DxOmark adalah layanan pengujian kualitas gambar, untuk melakukan test lensa dan camera.

Mengunakan standar industri dan hasil test akan diberi penilaian dalam angka Score. Nilai test DxOmark dapat dijadikan referensi kualitas gambar dari sebuah produk.

Tetapi angka yang diberikan bukan berarti terbaik. Karena angka test dari DxOmark mengambil test sesuai standar teknik yang mereka uji. Dari kualaitas warna, ketajaman, dan beberapa parameter lain.

Score tinggi tidak menjamin kualitas foto terbaik dari sebuah produk seperti camera atau lensa.

Karena gambar belum tentu sesuai dengan kondisi yang diterima oleh penguna. Tetapi hasil test berdasarakan standar industri. Seperti warna dari camera smartphone akan menghasilkan warna berbeda. Dan DxOmark memberikan nilai tertinggi bila sebuah camera memberikan warna paling mendekati warna asli. Atau ketajaman gambar pada lensa menjadi standar pengujian di DxOmark.


2017

Google Pixel 2 mengambil angka terbaik yang pernah di uji, walau mengunakan single camera. Google Pixel 2 hanya mengandalkan sensor 12MP, dengan aperture f1.8. Memiliki fitur optical image stablization, HDR+ dan portrait mode via software.

Galaxy Note 8 terakhir lebih baik khusus untuk foto dibanding iPhone 8. Khusus untuk performa, low light dengan rendah noise, autofocus dan detil gambar dari test DxOmark

Test camera smartphone terbaik 2017
April 2016
HTC 10 mendapat nilai tertinggi camera smartphone. Baik untuk foto dan video, untuk foto dengan sensor 12Mpix 1/2.3" sensor. Autofukus dan texture yang baik, cocok untuk foto panorama atau objek bergerak dari smartphone.

Nilai kemampuan merekam video tidak kalah tinggi untuk smartphone Android HTC 10. Kemampuan video recording 2160 @30 fps terlihat sempurna untuk fotografer dan memiliki kualitas lebih baik dibanding foto dari camera HTC 10. Bagian terbaik ada di exposure gambar, warna dan white balance baik dalam kondisi gelap dan terang.

Dibawah ini daftar smartphone terbaik dari test DXOmark, untuk HTC 10 mendapat score 88 sedikit diatas  Galaxy S6 Edge Plus dan Sony Xperia Z5.

Camera smartphone terbaik 2016 April


2015
Dari DXOmark memberikan rating camera tertinggi untuk Zperia Z5. Menjadi camera terbaik dari produk smartphone Android di bulan Oktober 2015. Sony Xperia Z5 mendapatkan nilai 8, dan dibelakangnya dari Samsung S6 Edge dengan nilai 86.

Tepat dibelakang Samsung adalah Google Nexus 6P mendapatkan nilai 84. Google Nexus 6P resmi dirilis bulan Oktober 2015, dan dibuat oleh Huawei untuk Google.

DXOmark memberikan nilai bagi Xperia Z5 untuk kualitas foto dan video. Salah satu fitur yang dinilai baik adalah autofokus di segala kondisi, white balance serta render warna, flash dan detail gambar sampai tingkat noise di pencahayaan rendah..Khususnya image stabilizer di camera Sony Experia Z5 lebih baik dari camera smartphone Android lainnnya.

Xperia Z5 memiliki sedikit kelemahan, bila mengambil gambar biru dari warna langit. Sedikit muncul artifak

Camera smartphone terbaik Oktober 2015