Layanan kapal pesiar menawarkan tarif yang mahal, layanan kelas satu, makanan dan minuman tentu harganya sangat mahal.

Ditambah fasilitas di kapal yang luar biasa. Tidak semua orang mampu membayar liburan dari layanan kapal pesiar.

Sekarang ada layanan kapal cargo untuk keliling dunia dan biayanya lebih murah, mengunakan kapal angkut raksasa dan anda bisa mendatangi beberapa pelabuhan dari Eropa sampai Asia.

Salah satu wisatawan yang ikut di kapal angkut raksasa bercerita dengan liburan disana. Makanan sangat biasa, dan anda harus mengikuti kemana saja kapal harus pergi. Seorang pensiunan petani usia 72 tahun bercerita dia telah melakukan 10 kali perjalanan dengan kapal cargo raksasa. Dari Asia, Eropa sampai Amerika Utara. Yang dibutuhkan adalah waktu, satu perjalanan memekan waktu nonstop 110 hari tanpa henti dari Dunkirk di Utara Perancis sampai Singapura kata Mc Guffick. Cocok bagi anda yang ingin menghilang dari dunia untuk sementara waktu dan berada di dalam kapal.

Biaya untuk ikut kapal kargo dikenakan $115 perhari. Anda mendapatkan makan 3x dan tempat tidur. Bisa ngobol di ruang kapten, atau bicara dengan tim mekanik kapal cargo. Untuk kebersihan penumpang harus rajin membersihkan ruang tidur sendiri, karena tim kapal hanya datang membersihkan ruang kamar 1 minggu sekali. Tidak ada layanan laundry, penumpang harus mencuci sendiri. Tidak ada kolam renang besar, kadang hanya satu kolam kecil di dalam kapal. Layanan lain seperti jaringan internet yang terbatas, meja ping pong, pilihan CD dan DVD serta buku masih disediakan.

Walau kenyamanan bagi wisatawan di kapal cargo sangat minim. Ternyata ada saja turis yang tertarik. Julie Richard mengatakan dia mengatur sekitar 200-300 wisatawan setiap tahun, untuk berlayar dengan kapal cargo kapal Freighter Expedition di Sydney. Penumpang harus memesan satu bulan di depan untuk rute favorit seperti rute ke Cina dan Eropa

Setiap hari Julie mendapatkan 10-20 email, dan 75% yang diterima ditolak. Pengalaman berlayar dengan kapal cargo sangat cocok untuk mereka yang berpetualang, termasuk yang sudah pensiun atau mereka yang muda untuk pengalaman baru. Saat ini sekitar 50 ribu kapal cargo hilir mudik membawa barang antar benua.

Perusahaan Hamburg Sued Group menawarkan layanan penumpang untuk rute biji besi dari Brasil ke Eropa. CMA CGM sebagai perusahaan kapal nomor 3 dunia menawarkan perjalanan dengan kapal cargo yang seukuran 4x luas lapangan bola untuk rute Southhampton, Inggris sampai ke Ningbo di Shanghai.

Ada lagi yang paket hemat. Dari Port Klang di Kuala Lumpur. Cukup membayar $1800 dengan perjalanan 14 hari untuk mampir ke beberapa pelabuhan di China. Biaya tersebut sudah termasuk makanan dan biaya pelabuhan.

Layanan bagi wisatawan di kapal cargo tentu menyesuaikan dengan fasilitas yang ada. Ada yang menyediakan tempat tidur ganda, atau twin bed. Ada juga kapal dengan kabin berkarpet, kamar mandi sendiri, lemari, meja pribadi. Masing masing fasilitas diberikan sesuai kondisi ruang di kapal saja.

Bisa dibandingkan dari biaya Carabbean Cruise sebagai kapal pesiar, biayanya $239 perhari untuk atau lebih dengan jendela kamar menghadap keluar. Dan layanan kapal pesiar sekitar 12 hari dengan 2.974 penumpang. Tentu saja fasilitas di kapal pesiar jauh lebih nyaman, karena ditujukan khusus untuk liburan.

