Science | 22 October 2015

Bintang VFTS 352 keduanya sedang ciuman dan berakibat fatal


Di satu sistem tata surya VFTS 352, terdapat 2 bintang kembar yang sedang berciuman. Keduanya sudah sangat dekat dan saling menyentuh satu sama lain. Nantinya keduanya akan bersatu dan membentuk bintang tunggal yang lebih besar. Atau bisa saja menjadi lubang hitam biner.

Letak VFTS 352 sangat jauh, sekitar 160 ribu tahun cahaya dari Bumi dan berada di nebula Tarantula.

Di wilayah tersebut, kedua bintang berada di daerah pembibitan bintang paling aktif.
Artinya banyak bintang baru lahir dan sedang terbentuk disana.

Tepatnya berada disamping galaksi Bima Sakti atau dikenal di daerah Large Megallanic Cloud sebagai satelit galaksi kita.
Artinya kedua bintang memang tidak berada di dalam galaksi Bima Sakti, tapi berada di awan LMC

Menurut ESO kedua bintang kembar tersebut saling mengorbit satu sama lain hanya berdurasi sekali dalam sehari.

Dan keduanya hanya terpisah dengan jarak 12 juta km.\

Angka tersebut kelihatannya jauh, tapi di skala bintang jarak tersebut amat sangat dekat.
Karena kedua bintang terlihat identik, sama kuat dan sama besar, sehingga keduanya tidak saling mengambil bagian gas diantara keduanya sendiri.

Bintang VFTS 352 keduanya sedang ciuman dan berakibat fatal

ESO mengatakan bila keduanya bergabung, kemungkinan ukurannya akan menjadi 57 kali dari ukuran matahari kita.


Dan penyatuan 2 bintang tersebut akan menjadi bintang sangat panas, dipermukaan mencapai 40 ribu derajat Celcius.

Kedua bintang memiliki cahaya biru, yang artinya bintang yang panas yang kaya hidrogen.
Dibanding matahari kita memiliki warna kuning atau masih skala bintang yang tidak terlalu panas dengan kandungan metalik lebih banyak.

Pendapat lain dari seorang ilmuwan Hugues Sana. Jika keduanya terus berputar sangat cepat, mungkin akan mengakhiri hidup salah satu bintang, termasuk membuat ledakan dirinya sendiri. Artinya kedua bintang bisa saja menghancurkan diri mereka masing masing.

Akhirnya akan membentuk sistem lubang hitam dari bekas materi bintang menjadi lubang hitam kembar
Tidak ada yang tahu apa akhir cerita kedua bintang tersebut. Kecuali skala waktu alam semesta yang dapat melihat nanti.



Dibawah ini gambaran dari visual artis dengan apa yang terjadi di sana, ketika kedua posisi bintang begitu dekat.



Artikel Lain

Sebuah bintang dan tata surya terbentuk dari kumpulan debu dan gas. Cakram akan membentuk planet dan mengelilingi sebuah bintang yang telah lahir. Tapi di bintang MM ada 2 bintang, satu bintang MM 1a menjadi pusat, sedangkan MM 1b menjadi bintang biner kedua dengan ukuran lebih kecil. Peneliti mengatakan bintang MM 1b lahir di tempat yang seharusnya terbentuk planet.

Bintang K2-239 diperkirakan disana terdapat 3 planet, bahkan ketiga planet memiliki ukuran seperti Bumi. Dan besarnya tidak jauh berbeda dengan Bumi. Bintang K-240 juga ditemukan 2 planet seperti bumi dengan permukaan batuan, diperkirakan 2 planet tersebut memiliki ukuran 2x lebih besar dari Bumi.



Bintang CS Cha adalah bintang berusia muda tidak hanya satu tapi bintang biner. Disana sedang membentuk tata surya baru. Peneliti melihat ada sebuah planet muncul, dan ukurannya sangat besar disebut Super Jupiter. Atau bisa saja benda tersebut adalah bintang ke 3.

Miika Pursiainen dari University of Southampton menunjukan penemuan baru dalam presentasi bersama ESA dan ilmu ruang angkasa pada 3 April lalu. Sesuatu yang sangat terang terjadi. Tapi bukan ledakan sebuah bintang atau dikenal dengan nebula. Ilmuwan mengapa cahaya yang mendadak terang terjadi.

