SSD Samsung 950 kepanasan performa turun karena sensor temperatur


Hardware | 25 October 2015

Dari ComputerBase Jerman menguji dampak performa SSD time M.2 Samsung SM951 yang terhubung ke PCIe SSD dengan suhu di dalam case computer. SSD tersebut tidak memerlukan pendingin tapi benarkah SSD tersebut masih baik bekerja bila kepanasan. Data menunjukan berbeda bila SSD M.2 tidak dilengkapi pendingin membuat performa drop sampai 30% bahkan lebih rendah lagi.

Mengapa performa SSD mendadak turun hampir.Chip Samsung mengunakan Dynamic Thermal Guard. Berfungsi untuk melindungi chip dari overheating sampai suhu panas tertentu.  Sama saja seperti CPU modern bila kepanasan maka performa akan diturunkan sampai batas aman. Dimana procesor hanya mengijinkan 1 core untuk performa Turbo, tapi speed diturunkan dan anjlok kembali normal ketika seluruh 4 core bekerja.

Samsung menjelaskan performat tranfer SSD mereka mengalami Thortlling agar menghindari error data. Kinerja SSD Samsung misalnya akan mengalami penurunan bila mencapai suhu diatas 70 derajat Celcius untuk kecepatan maksimum. Kecepatan tranfer 1200MB/s akan dalam kondisi normal akan diturunkan sampai 900MB/s bila suhu panas sudah mencapai konstan diatas 70 deg.C untuk Samsung SM951. Sistem di SM951 memang lebih panas, dan kinerja SSD akan drop setelah konstan mencapai temperatur 82 deg.C

Sedangkan Samsung 950 Pro tetap bekerja normal walau suhu mencapai 73 deg.C. Setelah mendapatkan suhu konstan diatas 74 deg.C sampai kecepatan 0.

Bila mengunakan SSD dengan sistem proteksi suhu panas. Dipastikan SSD akan mengalami drop pada performa. Walau di case computer ditempatkan fan pendingin, belum memastikan performa SSD dapat bekerja normal.

Berbeda dari produk Intel SSD 750 dan Plextor M5E Black tidak menunjukan penurunan walau bekerja di suhu tinggi.

SSD Samsung 950 kepanasan performa turun karena sensor temperatur

Berita terkait
Tahun 2020 harga chip NAND stabil, SSD dan SDcard stabil Pasar industri computer lebih kecil dibanding musim tradisional beberapa tahun lalu. Tetapi tahun 2019 diperkirakan akan turun sangat tajam setelah produksi masal chip 64 layer dan 96 layer. Menariknya sampai pertengahan tahun 2020 harga SSD stabil

SSD Sandisk Ultra II salah satu SSD murah dipasaran, April 2018 Sandisk Ultra Plus 12GB $44. Model baru mengantikan model lama dana berbeda kapasitas. Untuk model baru memiliki speed lebih tinggi 25MB/s dengan top speed 512MB/s write.



PNY baru mengeluarkan SSD seri CS2211, diberikan garansi 4 tahun, harga SSD lebih murah dari produsen lain. Tidak mengunakan chip TLC, tetapi tetap MLC.  Kecepatan read dan write mencapai 565MB/s, dan minimum untuk kapasitas paling kecil 470MB/s

Samsung Jepang tampilkan model SSD baru. Samsung 750 EVO memiliki ukuran standar seperti SSD untuk desktop PC dan notebook dengan ukuran 2,5 inci. Pada data yang diberikan, SSD tersebut memiliki kecepatan 500MB/s untuk read dan write.

Procesor Intel Skylake dan Broadwell menjanjikan dengan pemakaian power lebih rendah dibanding procesor generasi sebelumnya  Procesor yang efisien dengan pemakaian power dan performat, khususya untuk performa gaming dengan ekternal VGA.

Samsung keluarkan SSD Samsung 950Pro dengan chip V-Nand. Kapasitas 512GB hanya $350, dengan kecepatan tranfer 2,5GB / 1,5GB untuk read dan write. SSD 512GB tersebut memiliki batas 400TB write data.

SSD Samsung 650 sementara dibuat untuk 120GB, harganya lumayan bikin garuk kepala. Harga SSD Samsung 650 120GB hanya dijual 56 dollar, dibanding produk model antusias masih berada 80 dollar.




No popular articles found.
< /body>