Timelapase Night Sky melihat satelit Geostasioner


Kategori : Digital | Date : 8 October 2015
Janne memposting di Reddit dengan sebuah video timelapse untuk mengabadikan foto malam. Dia mengambil gambar dan tampak satu titik cahaya tidak bergerak, cahaya tersebut adalah satelit geostasioner.

Satelit terbagi menjadi dua, satelit geostasioner ditempatkan lebih jauh dari bumi. Dan posisi satelit Geostasioner tidak bergerak bila terlihat dari Bumi. berbeda dengan satelit orbit rendah dan menengah,  bergerak mengikuti pergerakan bumi.

Timelapase Night Sky melihat satelit Geostasioner

Seperto gambar diatas. Di beberapa tempat terlihat beberapa cahaya terlihat diam tidak bergerak. Bukan satu atau dua, tapi ada beberapa titik cahaya. Yang disebut Janne adalah posisi satelit Geo yang ada di atas permukaan Bumi. Jumlah satelit yang mengorbit di Bumi mencapai 2000 lebih (berdasarkan data Goddard Space Flight Center). Angka tersebut belum termasuk satelit yang rusak atau pecahan dari sampah di ruang angkasa.

Untuk mendapatkan foto diatas, Janne harus mengambil setiap foto dengan durasi 4 menit setiap frame

Foto animasi dari Janne dapat dilihat di IMG,gur ukuran 6MB. Atau di lihat di Youtube dibawah ini



Salah satu foto lain dibawah ini diambil dari Jakarta. Mengabadikan nebula Orion, tapi ikut tertangkap satu titik cahaya yang bergerak melawan arah dari arah cahaya lain. Entah benda tersebut adalah satelit low orbit.


Berita terkait
Fotografer Jerman Martin Heck membuat sebuah video pendek selama 6 menit dari hasil rekaman rekannya di observasi CMB. Video yang dibuat ini mengabungkan penampakan garis galaksi Bima Sakti bersama Aurora bersamaan. Karena salah satu tempat terdingin, dan sulit dijangkau, jarang manusia yang menentap disana

Dawidi dari Widicam membuat foto setiap hari selama satu tahun. Posisinya tepat di balkon rumah, dan mengambil gambar dari 21 Maret 2016 sampai 20 Maret 2016. Dia mengunakan lensa wide angle disambung dengan camera Rasperry Pi. Hasilnya pergeseran munculnya matahari setiap hari selama 1 tahun.



Video Timelapse Exhale dibuat fotografer Jesse Attanasio. Bikinnya aja 2 tahun. Tekniknya sudah direncanakan, dari waktu perjalanan, perencanaan, dan fokus akhir untuk post-production. Bila pernah belajar video Timelapse, melihat video yang ini bukan saja indah dengan musik yang tepat. Sekaligus membayangkan berapa lama harus membuat video dalam durasi kurang dari 3 menit

Mahlmann seorang fotographer berencana membuat foto lintasan stasiun ruang angkasa atau ISS. Bedanya dia ingin mengambil di atas pesawat. Dengan perhitungan yang matang, foto ISS melintas ditambah banyak titik adalah cahaya dari galaksi Milky Way

Seperti apa itu cahaya matahari yang kita lihat. Goran Strand mengabadikan dengan cara berbeda. Hasilnya matahari tidak bulat seperti yang kita lihat, walau mengunakan lensa tele.

Disainer Motion dan fotographer Dan Marker bersama rekannya membuat seri foto dengan komposisi pemandangan di daerah perkotaan. Fotonya dibuat dengan teknik timelapse, lalu digabung menjadi satu foto. Ide kreatif dalam fotografi

Tjoez membuat satu foto menarik dengan galaksi Bimasakti. Kali ini dibuat lebar ala panorama. Dengan camera software Lightroom 5 dan digabung dengan Photoshop.



Fotographer Miloslav Druckmuller mendapatkan foto 2 galaksi di malam hari. Mengabungkan 13 foto untuk meningkatkan citra gambar. Akhirnya terbentuk 2 objek seperti awan, tapi bentuk tersebut adalah galaksi lain setelah Bimasakti.




No popular articles found.