Perangkat gaming 4K apa yang perlu diketahui


Hardware | 9 November 2015

Harga monitor 4K mulai menyentuh ke harga terjangkau.

Kebutuhan computer game 4K bukan monitor saja.

Bagi sebagian gamer mengunakan layar lebar dengan resolusi 3840x2160 pixel atau 4K, membutuhkan perangkat lebih besar dari monitor.

Harga monitor 4K saat ini sudah turun, Acer 23,9 inci atau LG 24UD58-B sekitar $300.
Monitor  Dell S2817Q dan AOC U2879VF ukuran 28 inci sekitar $330. Mengunakan panel TN yang lebih cepat dibanding LCD IPS
Awalnya harga 4K mencapai $500 keatas. Dell, AOC dan Asus mulai menawarkan monitor 4K lebih murah. Notebook juga menarik produsen, mulai muncul notebook dengan monitor 4K.

Beberapa disain hardware monitor umumnya mengunakan panel seperti IPS, VA dan TN panel
  • IPS adalah In Plane Switching, memberikan warna lebih baik, dan sudut pandang monitor lebih lebar dibanding TN. Tetapi monitor IPS cukup lambat, khususnya untuk refresh monitor.
  • VA adalah Vertical Alignment panel, memiliki beberapa kelebihan dibanding TN. Kontrasi lebih baik dibanding panel TN dan IPS
  • TN adalah Twisted nematic, dimana monitor dengan panel ini lebih terjangkau. Memberi kecepatan monitor lebih baik, khususnya refresh rate. Tapi untuk warna bukan yang terbaik dibanding 2 panel diatas.
Untuk mereka yang menyukai grafik, sebaiknya memiliki monitor dengan panel IPS. Untuk gamer, disarankan mengunakan panel tipe TN.

Itu bagian montor, bagaimana dengan satu komponen ini. Port VGA.
Kartu grafik atau VGA berhubungan dengan input di monitor. Kecepatan monitor 4K membutuhkan port tipe HDMI 2.0 atau DisplayPort untuk mencapai refresh rate 60Hz.

HDMI 1.1 dan DVI hanya mampu menampilkan kecepatan gambar pada refresh rate 24-30Hz, bahkan lebih rendah lagi. Bila anda mengunakan port jenis tersebut, maka layar dengan kecepatan 24Hz membuat gerakan mouse seperti animasi. Bahkan tampilan game menjadi kurang baik.

Bagian terpenting - VGA.


Bila anda memainkan game Middle Earth Shadow of Morder, maka dengan setting Ultra kecepatan VGA kelas atas seperti Radeon Fury X dan GeForce GTX 980Ti. Hanya menampilkan frame rate 38 fps di layar 4K.
Game Dragon Age Inquisition. Dengan kedua VGA tersebut hanya tampil 25,7 fps dan 27,3 fps dengan setting ultra di layar 4K.

VGA Nvidia Titan X, GTX 980 Ti dan AMD Fury X cukup mengunakan single VGA di 4K.
Titan X sekitar $1000. Tetapi hanya beberapa game yang mampu menampilkan kecepatan 60fps di 4K, selebihnya akan berada di 35-45fps.

VGA terbaru untuk 4K. GTX 1070 dan Radeon RX Vega 56. Harga diantara $350-400. Adalah VGA minimum untuk 4K.

VGA yang tepat untuk 4K. GeForce GTX 1080 dan Radeon RX Vega 64, tetapi harga keduanya $500. Untuk frame rate dapat mencapai diatas 45fps.
Pilihan VGA terbarik untuk 4K, GeForce GTX 1080Ti dengan biaya $700. lebih tinggi 25-35% dibanding GTX 1080.

Bagaimana dengan single atau dual VGA
Coba pasang dengan dua buah VGA Fury X Crossfire atau GTX 980 Ti SLI, atau Radeon 390 dan GTX 970 yang harganya lebih murah. Dengan tampilan monitor FreeSync dan GSync, gambar hanya tampil 60 fps. Jadi perangkat game 4K itu tidak murah.

Untuk memuluskan tampilan game 4K setidaknya dibutuhkan dana saat ini $650 untuk 2 VGA high end paling murah. Belum power supply yang besar, belum procesor, belum RAM dan storage.
Dengan 2 Radeon 390X terpasang 2 unit atau Crossfire, setidaknya membutuhkan power 500W. Maka dibutuhkan Power supply untuk computer sekitar 1000W.
Bila satu computer sudah memiliki 1 VGA high end, lalu upgrade dengan dual VGA. Artinya satu VGA perlu ditambah. Dengan menambah 1 VGA otomatis power supply perlu diganti.
Karena tidak semua game mendukung dual VGA.

Untuk bongkar pasang hardware computer, minimal dana untuk upgrade $1300 dengan menganti monitor, menambah 1 VGA dan menganti power supply. Itupun bila case computer cukup besar untuk menampung 1 VGA baru. Ditambah listrik di rumah memang cukup.

Dengan kata lain, jangan bermimpi melihat game 4K untuk bermain game, atau lupakan bermain game 4K walau anda berencana membeli monitor 4K. Walau monitor sudah murah, harga perangkat lain perlu ditambah dan biayanya lebih mahal lagi. Mungkin bukan hari ini untuk memainkan game 4K, mungkin 2-3 tahun lagi barulah harga perangkat game 4K lebih terjangkau.

Perangkat gaming 4K apa yang perlu diketahui

Untuk membangun computer gaming 4K tidak kurang dari $1.400 dengan hardware minimum. Terlalu mahal untuk konfigurasi computer performa 4K.

Berita terkait
Perkiraan pertumbuhan game akan meningkat, dan transisi terjadi antara game console akan dikalahkan oleh PC game pada tahun 2016. Satu jurnal dari Energy Effiiciency menyebut computer gaming boros listrik dan menghabiskan 75 terawatt jam setahun. Pengembang game melihat potensi gamer dalam kekuatan global menyelamatkan planet melalui permainan

Butuh kemampuan computer kekuatan besar, satu lagi komponen computer dari G.Skill menawarkan kit DDR4 128GB. Memiliki kecepatan 3000Mhz dengan latency CL 14 14 14 34. Terdiri dari 16GB setiap modul dikalikan 8 unit modul yang terpasang di memory computer.



Bila anda tertarik membeli computer baru dengan procesor Skylake. Hati hati dengan tekanan di heatsink, kabarnya dapat merusak pin procesor dibawah procesor. Bila tekanan heatsink terlalu kuat. Update malah bisa bengong

Corsair membuat pendingin VGA watercooler tipe HG10 N980 dan N97. Dirancang khusus untuk VGA high end Nvidia. Untuk mounting pendingin atau kepala heatsink kompatibel bagi disain reference board asli Nvidia. Heatsink VGA high end dicabut dan diganti dengan kepala watercooler dari Corsair.




No popular articles found.
< /body>