Sementara dengan kapal cargo memiliki ukuran sama besar, mencapai ketinggian 10 tingkat dari permukaan laut. Tapi tidak menjanjikan untuk menikmati pemandangan dari seluruh ruang kapal seperti di kapal pesiar. Karena penumpang hanya melihat 15000 kontainer di depan mereka.

Kapal kontainer untuk liburan lebih lama dibanding kapal pesiar

Thor Pederson menceritakan perjalanan dengan kapal kontainer Desember 2016
keliling separuh dunia tanpa mengunakan pesawat. Tapi dia tidak dapat mengatur perjalanannya sesukanya. Karena dia naik kapal kontainer dan terus berlayar, setidaknya baru separuh dunia sudah dikunjungi. Berapa biayanya, katanya murah sekali.

Thor mengatakan targetnya sudah 3 tahun. Dan telah mengunjungi 121 negara, bahkan dia belum pulang ke rumah selama jalan jalan. Kadang dia tidak mendapatkan koneksi internet selama 3-4 hari. Sedih, tentu tidak karena itu yang dicari. Menghilang selama liburan
Thor memulai perjalanan dari Belgia Luxembourg pada 16 Oktober 2013, dan keliling Eropa sampai Maret 2014. Juni 2014 berlayar sampai ke Meksiko, Guatemala, dan negara lain sampai Oktober 2014
Lalu menyeberang sampai ke Grenada, Karibia, Barbados, Jamaika dan kembali ke Amerika Latin Maret 2015.
Masuk ke Afrika April 2015, sampai Juli 2016 tiba di Madagascar total 1.000 hari.

Di kapal barang, Thor mengatakan ada sistem penyulingan air. Dan mesin kapal juga sangat panas, membuat air di kapal ikut panas. Enak, tentu saja karena air panas gratis selama perjalanan. Thor kadang duduk di anjungan atau tidur, membaca buku. Hiburan terindah melihat paus.

Apa yang menakutkan. Ketika kapal melintas laut Atlantik Utara, perjalanan seharusnya hanya 8 hari. Tapi cuaca buruk, membuat kapal hanya berlayar dengan kecepatan 4 knot dan di ombang ambing oleh ombak. Thor menanyakan ke kru kapal apakah ini normal. Mereka tertawa, ini bukan apa apa.
Bagaimana tidur di kapal  Dalam kondisi tertentu tidak nyaman. Anda akan terguling dari tempat tidur anda, kursi, bisa saja terbalik ketika cuaca buruk.

Bagaimana menumpang kapal barang.
Beberapa kapal kontainer menawarkan pelayaran untuk kabin penumpang. Anda dapat menghubungi di situs perusahaan mereka, agen perjalanan yang mengenal untuk kabin penumpang wisata, atau membayar ketika ingin berlayar. Di kapal barang, wisatawan dapat bekerja, atau tidur, makan, dan rekreasi.
Bagaimana Thor mendapatkan ijin ikut berlayar. Dia melakukan perjalanan sebagai duta palang merah dari Denmark. Kadang kapten kapal membuka pintu dengan hal seperti ini. Mereka sudah berlayar selama 40 tahun, tentu memiliki cerita tersendiri. Mereka hanya ingin melihat siapa orang gila ini, yang ingin keliling dunia tanpa naik pesawat. Jadi saya diterima dengan baik, bahkan makan dengan kapten kapal.

Thor membayar $15 perhari untuk kabin dan makan. Dan biaya asuransi $60. Mereka ingin saya menulis cerita bagaimana indahnya melakukan perjalanan dengan kapal laut.
Ketika kapal sandar aturannya akan berangkat kembali dalam 24 jam. Prakteknya kapal bisa saja hanya sandar 8 -14 jam. Setelah kapal menurunkan barang dan berangkat berlayar. Bila tertinggal, maka perlu menunggu 1 bulan untuk ikut kapal berikutnya.

Kapal kontainer untuk liburan lebih lama dibanding kapal pesiar

Tertarik - dapat melihat biaya di Cargo Ship Voyages