Astronomi Mei 2016 Mars paling dekat 31 Mei hanya 75.3 juta km


Shortstory | 26 May 2016

Jarak Mars paling dekat ke Bumi Mei 2016

Bulan ini dapat melihat planet Jupiter, Mars , Merkurius dan meteor Lyrid.

Planet Mars tidak pernah lebih dekat ke Bumi sejak November 2005.

Puncaknya akan terjadi pada 30 Mei 2016. Jarak planet Mars ke Bumi kali ini mencapai jarak 75.3 juta mil.

Dan terlihat lebih terang tahun ini. Pada 30 Mei 2016, Mars akan bergerak ke arah timur dan keluar dari retrograde.

Sebelum 30 Mei, posisi Mars akan segaris antara Matahari, Bumi dan Mars pada tanggal 22 Mei sebagai posisi terbaik mengabadikan Mars.

Dan pada tanggal 30 Mei 2016, jarak Mars ke Bumi hanya 75.3 juta km. Menjadi jarak terdekat antara Mars ke Bumi, setiap 11 tahun sekali dengan jarak yang sama
Tapi jarak lebih dekat akan terjadi pada tahun 2018 dengan jarak 57.6 juta km

Gambar dibawah ini salah satu cahaya paling terang di sisi kanan atas adalah planet Mars. Diambil pada 29 Mei 2016

Astronomi April 2016 apa yang dilihat

Untuk melihat cahaya planet Mars dengan waktu Indonesia. Tanggal 31 Mei 2016 jam 4 pagi lewat 34 menit, ketika planet Mars mencapai jarak 1,52 AU atau 1,52x jarak Matahari ke Mars. Planet Mars memiliki orbit ke Matahari setiap 26 bulan. Waktu paling tepat melihat cahaya Mars pada tengah malam mulai 28 atau 29 Mei 2016

Jarak Mars ke Bumi pada tahun 2003 pernah mencapai 56 juta km dan jarak tersebut baru kembali terulang di tahun 2287. Nasa






Astronomi April 2016 apa yang dilihat

Nasa Tumblr

Planet Merkurius.
Untuk melihat planet ini, waktu terbaik bulan April, Mei pada malam hari, dan Oktober, November ketika menjelang pagi.

Mei 2016
Posisi planet Merkurius lewat tepat di depan matahari, tentu saja bentuknya terlihat dari Bumi. Tepatnya pada tanggal 9 Mei 2016, merupakan pemandangan langka dan terlihat penuh walau posisi orbit planet Merkurius agak miring dibawah matahari.

Transit planet Venus berbeda dibanding Merkurius. Planet Venus hanya terjadi 2 kali dalam 100 tahun. Terakhir lewat di depan matahari pada tahun 2012, berikutnya baru terjadi lagi pada 2019

Transit planet Merkurius memiliki orbit paling dekat ke Matahari. Beruntung kejadian langka ini dapat terjadi 13-14 kali dalam satu abad (100 tahun).
Berikutnya baru terjadi kembali 3,5 tahun atau pada 11 November 2019. Di abad ke 21 (sampai tahun 2100) ini, planet Merkurius akan lewat di depan matahari sebanyak 10 kali.

Transit planet Merkurius terjadi pada 9 Mei jam 7:12 a.m EDT sampai 15 EDT. Karena orbitnya lebih dekat ke matahari, ketika transit selama 8 jam untuk diabadikan.
Indonesia tidak dapat melihat planet Merkurius ketika lewat di depan matahari. Karena terjadi pada jam 6 WIB dan matahari sudah turun dari garis horison.


Dibawah ini perkiraan waktu Merkurius ketika lewat di depan matahari, pada jam 10 malam WIB dengan aplikasi Skymap

Astronomi April 2016 apa yang dilihat

Seluruh wilayah yang dapat melihat transit Merkurius, darai Amerika Utara bagian timur, sebagian besar Amerika Selatan, Eropa Barat, pantai barat Afrika, Afrika dan sebagian di negara Asia. Wilayah yang tidak dapat melihat transit Merkurius 9 Mei 2016 ini adalah negara di Asia Timur, Indonesia, Australasia.

Merkurius transit di depan matahari.





Video planet Merkurius ketika transit diambil dari satelit SDO Nasa



Update dari Nasa video Timelapse SDO Captures Mercury Transit Time-lapse . Begitu dekat dan kecilnya planet Merkurius ketika melewati matahari dan tertangkap satelit SDO untuk observasi matahari. Menjadi planet ini sangat panas. Sementara manusia melihat kekuatan alam semesta dengan kekuatan matahari sebagai bola gas raksasa yang terbakar begitu besarnya.

Tidak tergoreng untuk hari ini saja, tapi sudah berlangsung jutaan tahun lalu. Dan mengalami panas berjuta juta tahun ke depan sampai suatu hari gas di matahari akhirnya habis terbakar dan tamatnya seluruh kehidupan di tata surya.



Planet merkurius transit foto di Washington DC 9 Mei 2016

(Time)

Merkurius ketika transit di depan matahari terlihat di Bulgaria

Planet merkurius transit foto di Bulgaria 9 Mei 2016

Informasi dari Nasa Tumblr

Berita terkait
Sekitar 10 planet seperti Bumi, yang jaraknya cukup jauh dan ada dekat ke Bumi. Ukuran planet yang ditemukan ini masuk dalam zona kehidupan, atau manusia bisa tinggal. Walau ukuran planet masih dalam perkiraan karena sebagian besar planet yang berpotensi memiliki ukuran lebih besar dari Bumi

Sebuah tim astronom internasional menemukan planet gas seperti Jupiter yang mengitari sebuah bintang. Jarak dan bintangnya mirip seperti tata surya kita. Bahkan jarak planet seperti Jupiter di tata surya HIP 11915 memiliki jarak yang mirip seperti Jupiter di tata surya kita sendiri. Apakah ada bumi lain disana.



Planet VHS 1256b tidak terlalu jauh dari Bumi, hanya 40 tahun cahaya. Tapi ukuran planet tersebut sangat besar, dan mengorbit ke sebuah bintang katai merah yang kecil. Usia tata surya disana masih sangat muda, diperkirakan tidak lebih dari 300 juta tahun, bandingkan dengan tata surya kita sudah lebih dari miliaran tahun.

Dari semua planet di tatasurya memiliki keunikan tersendiri. Planet bumi adalah planet yang memiliki lapisan atmofer tebal dan memiliki oksigen. Mendukung kehidupan manusia saat ini. Tapi 2 planet lain menjadi planet terpanas, dan satu paling indah

Sebuah meteor jatuh di Rusia 15 Februari 2013 jam 9;20, lokasi di Ural. Membuat jaringan internet dan telepon sempat terputus. Meteor menabrak satu bangunan pabrik sampai roboh. Meteor jatuh tidak ditengah kota melainkan ke arah sebuah danau dekat kota Chebarkul.




No popular articles found.