Beberapa model smartphone mulai ditawarkan tanpa slot microSD. Alasan dari produsen beragam, seperti produsen sudah menyediakan storage kapasitas besar dan cukup untuk penguna. Tapi apa benar kebutuhan tersebut, atau sebaiknya mencari smartphone yang menyediakan slot microSD.

Mungkin kita bertanya, apakah kapasitas storage sudah cukup bila membeli smartphone tanpa tambahan slot microSD.

Beberapa alasannya dibawah ini.

MicrosSD dapat menambah storage smartphone anda. Terserah berapa kapasitas yang anda butuhkan. Jangan lupa beberapa smartphone terbaru dapat mengunakan internal memory sampai 128GB. Jauh lebih besar dibanding standar internal storage smartphone yang tersedia.
Sebagai manusia, kita tidak pernah puas dengan kebutuhan. Sekarang dengan internal memory smartphone 16GB sudah cukup, tahun depan akan memubutuhkan kapasitas lebih besar. Sedangkan umur smartphone bisa saja dipakai selama 3 tahun lebih. Pertama kali kita membeli smartphone dengan kapasitas 4GB, rasanya sangat besar. Satu tahun kemudian sudah terasa sangat kecil, karena kegiatan dari foto, video dan data yang dibawa di dalam smartphone.

Umumnya smartphone mengunakan aplikasi dari pabrikan yang disebut Blotware. Aplikasi tersebut tidak dapat dihapus dari internal memory smartphone. Kadang banyak aplikasi yang tidak kita perlukan dan hanya membuat sesak kapasitas storage internal.

Harga microSD sekarang sudah murah. Dengan 32GB saja paling murah sudah mencapai 13 dollar, atau 64GB hanya 25 dollar. Smartphone seharga 1 jutaan, dengan menambah sedikit untuk membeli microSD maka smartphone anda dapat dijadikan storage berjalan.

Dengan menambah microSD di smartphone Android terbaru. Dapat mengunakan kapasitas storage lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Smartphone setidaknya dapat menambah memory 64GB dari microSD.

Storage dengan OS Android 6 atau Marshwallo terbaru nantinya membuat data lebih aman. Dan seluruh data dapat di enskripsi agar tidak dapat dibaca oleh perangkat lain.

Video Full HD bahkan 4K yang direkam smartphone membutuhkan memory lebih besar. Tentu tidak masalah bila smartphone anda sudah memiliki tambahan storage dari microSD mulai dari 32GB bahkan 64GB.

Apakah kebutuhan storage pada smartphone penting. Tentu anda yang menentukan, dan melihat kebutuhan di masa mendatang.

Smartphone anda butuh microSD slot mengapa penting