Oktober 2015
Fotographer Mike Obinski menghabiskan waktu selama 48 hari di jalan. Dia mengejar badai selama musim yang muncul di musim hujan di daerah asalnya Arizona. Video Timelapse Monsoon II ini memang tidak dibuat dalam tahunan, tapi gambarnya tetap saja kacau.

Menurut data dari Mike, dia jalan jalan sejauh 27 ribu km lebih selama 48 hari. Ngapain, yah buat ngejar badai dan membuat foto. Buat foto pemandangan alam, tentang petir, seperti apa arus angin ketika hujan dan lainnya. Tapi itulah gaya video Timelapse, kadang gambarnya bikin geleng kepala.

Memang sudah niat, dia mendapatkan 105 ribu foto untuk video timelapse. Tapi Mike hanya mengunakan 55 ribu frame foto untuk video di Monsoon II.  Artinya Mike hanya mengunakan separuh dari setiap sesi foto yang dilakukan.

Videonya keren, musiknya pas, memang niat dan video selama 10 menit ini pantas untuk dinikmati.

Timelapse Monsoon II musik pas gambar edan tentang pemandangan badai

Ada lagi yang unik dengan pembuatan video Timelapse ini. Informasi dari Blog Mike menyebutkan seperti ini.
17,000 miles driven, which was about 3,000 more than last year. Perhaps the biggest difference this year was shooting nearly 60,000 more time-lapse frames than I did in 2014. Tahun lalu Mike sudah kabur sejauh 4500km, sedangkan tahun ini paling jauuuh.

Dia jalan jalan dengan berkendara selama 48 hari sepanjang 27 ribu km. Tujuannya mencari badai dimana badai muncul dan dapat dibuat foto. Tentu tidak heran melakukan perjalanan dengan kendaraan di Karena jalan bebas hambatan yang mulus dan ada dimana-mana.

Tapi dihitung-hitung. Lingkaran diameter bumi saja 40 ribu km. Artinya bila si Mike naik mobil lurus saja selama 48 hari sudah keliling hampir 2/3 diameter Bumi. Pantas di akhir video dia mengucapkan terima kasih kepada Istrinya di rumah, 48 hari hanya untuk membuat sebuah video yang mengesankan.

Dibawah ini video buatan Mike dengan timelapse 4K, kalau mau beli versi Blu-ray bisa dipesan



Oktober 2016
Masih berlanjut cerita fotographer Mike yang membuat video timelapse terbaru. Monsoon III dikumpulkan selama 36 hari dengan 85 ribu foto lebih. Mengunakan Canon dan 5 lensa selama perjalanan. Video ada di layanan Vimeo dengan resolusi 4K. Video tertanggal awal Oktober 2016, mendapat Staff Pick

Gambar dan pemandangan yang didapat sangat unik. Seperti debu yang terbang masuk ke kota, dan air hujan turun seperti air terjun. Mirip seperti menonton film Imax


Monsoon III (4K) from Mike Olbinski on Vimeo.