Apakah hasil foto lensa 24-105mm vs 70-200mm memberikan hasil foto yang sama. Walau objek foto dibuat dengan ukuran yang sama, tapi posisi camera harus lebih mundur dengan lensa telezoom. Bagaimana dengan hasil foto yang dibuat, dengan telezoom latar belakang gambar akan tampak bokeh. Sedangkan lensa yang dimulai dari 24mm lebih jelas

Mengunakan lensa 24-105mm, bila di set ke 24mm maka tampak objek foto akan lebar seperti gambar perspektif. Sedangkan untuk foto orang atau binatang akan terlihat lebih kecil.
Berbeda dengan telefoto, mengunakan lensa 70-200 maka objek foto akan terlihat lebih dekat. Karena lensa yang dipakai tipe zoom. khususnya dengan lensa zoom sampai 300mm

Efek lensa standar/ wide dengan lensa zoom berbeda. 24mm akan terlihat jelas latar belakang bila aperture camera di set ke f8. Tapi dengan lensa zoom, f8 tetap membuat latar belakang blur atau bokeh.
Seandainya mengunakan kedua tipe lensa yang disebutkan diatas, dengan jarak yang sama dan setting camera yang sama. Apakah hasil foto akan sama. Ternyata tidak, tampilan foto seperti dibawah ini. Kiri adalah lensa standar tapi bukan tipe telezoom. Sedangkan gambar kanan adalah lensa telezoom yang dimulai dengan setting 70mm keatas.

Belajar fotografi beda lensa biasa vs zoom untuk efek focal length latar belakang


Dibawah ini perbedaan hasil foto lensa biasa atau tidak terlalu zoom, dengan minimum 24mm, dibanding dengan lensa telezoom yang dimulai dari 70mm. Mengunakan setting ISO 400, f8, kecepatan 1./100s, camera tipe Full Frame sensor. Komposisi objek dari foto dibuat dengan proporsi yang sama sama, tapi hasil gambar dari camera berbeda.

Hasil foto dari lensa 24-105mm dengan setting 24mm dan 50mm. Memperlihatkan latar belakang lebih jelas.
Hasil foto dari lensa 70-200mm dengan setting 100mm dan 200mm. Memperlihatkan latar belakang langsung terlihat bokeh.
Dari ke 4 foto, mengunakan perrbandingan 2 lensa berbeda, hasil foto juga berbeda.

Belajar fotografi beda lensa biasa vs zoom untuk efek focal length
 latar belakang

Pelajaran tentang Focal Length akan berdampak pada background ini dibuat oleh  Gavin Hoey.