Video Nasa Thermonuclear Matahari 4K dari satelit SDO


Science | 3 November 2015

Nasa merekam video dari pesawat observasi ruang angkasa Dnamic Observator - SDO. Dimana pesawat tersebut terus memantau kondisi matahari selama 24 jam. Satelit SDO mampu mengambil 10 gelombang panjang berbeda dari aktivitas matahari. Dan setiap cahaya yang ditangkap menunjukan suhu berbeda beda, seluruhnya di rekam dengan resolusi sangat tajam 4K atau setara 4x layar 1080p.

Dengan ketajaman gambar tersebut, dapat membantu ilmuwan melihat sistem komplek dari magnetik matahari. Karena matahari memiliki magnit tidak tetap dan terus berubah ubah. Kadang permukaan magnit matahari bergerak sinkron, kadang menjadi kacau. Karena benda ini bukan materi padat, melainkan sebuah gas raksasa.

Matahari adalah bintang, memberikan sinar ke seluruh tata surya. Matahari adalah bintang terdekat di planet kita, memiliki ukuran sedikit lebih besar atau diatas rata rata bintang lain di galaksi kita.

Video Nasa Thermonuclear Matahari 4K dari satelit SDO

Pergerakan matahari tentu berdampak dengan planet terdekat termasuk Bumi. Satelit SDO diluncurkan bulan Februari 2011 lalu, sebagai mata para ilmuwan di Bumi untuk melihat kegiatan matahari.

Dibawah ini video dari matahari kita , kadang tenang kadang bergejolak. Dipublikasikan oleh Nasa pada 1 November 2015. Video direkam selama 10 jam dengan durasi 1 menit. Total rekaman selama 30 menit atau sekitar 300 jam aktivitas matahari


Berita terkait
Bintang T Ursae Minoris adalah bintang besar berukuran 2x lebih besar dari matahari. Masuk bintang raksasa yang sekarang sedang membengkak, mulai berdunyut. Ilmuwan berharap dapat menyaksikan bintang T Ursae Minoris ketika memasuki masa akhir. Dimana skala kehidupan manusia dapat melihat secara langsung kematian bintang.

Belajar elemen table periodik dan isotop sekarang lebih mudah termasuk benda yang sudah jadi.3 elemen paling langka dialam semesta terbentuk dari aktivitas ekstrem. Karena Boron Lithium dan Berilium terbentuk dari aktivitas lubang hitam, elemen tubuh manusia berasal dari ruang angkasa. 6 elemen utama membentuk kehidupan di alam semesta.



Matahari adalah sebuah bola gas raksasa. Masuk sebagai bintang ukuran G2, sedikit lebih besar dari bintang terbanyak di galaksi Bima sakti. Usianya 4,5 miliar tahun, disebut usia remaja. Tornado matahari bukan berputar tapi naik ke atas. Lalu apa yang dimaksud dengan Bintang.

Perubahan musim ditandai dengan Equinox, tepatnya pada tanggal 21 Maret dan 21 September. Di negara dengan 4 musim akan mengalami waktu musim transisi. Dan di seluruh dunia akan mengalami waktu yang sama antara waktu siang dan malam

Bintang Betelgeuse saat ini sedang sekarat. Ahli astronomi memperkirakan dahulunya bintang ini memiliki kembaran dengan ukuran lebih kecil dan bergabung. Awal perkiraan memiliki ukuran 200x dari matahari, ESO mengatakan bintang ini mencapai 1000x lebih besar. Bintang Betelgeuse diabadikan dengan resolusi tinggi, dipublikasikan 26 Juni 2017 oleh ESO

Benda antariksa terbesar berdasarkan kategori. Bumi pernah di tabrak  meteor seukuran 10km dan memusnakan dinosaurus. Bila asteroid Ceres berukuran 1000km nyasar ke bumi. Struktur terbesar dengan nama BOSS memanjang 1 miliar tahun cahaya. Kenyataannya ada yang sangat besar sekali.

Sebuah asteroid ditemukan pada tahun 2013, dan diberi nama asteroid 2013 TX68. Tidak menabrak bumi, hanya melintas dekat bumi pada 5 Maret 2016. Tim Nasa mengatakan itu paranoid saja, posisi asteroid ini terbang jauh dari bumi dengan perkiraan ukuran sebesar 30m atau seukuran lapangan basket.



Badai matahari tahun 2012 nyaris membuat umat manusia ke jaman batu. Tepatnya 23 Juli 2012 atau dua tahun lalu, matahari menyemburkan badai gas plasma sangat besar. Menurut Nasa, kejadian gas plama tersebut mengarah  ke bumi dengan selisih waktu 1 minggu

Apakah ada bintang yang paling jauh di pinggiran dari galaksi kita. Apakah hanya bintang yang berada di radius 100 ribu tahun cahaya.Bintang ULAS J0744+25 dan ULAS J0015+01 jaraknya 750 ribu dan 900 ribu tahun cahaya.

Pada malam hari, Bumi akan tampak gelap bila tidak ada bulan. Mengapa bulan memantulkan cahaya dan memberikan cahaya sinar bulan ke bumi. Bulan memantulkan cahaya dari matahari, terkadang bersinar sangat terang. Bulan memantulkan cahaya antara 3-12% yang diterima dari cahaya matahari.

Dijelaskan secara ilmiah dengan kehidupan di bumi dan kapan akan berakhir. Planet bumi tetap akan menghadapi kehancuran dalam beberapa ribu tahun sampai miliaran tahun kedepan. Semua planet suatu hari akan bubar. Termasuk skala galaksi, kedepan akan tetap hancur.

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi.




No popular articles found.