Melihat pesawat tempur F 35 terbang vertikal


Stuff | 1 July 2015

Bagaimana cara kerja pesawat jet F 35 bisa take off vertikal dan stabil, bahkan bisa bermanuver seperti helikopter. Dibawah ini video di upload di Youtube, tetapi lebih jelas.

Walau sempat bermasalah, bahkan dianggap terlalu mahal. Jet tempur ini memang canggih. Bila "saja" negara kita memiliki 100 buah seperti F 35 ini. Apakah F-35 memang sehandal harganya.

Apakah pesawat jet F-35 ini unggul dalam pertempuran sesuai teknologi yang disandang. Ada kabar kurang baik dengan jet tempur termahal di dunia ini. Menurut test penguji kabarnya pesawat ini tidak cocok untuk manuver Dog Fight. Walau kecanggihan pesawat mampu tidak terditeksi oleh radar, ruang persenjataan yang tersembunyi di lambung pesawat, sampai kemampaun terbang vertikal dan stabil terbang seperti helikopter.

Ketika pesawat menghadapi pesawat tempur lain, ceritanya akan berbeda kata pilot yang menulis laporannya. Pesawat F-35 sebagai pesawat paling mahal dalam sejarah sempat dilakukan test melakukan Dog Fight. Pada Januari 2015, di Sea Test Range tepatnya diatas samudra Pasifik. F-35 harus menghadapi satu pesawat tua F-16D Block 40 sebagai pesawat jet tempur tua paling lincah milik Amerika.

Kedua pesawat melakukan simulasi manuver Dog Fight pertempuran jarak dekat. Targetnya F-35 harus menghindar dari kejaran dan mampu melumpukan F-16. Evaluasi difokuskan untuk efektivitas keseluruhan dalam manuver dan bertahan pada ketinggian 10km sampai 3km.

Ketika di uji F-16 membawa tangki bahan bakar cadangan di sisi sayap, sedangkan F-35 tidak membawa beban. Mungkin ada perkiraan bila F-16 dengan membawa tangki bahan bakar akan menyulitkan manuver pesawat tersebut. Masalah muncul di pesawat tempur F-35, posisi hidung pesawat berada lebih tinggi 20-26 derajat. Membuat senjata mesin untuk menembak pesawat di depan harus diturunkan oleh pilot penguji. Alih alih F-35 mencoba mengatur posisi senjata ke targetnya, pesawat F-16 sudah berpindah posisi dan mengelak.
Posisi lain yang kurang baik pada F-35 ketika pesawat F-16 mengejar di belakang. Pesawat F-35 tidak bisa melakukan manuver keluar dari sasaran tembak F-16. Kemampuan pesawat F-35 memang ditargetkan untuk datang diam diam, beli dan pergi. Atau serang dan kabur secepatnya.

Pilot penguji mengatakan tidak terasa nyaman dengan ruang kokpit untuk mengerakan kepala, karena ruangan yang sempit ketika melakukan manuver menghindar. Bahkan si pilot penguji mengatakan, pesawat F-15E tua sama handalnya untuk melakukan pengeboman seperti F-35. Khususnya dalam pertempuran jarak dekat atau target untuk pengemboman. Semoga informasi diatas benar, setidaknya F-35 belum terbukti kehandalannya dalam pertempuran.

Berita terkait
Pesawat jet Thunderbolt A-10 dengan nama Warthog dirancang khusus untuk penghancur tank. Membawa senjata mesin tipe GAU-8 yang ditanam di depan hidung pesawat seukuran VW kodok. Tetap dioperasikan sampai tahun 2022, sisa pesawat mungkin mendapat sayap baru. Rahasia kekuatan Thunderbolt tank terbang.

Pesawat tempur F 16 disebut Fighting Falcon, tapi pilot lebih memilih nama Viper. Pesawat ini relatif murah tapi lincah dalam pertempuran. Keunikan pada bagian jendela  pilot bisa melihat seluruh sudut sampai 360 derajat. Digunakan di Suriah dengan taktik Wild Weasel



Pesawat pembom B2 Spirit adalah pesawat Stealh Bomber, menjadi pertahanan udara paling mahal milik Amerika. Tidak aktif terakhir tahun 2013, kembali melakukan serangan pada Januari 2017. Mengapa pesawat ini harus melakukan misi di Libia. Walau disana tidak ada yang membahayakan bagi serangan udara.

Pesawat F16 dari Turki mendarat sangat dekat dengan penonton yang berada di ujung landasan. Pesawat landing di acara Waddington Airshow. Asli bikin kaget penonton yang ada di ujung sana.

Kapten Mark biasa menerbangkan pesawat bomber Lancer B-1B. Tapi pada tanggal 30 Desember tahun lalu tidak sengaja dia harus menangani pesawat Boeing 737 yang membawa 151 penumpang. Pilot pesawat United Flight 1637 mendadak terkena serangan jantung.

Satu rekaman video takeoff dan landing dalam kondisi Crosswind direkam menjadi kompilasi video tahun 2013-2014. Rekaman dari bandara BHX Birmingham Inggris ini harus memastikan para penumpang untuk mengenakan sabuk pengaman.

Secara tidak sengaja layanan Map Bing menangkap gambar pesawat tempur buatan Rusia. Diperkirakan pesawat tersebut tipe Mikoyan Project 1.44. Informasi lain disebutkan pesawat sejenis dikembangkan oleh China.



Harian Washington Post melaporkan sekitar 24 sistem militer penting Amerika sudah dicuri karena diretas oleh hacker China. Kabarnya yang diambil adalah data rudal, pesawat tempur dan kapal perang.

Camera 1.8 Gigapixel dikembangkan oleh perusahaan pembuat perangkat militer DARPA. Alat tersebut dinamai ARGUS-IS untuk kegiatan mata mata. Dapat dipasang pada pesawat Drone tanpa awak untuk memantau sebuah area.

Pesawat tanpa awak EuroHawk buatan Eropa sedang diuji coba. EuroHawk menjadi pesawat UAV pertama dan terbesar, dirancang untuk mengumpulkan data intelijen dari ketinggian 60 ribu feet atau sekitar 20 ribu meter.




No popular articles found.
< /body>