Astronom katakan 7 super earth satu Gliese 581g ternyata tidak ada


Kategori : Science | Date : 5 July 2014

Kalangan astronom mengatakan ada 7 planet atau super earth di Milky Ways, dan letaknya diluar tata surya bisa mendukung kehidupan manusia.
Seperti apa gambaran artis bila manusia tinggal disana. Gambarnya dibawah ini, dan kandidatnya adalah Gliese, Kepler dan HD.



Masih ada 27 lagi planet yang dicatat oleh tim NASA Kepler, tetapi masih menunggu konfirmasi. + DailyUK

Apa yang dimaksud dengan Gliese atau nama planet dengan belakang nomor xxx dan huruf. Gliese adalah nama bintang, disana ditemukan beberapa planet. Seperti matahari adalah bintang, dan memiliki beberapa planet yang mengorbit.

Nama Gliese adalah area yang diamati oleh ilmuwan, sedangkan nama Gliese 581 adalah nama bintang, sedangkan Gliese 581c adalah nama urutan planet yang ditemukan

Update dengan satu planet lagi, Gliese 581g.
Kembali ke tahun 2010, planet Gliese 581g menjadi planet paling memungkinan manusia tinggal. Berada di zona paling layak, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Cairan tidak menguap karena suhu yang tepat.  Awalnya berita ini menjadi kegembiraan dari kalangan astronom dan peneliti. Hanya beberapa ilmuwan lain mulai meragukan, apakah planet ini benar benar ada. Maklum letaknya agak lumayan jauh sekitar 20 tahun cahaya dan sulit di prediksi secara tepat dengan signal yang lemah.

Tata surya Gliese adalah sebuah bintang merah sekelas M3V. Berada di konstelasi Libra. Ukuran massa matahari disana sekitar 1/3 dari matahari kita. Bintang berukuran kecil umumnya memiliki umur hidup lebih lama. Terakhir sempat terditeksi ada 6 planet yang mengorbit bintang, tapi bagian terpenting adalah beberapa planet dibawah ini

Gliese 581c diabaikan karena panas
Gliese 581b terlalu dekat dengan bintang dan diluar zona habitat.
Gliese 581d terlalu keluar dari area zona habitat (mirip seperti Mars)
Gliese 581f  belum dikonfirmasi, letaknya dibelakang terlalu dibelakang.
Gliese 581g ditemukan April 2009, ukuran tepat dan pas pada orbit. Berada di antara orbit c dan d. Tapi dikoreksi kembali, karena planet ini mungkin tidak ada.

Gliese 581g sempat masuk ke posisi paling atas dari target Exoplanet.Nyatanya planet ini tidak ada termasuk beberapa planet lainnya. Sampai saat ini para peneliti belum mengetahui putaran bintang di Gliese 581, mereka hanya bisa memperkirakan satu rotasi bintang sekitar 130 hari. Ketika mereka meneliti ulang, planet Gliese 581g tidak terditeksi lagi. Hemm jadi rumit kalau pergi kesana ternyata planetnya salah terditeksi dan ternyata tidak ada planet yang dicari. Sama seperti Gliese 581d, awalnya diperkirakan memiliki potensi sebagai Exoplanet. Sedangkan 3 lain yang sudah diteliti memang benar benar ada.

Bisa dilihat perkiraan peneliti, awalnya planet Gliese g sangat tepat ukurannya seperti bumi. Sayangnya planet itu kemungkinan belum tentu ada, dan begitu sulit menelaah sebuah planet dengan jarak 20 tahun cahaya dari bumi.


Karena bintang di tata surya Gliese 581 hanya 1/3 dari matahari kita. Planet harus berada lebih dekat ke bintang untuk mendapatkan panas.





Beruntung manusia masih menemukan 977 planet oleh teleskop Kepler. Jadi satu hilang yah tidak masalah kan. Namanya juga penelitian.
Kabar baru lainnya, para ilmuwan mulai mengunakan teknik baru untuk memperkirakan posisi planet yang mengorbit di bintang lain. Untuk ukuran planet yang kecil seperti bumi, signal Doppler juga lebih kecil, nah perhitungannya bisa diperbaiki dengan menghapus signal aktivitas bintang untuk menemukan planet yang sangat menarik.


Planet Gliese 832c disebut sebagai Super Earth, katanya bisa sebagai planet untuk tinggal manusia. Jaraknya hanya 16 tahun cahaya. Tetapi peneliti bukan mencari 2 planet Gliese 832c dan b, yang diharapkan ada temuan planet ke 3 diantara kedua planet tapi belum terlihat saat ini.

Satelit nasa Cassini mengambil badai di planet Saturn. Luasnya 2000km dan kecepatannya mencapai 450km perjam. April 2017, melihat bumi dari jarak 1 miliar km



Venus adalah teka teki di tata surya kita, dahulu dingin seperti Bumi. Ukuran planet ini mirip seperti Bumi, dari masanya dan lingkarannya relatif sama. Apakah mungkin manusia bisa berdiri di planet ini. Venus menjadi planet paling panas dibanding Merkurius

Planet Kepler 10c memiliki ukuran 2 kali dari bumi, walau ukurannya lebih besar tapi massa planet ini 17x lebih padat. Ditemukan tahun 2011 oleh teleskop Kepler, jaraknya sekitar 560 tahun cahaya dari bumi. Radius planet sekitar 2x dari radius Bumi. Jangan berharap pindah kesana.

Umur bumi mungkin sekitar 1,75 miliar tahun lagi, atau paling lama hanya 3,25 milyar tahun dari sekarang. Manusia dimasa mendatang harus mencari tempat tinggal lain. Paling mungkin adalah planet Mars untuk sementara waktu. Apa yang terjadi dengan bumi setelah miliaran tahun lagi

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.

Planet HD 189773b mirip seperti bumi terlihat dari luar angkasa. Peneliti menyebut planet HD 189773b adalah planet True Color, ditemukan oleh teropong Hubble.

Jaraknya 13,3 milyar tahun cahaya dari Bumi. Hanya terlihat titik merah di teleskop Hubble.



Bisa di zoom dari matahari , Bimasakti terus menjauh ke semua galaksi

Jaraknya 100.000 tahun cahaya dari bumi sebagai planet yatim paling dekat. Astronom baru mendapatkan sebuah planet nakal dan ditulis di Science.Time. Karena planet ini tidak memiliki bintang atau matahari. Biasanya susunan planet akan mengelilingi sebuah bintang yang bercahaya.

Gambar diambil oleh satelit observasi tanpa awak Voyager 1. Bumi hanya sebesar 1 titik saja.



No popular articles found.