Oktober 2015
Teknologi smartphone memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi atau menikmati hiburan.

Tetapi banyak yang salah mengunakan smartphone. Mereka mengunakan di tempat yang tidak semestinya.

Apa yang salah dengan mereka, sangat jelas karena terlalu memperhatikan smartphone. Bahaya tidak hanya chatting, tapi dapat terjadi ketika berbicara dengan ponsel di jalan raya.

Smartphone memudahkan tapi apakah anda tahu salah mengunakan perangkat ini dan memakan korban. Mereka yang jalan di trotoar bisa nyemplung ke kolam karena terlalu asik memperhatikan smartphone. Tapi apakah anda pernah melihat kecelakaan di jalan ketika seseorang terlalu memperhatikan smartphone.

Gambar ini memperlihatkan dengan jelas, mengapa smartphone berbahaya digunakan di jalan raya. Bukan jatuh atau terluka, tapi...
Bila anda sering chatting atau berjalan sambil berbicara dengan ponsel, hentikan kebiasaan tersebut. Beberapa gambar dibawah ini membantu kita berpikir dua kali mengunakan smartphone di jalan.

Bahaya mengunakan smartphone di jalan

Dibawah ini beberapa video kecelakaan dari mereka yang sedang mengunakan smartphone di jalan raya. Rekaman video terlihat diambil di beberapa kota.

Bila anda memiliki rekan yang memiliki kebiasaan menelpon, sms dan chatting dengan ponsel /  smartphone. Peringatkan kepada teman anda. Benar benar sial bila seseorang mengalami kecelakaan hanya karena membaca sebuah pesan. Bahkan pesan sekedarnya seperti Halo Sayang, Halo cantik yang berakhir di rumah sakit



Juli 2017
Rekaman ini detik terakhir ketika Nikol Barabasova berusia 22 tahun sedang streaming di dalam kendaraan melalui layanan streaming Facebook dilansir dari media New York Post
Dia berada di dalam kendaraan VW dengan kecepatan 119 km di Obrnice republik Ceko sambil bercengkrama. Tetapi tidak beberapa lama, kendaraan menghantam penghalang.
Terlihat di video, pengemudi berusaha mengendalikan kendarananya, tapi naas kendaraannya terbalik.
Ketika smartphone terjatuh, masih terus merekam kejadian kecelakaan tersebut dan hanya terdengar bagian wiper yang menyala akibat kecelakaan.
Dalam kejadian ini Nikol meninggal, sedangkan rekannya dikabarkan dibawah ke UGD akibat cedera kepala serius.

Teknologi memudahkan, bila kita mengabaikan maka bahaya akan mengancam diri kita maupun orang lain.




Perusahaan Asuransi naikan premi kendaraan karena smartphone
Badan  State Farm Mutual Automobile Insurance Co, melakukan survei tahun 2015 dimana 36% orang mengunakan SMS, 29% mengunakan internet ketika berkendara.
Usia 18-29 tahun pengemudi menjawab, 64% bilang mengunakan smartphone untuk mengirim pesan selama berkendara. Separuh mengatakan mengunakan internet ketika di belakang kemudi.
Badan keamanan jalan raya mengatakan kecelakaan memakan korban di Amerika naik 7,2% di tahun 2015. Penguna smartphone di kendaraan terus meningkat dan menyebabkan banyak kecelakaan

Harian WSJ Journal menunjukan perusahaan asuransi tidak mau merugi untuk menanggung klaim kendaraan akibat ulah pengemudi. Karena semakin banyak kecelakaan akibat mengunakan smartphone. Masih tertarik mengunakan smartphone di jalan ?. Informasi diatas dapat dijadikan pertimbangan kita