Belajar fotografi beda lensa biasa vs zoom untuk efek focal length latar belakang


Kategori : Digital | Date : 3 October 2015
Apakah hasil foto lensa 24-105mm vs 70-200mm memberikan hasil foto yang sama. Walau objek foto dibuat dengan ukuran yang sama, tapi posisi camera harus lebih mundur dengan lensa telezoom. Bagaimana dengan hasil foto yang dibuat, dengan telezoom latar belakang gambar akan tampak bokeh. Sedangkan lensa yang dimulai dari 24mm lebih jelas

Mengunakan lensa 24-105mm, bila di set ke 24mm maka tampak objek foto akan lebar seperti gambar perspektif. Sedangkan untuk foto orang atau binatang akan terlihat lebih kecil.
Berbeda dengan telefoto, mengunakan lensa 70-200 maka objek foto akan terlihat lebih dekat. Karena lensa yang dipakai tipe zoom. khususnya dengan lensa zoom sampai 300mm

Efek lensa standar/ wide dengan lensa zoom berbeda. 24mm akan terlihat jelas latar belakang bila aperture camera di set ke f8. Tapi dengan lensa zoom, f8 tetap membuat latar belakang blur atau bokeh.
Seandainya mengunakan kedua tipe lensa yang disebutkan diatas, dengan jarak yang sama dan setting camera yang sama. Apakah hasil foto akan sama. Ternyata tidak, tampilan foto seperti dibawah ini. Kiri adalah lensa standar tapi bukan tipe telezoom. Sedangkan gambar kanan adalah lensa telezoom yang dimulai dengan setting 70mm keatas.

Belajar fotografi beda lensa biasa vs zoom untuk efek focal length latar belakang


Dibawah ini perbedaan hasil foto lensa biasa atau tidak terlalu zoom, dengan minimum 24mm, dibanding dengan lensa telezoom yang dimulai dari 70mm. Mengunakan setting ISO 400, f8, kecepatan 1./100s, camera tipe Full Frame sensor. Komposisi objek dari foto dibuat dengan proporsi yang sama sama, tapi hasil gambar dari camera berbeda.

Hasil foto dari lensa 24-105mm dengan setting 24mm dan 50mm. Memperlihatkan latar belakang lebih jelas.
Hasil foto dari lensa 70-200mm dengan setting 100mm dan 200mm. Memperlihatkan latar belakang langsung terlihat bokeh.
Dari ke 4 foto, mengunakan perrbandingan 2 lensa berbeda, hasil foto juga berbeda.

Belajar fotografi beda lensa biasa vs zoom untuk efek focal length
 latar belakang

Pelajaran tentang Focal Length akan berdampak pada background ini dibuat oleh  Gavin Hoey.




Belajar foto Light Painting membuat efek foto cahaya atau latar belakang cahaya. Caranya mengabungkan 2 foto (bila diperlukan), lampu sebagai efek cahaya latar belakang sebuah foto. Kedua foto digabung dengan Photoshop, dan hasilnya mungkin menarik.

Jangan mengunakan camera langsung  ke cahaya matahari, hanya untuk membuat foto matahari. Bukan gambar yang di dapat, kemungkinan terjadi kerusakan sensor camera. Karena sensor camera akan terkena cahaya yang fokus dari  lensa sampai membakar bagian dalam camera.

Seorang fotografer hanya belajar dalam 2 tahun. Memperlihatkan perbedaan foto amatir dan foto profesional. Philips membandingkan dua gambar ditempat sama dari karyanya sendiri, dan  foto setelah 2 tahun belajar. Tekniknya pencahayaan dan perpektif gambar hal penting dalam fotografi



Fotografer Christopher James membuat foto serius dengan teknik levilasi. Ituloh teknik foto seperti melayang. Di Reddit, James memberikan foto asli sebelum dan sesudah di edit. Foto seorang wanita seperti sedang terbang diatas payung

Belajar edit foto dari Peter Stewart seorang fotografer Traveler. Beberapa foto yang di edit hanya mengunakan 1 gambar saja. Yang lain mengunakan kombinasi 2 atau 3 foto, dia lebih banyak mengunakan software Nik Efex Pro yang gratis.

Edit foto seperti film atau cinematic. Dapat dibuat mengunakan software Lightroom. Foto seperti dalam frame film, lebih biru dan gelap, tapi tetap fokus dibagian objek foto. Belajar edit foto Cinematic dibuat oleh Photos in Color

Ada saja ide kreatif Rafal Krasa seorang fotografer asal Polandia. Dia mengunakan bak kamar mandi atau Bathtub untuk tempat foto. Hasilnya lumayan, seperti tempat foto profesional. Krasa mengatakan hasil fotonya tidak terlalu bagus, tapi bisa menghemat uang dan waktu katanya.



