Computer rata rata hanya memiliki 8 core, dan tidak banyak berubah. Di kelas server hanya Intel memiliki procesor dengan core diatas 8.

Kabar terbaru Qualcomm menasarkan 24 core procesor, tapi dengan disain arsitek ARM. Untuk apa procesor dengan disain smartphone dan dibuat untuk computer server biasa.

Oktober 2015
Salah satu kebutuhan adalah server procesor dengan disain khusus.
Seperti layanan Google dan Facebook membutuhkan banyak computer server untuk menangani seluruh penguna internet.

Dengan disain chip Qualcomm, procesor dapat dimasukan ke computer. Tentu bukan computer biasa tapi disain khusus di server computer. Produk pertama akan dibuat langsung dengan jumlah 24 core, kedepan akan ditambah lebih banyak.

Saat ini procesor Qualcomm sudah dikirim ke pelanggan besar untuk di uji coba. Tapi Qualcomm menolak menyebutkan nama penguna procesor Qualcomm.

Qualcomm procesor 24 core untuk server berbasis ARM

Maret 2016
Pengembangan procesor hemat power Qualcomm masih berlanjut. Microsoft dibantu Qualcomm membuat chip procesor ARM bekerja dengan Windows 10, bahkan kabar terakhir dapat bekerja dengan Windows Server OS.

Procesor Qualcomm Centriq 2400 tampil di seminar Open Project Compute Santa Clara California. Tetapi Microsoft tidak memberikan informasi tentang server dengan procesor ARM tersebut. Karena masih digunakan untuk internal perusahaan Microsoft, dan tidak dikabarkan apakah akan digunakan untuk publik.

Menempatkan sistem procesor hemat power dengan Windows Server cukup menarik. Karena Microsoft sudah memberikan informasi pengunaan procesor hemat power tersebut pada tahun 2011. Sampai muncul berita Windows Server 2016 sampai ke ARM. Ini pertama kali OS Windows secara penuh bekerja dengan hardware ARM.

Microsoft hanya menyediakan OS Windows untuk PC seperti pengunaan procesor buatan Intel dan AMD. Microsoft sudah memanfaatkan arsitek RM untuk laptop. Yang baru ini untuk server computer. Untuk perangkat kecil dan Mobile, OS Windows sudah dapat bekerja di perangkat IoT dan smartphone Windows.

Qualcomm dan Microsoft sudah bekerja bertahun-tahun untuk membawa procesor Qualcomm Centriq 2400 mampu bekerja di OS Windows Server. Kabarnya proyek ini akan terus berjalan, termasuk disain software dan hardware.

Intel mendominasi penjualan chip server sampai 90%. Pasti akan melihat langkah Microsoft yang melirik produk procesor Qualcomm. Kedepan bisa saja Microsoft mengembangkan Windows Server dengan alterntif procesor selain Intel dan AMD.

Qualcomm Centriq 2400 berbasis ARM jalan dengan Windows Server

Qualcomm Centriq 2400 memiliki 48 core dan masuk di dalaam case ukuran 1U, Perangkat dapat dirancang dengan beberapa I/O dan jaringan interface serta mendukung protokol storage baru.
Procesor tersebut tidak akan muncul dalam waktu dekat. Walau sudah terlihat sejak 5 tahun. Chip procesor dengan arsitek ARM dirancang untuk disain smartphone atau perangkat dengan kebutuhan power rendah, bila digunakan sebagai server akan menekan biaya listrik untuk data center.
Procesor arsitek ARM sudah bekerja di Linux OS, tapi ekosistem aplikasi masih terbatas.

Informasi lain dengan procesor dan disain Qualcomm Centriq 2400. Memiliki disain canggih dan terintegrasi dengan IO dan protokol tingkat tinggi.