Peneliti mengatakan ada hubungan antara magnetik bintang dengan sinar X yang dipancarkan. Ketika bintang berusia muda, mereka masih aktif secara magnetis, dan membuat putaran bintang lebih cepat. Seiring jalan, bintang mulai kehilangan energi rotasi.

Supernova disebabkan dari ledakan bintang, antara ledakan dari bintang mati. Kedua dari gaya tarik bintang mati ke bintang yang masih menyala. Terjadinya supernova SN2017cbv disebabkan dengan teori kedua, tapi ledakan bintang lebih kecil yang menganggu bintang ukuran lebih besar

Mengapa nama planet disebut Kepler, Koi, Hat, Wasp dan lainnya. Demikian juga nama bintang bisa berbeda beda karena dinami dari nama kuno dan nama modern. Dahulu mengunakan nama rasi bintang atau nama binatang. Semakin banyak bintang dan galaksi ditemukan bintang dipisah menjadi 2 bagian. Sedangkan nama Galaksi dibuat dari sudut temuan



Cluster 47 Tucanae adalah tempat di galaksi kita dengan kelompok bintang sangat padat. Tidak itu saja, disana terdapat sebuah lubang hitam berukuran 2.000x massa matahari. Mengapa lubang hitam tersebut baru diketahui dan diteliti saat ini.

Bintang HR 8799 terletak 150 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat ada 4 planet mengorbit. Kali ini sebuah video menarik tentang tatasurya Bintang HR 8799, karena diambil secara langsung dan terlihat jelas 4 planet sedang mengorbit bintang induknya.

Bintang biner ini lari begitu cepat di sekitar galaksi kita. Disebut bintang PB3877, bukan satu bintang tetapi dua bintang kembar, dan lari dengan kecepatan sendiri di sekitar orbit galaksi kita. Disebut sebagai Hyper-velocity star , bintang Hyper Speed, atau bintang hipe yang jalan sendiri diluar orbit bintang lain.

Peneliti sedang melihat sebuah tata surya baru di bintang TW Hydrae. Terlihat sedang membentuk celah dari cincin debu dan gas, dimana nantinya terdapat protoplanet dan menjadi planet baru. Gambar yang diambil oleh teleskop Atacama large Millimeter di Chili tersebut, terlihat pembentukan planet mulai terjadi.

Sebuah bintang berukuran kecil atau disebut White Dwarf ditemukan sebagai bintang unik. Peneliti dari Warwick melihat dibintang yang sudah mati tersebut terlihat cincin berwarna merah. Cincin tersebut terbentuk akibat bintang tersebut hancur, dan cincin yang terlihat adalah sampah seperti batuan dan debu mengelilingi bintang.

Tim astronomi dari Jerman universitas Ruhr membuat peta terbesar tentang alam semesta. Terdiri dari 268 foto yang diambil selama observasi 5 tahun. Hasilnya selembar peta bintang dengan resolusi 46 miliar pixel. Tidak perlu teleskop untuk menikmati benda di sekitar Bumi, cukup melihat karya astronom dari Jerman

Foto terbaru dari kelompok bintang NGC 2422 yang jaraknya 1600 tahun cahaya dari bumi. Diambil 17 Agustus awalnya tidak pernah terditeksi sampai tahun 1959. Sampai seorang astronom dari Kanada Morris menemukan bahwa disana adalah kumpulan dari bintang.



Tetapi lubang hitam memainkan peranan penting bagi kehidupan, khususnya manusia. Blackhole akan melemparkan jet. Jet yang terlempar mungkin menghantam galaksi yang berdekatan, dan disana terciptalah bintang. Seperti kejadian di galaksi HE0450-2958 memiliki sebuah quasar

Bulan Juni 2013 lalu, sebuah bintang biner terdiri dari satu bintang neutron yag berputar cepat mengalami perubahan dramatis dari aktivitas yang belum pernah diamati. Pulsar dari radio beacon bintang ini menghilang, tapi muncul lebih terang dengan 5x lipat cahaya sinar gamma.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.