Satu video timelapse ini memperlihatkan bunga yang sedang mengembang. Pembuatnya hanya membutuhkan pencahayaan lampu dan ditutup dengan kain agar cahaya tidak berubah. Video dengan durasi 3 menit memperlihatkan bunga secara perlahan membuka dibuat oleh Majo Chudy.

Ilko Alexandroff memberikan teknik fotografi. Bagaimana membuat foto malam hari, tapi anda tidak mau membawa lampu. Cari saja papan billboard di jalan sebagai lampu foto anda. Caranya sederhana, si objek foto harus lebih dekat dengan billboard.

Video Retouching ini memperlihatkan foto wajah seorang model dibuat bersih dengan Photoshop. Dan di edit atau Retouching oleh fotographer Los Angeless Julia Kuzmenko McKim. Selama proses editing, dia merekam apa yang dilakukan

Pelajaran lengkap tekink membuat film dengan camera DSLR seperti tampilan efek cinema atau film bioskop. Dapat dipelajari bagaimana setting camera, mengambil video yang benar, dan software post production untuk merubah warna dan efek mood dari warna video. Teknik ini dibuat lengkap sampai output video mengunakan 2.35:1 atau ultra widescreen

Bagaimana membuat sebuah foto di gabung dengan gambar latar belakang berbeda. Misal seseorang duduk di tengah hutan, dan dipenuhi dengan binatang. Mengunakan photoshop bisa dilakukan dan di awali dengan pengambilan gambar si objek yang akan di edit.

Dari Profoto , Jared Platt memberikan penjelasan apa perbedaan pengambilan gambar dengan lampu flash atau cahaya alami. Foto pertama mengunakan reflektor untuk menambah cahaya alami, dan foto kedua dengan lampu flash



Untuk mereka yang suka foto. Jana memberikan teknik fotografi untuk pose wanita. Mengunakan lensa prime lens, dan ISO 250, bagian penting adalah kecepatan bukaan lensa.

Membuat video mengambang dibuat oleh Edelkrone. Tekninya mengambil 2 gambar berbeda pada tempat yang sama, mengunakan setting video DSLR dan direkam dalam 2 video berbeda.

Belajar F Stop, memperkecil lubang lensa tidak membuat detail gambar lebih tajam. Walau seluruh gambar terlihat lebih baik dan tidak tampak blur dibelakang fokus. Efek ini disebut Lens Diffraction, semakin besar F maka cahaya yang masuk ke lensa mengalami perubahan sampai di sensor camera.

Setting camera Canon memiliki fitur Highlight Tone Priority. Untuk apa fitur tersebut. Fungsinya mengabadikan gambar seperti video agar gradasi warna gelap tetap terlihat

Foto yang dibuat oleh Andrey Mikhaylov memberikan pelajaran bagaimana membuat background sebuah objek foto atau produk. Dia mengunakan aluminum foil untuk latar belakang. Terlihat lebih bercahaya dengan pantulan sinar, diberikan tutorial dengan Photoshop.

Video Paralel world dunia yang menghilangkan semua orang, dibuat dengan foto tumpuk dan pastinya dengan software editing video. Claire&Max membuat dengan software Sony Vegas untuk proses edit foto.

Rumus mengambil foto star dan galaksi. Terserah untuk single shot atau multi shot untuk foto stacker atau untuk foto Timelapse stargazer Rumus paling umum dipakai dengan lensa 16mm, f2.8, 25 detik, ISO 3200.

Belajar foto atrophotografi tidak di dominasi kalangan ilmuwan. Bisa dilakukan oleh kalangan amatir atau fotographer amatir. Beberapa objek memerlukan peralatan. Tapi objek bulan dapat menjadi langkah awal sebagai foto pertama. Karena tidak memerlukan peralatan khusus

Membuat foto pemandangan dengan bintang, matahari atau bulan ada triknya. Tidak perlu membawa filter, bawa senter, dan ada aplikasi yang dapat menentukan posisi gerakan bulan dan matahari.

Joe menceritakan manfaat dari Monopod untuk pengambilan foto. Monopod seperti tripod, hanya mengunakan satu tiang untuk penyanggah camera. Tapi bisa digunakan untuk mengambil sudut lebih baik, lebih tinggi dan hasil foto menarik.


No popular articles found.