Antena Cebrebros untuk komunikasi antariksa mengapa elang tinggal disana


Kategori : Technology | Date : 14 October 2015
Cerita menarik tentang burung elang yang tinggal di observasi Cebrebros Spanyol. Disana terdapat antena badan antariksa Eropa. Seekor burung elang betina dinamai Nella mampu terbang dengan kecepatan 300km perjam untuk berburu. Mengapa burung tersebut tinggal disana.

Para ilmuwan terganggu dengan burung yang suka nongkrong di sekitar antena observasi mereka. Bahkan sering bersarang disana, termasuk ee di antena. Untuk mengusir burung, disana dipelihara Nella sebagai elang pemburu.

Cebreros adalah fasilitas komunikasi dengan jalur X-Band dan Ka Band. Termasuk fasilitas tracking, telemitri, tele komandi dan penggukuran radio. Menangani penerimaan sinyal probe dari ruang angkasa, seperti tahun 2005 digunakan pertama kali untuk komunikasi dengan Venus Express.

Antena disana memiliki lebar 35 meter dengan tinggi 40 meter. Total berat sistem antena mencapai 620 ton dengan pergerakan 1 detik per satu derajat.

Orang Esa lebih memilih cara alami agar burung tidak menganggu ruang obsevasi. Karena percuma bila para ilmuwan sekelas DR atau Profesor harus mengerjakan hal sepele seperti memersihkan antena dari kotoran dan mengusir burung yang mampir.

Jadi secangggih apapun teknologi, seperti antena radio yang digunakan untuk komunikasi ke ruang angkasa. Tidak luput dari gangguan alam seperti burung yang membuang kotoran mereka di antena seharga jutaan dollar.

Burung elang di antena Cebrebros untuk komunikasi antariksa mengapa tinggal disana

Tahun 1965 ketika dua ilmuwan Arno Penzias dan Robert Wilson sedang mencari jawaban, adanya sinyal yang diterima oleh antena radio milik Bell Labs. Penemuan mereka digunakan untuk teleskop Cobe, WMAP dan paling detil Planck dalam pemetaan alam semesta

Satu teleskop raksasa Fast selesai dibangun di provinsi Guizhou, mungkinkan China menjadi bangsa pertama yang mendengar Alien.. Ukuran 500 meter, konstruksi memanfaatkan alam di sekitar. Menjadi teleskop radio terbesar untuk mendengar alien sampai 1000 tahun cahaya. Sekarang butuh ahli digaji 1,2 juta dollar pertahun

Gambar gedung tertinggi di dunia Kingdom Tower akhirnya menjadi Jeddah Tower. Tingginya 1km pas, sedangkan gedung tertinggi saat ini Burj Khalifa hanya mencapai 828m. Mulai dibangun bulan April 2014. Dana pemerintah Arab Saudi sudah mengalokasikan untuk pembangunan Jeedah Tower termasuk proyek Jeddah Economy City



Telepon satelit memiliki jangkauan yang tidak bisa dipenuhi oleh telepon biasa. Setidaknya ada 2 tipe jaringan telepon satelit. Dari sistem satelit orbit rendah, dan sistem GeoSnyc posisi satelit. Bentuk telepon satelit saat sudah diperkecil, yang mahal untuk koneksi internet atau menghubungkan ke opeator lain.

Repot bila manusia harus mencari sebuah planet mirip bumi. Satu teleskop dibuat untuk mencari planet kembaran Bumi. Teleskop dengan perlengkapan Robo-AO membuat sistem teleskop robot yang bergerak sendiri.


No popular articles found.