperti latar belakang dapat dibuat blur. Dengan lensa telezoom, efek bokeh juga terlihat dan foto lebih menarik.

Dan setting 1/640s f2.8 ISO200 70mm, gambar lebih tajam dan menarik seperti dibawah ini

Hasil foto Landscape dengan lensa 24mm



Bila tidak menargetkan pemandangan dengan bidang lebar. Lensa telezoom dapat digunakan untuk foto pemandangan, khususnya untuk objek dibagian depan.

Pelajaran ini diberikan oleh Mike Browne


Berita terkait
Mengabadikan galaksi di kota sangat berbeda dibanding daerah bebas cahaya, dimana daerah yang tepat. Foto galaksi Bima Sakti di atas Jakarta 4 Juli 2016 jam 1:45, inti galaksi yang tidak pernah kita lihat. Pada tanggal 18 April 2016, dengan mudah untuk membuat foto galaksi di tempat terang dari tengah kota. Teknik foto galaksi Bima Sakti

Membuat video dari camera, kesulitan adalah posisi camera ketika mengambil sudut tertentu. Satu tip membuat stabilizer camera dengan alat sederhana agar camera lebih stabil ketika mengambil video dengan objek bergerak



Fotografer cupu yang beruntung mengabadikan sebuah objek. Tidak disangka mendapatkan beberapa foto unik. Bukan keahlian saja, waktu, kadang keberuntungan datang sendiri. Seperti membuat foto dari beberapa fotografer amatir dengan foto mereka yang unik

Setiap foto memiliki nilai, tapi membuat foto yang WoW disebutkan perencanaan, atau dihasilkan pada situasi yang beruntung. Membuat foto dengan nilai 4 sangat sulit dalam kondisi biasa, bintang 5 membuat foto seperti ini adalah sempurna dan tanpa cela.

Foto landscape atau pemandangan dengan bidang lebar. Mungkin ada yang frustasi karena gambarnya kurang tajam, karena setting camera untuk Landscape berbeda dibanding setting fot lain. Ada teknik untuk belajar foto Landscape yang disebut Sunny f16.

Setting Shutter Speed berguna dalam beberapa objek, dibagi dari Ultra Fast, Fast, Normal dan Slow. Setting ini menentukan objek apa yang diambil. Mengabadikan benda bergerak seperti pesawat atau mobil F1 sangat dianjurkan mengunakandengan Ultra Fast atau Fast

Belajar F Stop, memperkecil lubang lensa tidak membuat detail gambar lebih tajam. Walau seluruh gambar terlihat lebih baik dan tidak tampak blur dibelakang fokus. Efek ini disebut Lens Diffraction, semakin besar F maka cahaya yang masuk ke lensa mengalami perubahan sampai di sensor camera.



Bagaimana nilai seorang fotographer berpengalaman dengan fotografi Landscape. Elia sudah keliling ke beberapa negara untuk mengabadikan tempat indah. Termasuk foto di Bromo selama 8 hari menjadi salah satu foto yang paling dikagumi.




No popular articles found.