Ada satu pertanyaan di situs Nikon, bagaimana membersihkan lensa dan membersihkan sensor camera.

Nikon menjawab, cara terbaik dengan mengunakan tissue dan sedikit cairan pembersih khusus lensa.

Jangan mengunakan cairan lain yang bisa membuat abrasi atau melarutkan pelindung permukaan kaca lensa. Gunakan cairan khusus untuk pembersih lensa saja.

Bila debu yang menempel, gunakan blower dan meniupkan dengan tekanan tinggi. Sampai debu yang menempel terlempar dari permukaan lensa.


Untuk cairan yang menempel di permukaan lensa.

Tahap pertama dengan mengambil sikat blower kecil, atau semprot tekanan dan bersihkan debu sebelum dibersihkan dengan lap dan cairan pembersih. Gunanya agar debu tidak ikut mengores bagian lensa, dan hanya kotoran yang ada di permukan kaca lensa memang perlu di lap.


Teteskan 1 atau 2 tetes cairan pembersih lensa ke kain tissue berkualitas baik dan tidak perlu langsung ke lensa. Lalu putar kertas tissue yang sudah dibasahi secara melingkar dari arah dalam ke arah luar.

Tip lain, bila lensa terkena seperti kabut. Jangan ditiup dengan mulut untuk membasahi atau menghilangkannya jentik air. Karena napas kita mengandung asam yang dapat merusak lensa (pelapis lensa).


Metode yang sama bisa dilakukan untuk membersihkan viewfinder. Kerusakan bukan terjadi saat itu, tapi secara bertahap bagian depan lensa akan terjadi degradasi. Bila lensa memiliki lapisan pelindung, bisa saja pelindung tersebut terkikis secara perlahan.



Teknik diatas berlaku untuk semua lensa, baik DSLR dan camera pocket.

How do I clean the camera lens?

The best way to clean a lens is to use a piece of lint free lens cleaning tissue and a small amount of Lens Cleaning solution. Do not use anything containing abrasives or  solvents, only use Lens Cleaning Solution.
First we recommend taking a small blower brush to blow off or brush away loose dust or debris.
Next, place a drop or two of cleaner on the tissue (never directly onto the lens) and then wipe the lens in a circular motion, beginning in the center and working your way outward, removing any marks or smear.

If the above supplies are not available a clean, dry, soft, lint free cloth can be used to clean the lens. Just use the blower bulb, then brush, and wipe the lens in a circular spiral from the center outward.
The same method can be used to clean the viewfinder eyepiece of Nikon cameras.


Intinya bila lensa tidak kotor, jangan dibersihkan. Bila kotor jangan mengunakan jari tangan, atau kain kasar untuk mengosok kotoran di permukaan lensa.

Dari Daniel Lachman


Pendapat Daniel sedikit berbeda dibanding pendapat ahli fotografer lain.

Daniel memiliki pengalaman khusus karena dia pernah bekerja sebagai asisten cameramen.

Cara membersihkan lensa camera, jangan pernah menyentuh permukaan lensa bila sangat tidak diperlukan.

Setidaknya hindari sejauh mungkin menyentuh lensa camera anda "katanya". Alasannya, khusus untuk lensa kelas atas dengan pelapis atau coating sangat rentan tergores.

Sama seperti peringatan penguna camera DSLR. Jangan pernah menyentuh bagian sensor CMOS di dalam bila tidak mengetahui cara membersihkan sensor. Biarkan diperbaiki oleh ahlinya. Mengunakan cairan yang salah untuk membersihkan bagian sensor yang terlihat kotor, sama saja lebih merusak.

Membersihkan lensa yang kotor kadang diperlukan. Mungkin lensa terkena debu, air atau percikan air laut bahkan kondensasi air dari udara yang menimbulkan bercak di permukaan lensa

Dimulai untuk membersihkan lensa bagian depan yang kotor, gunakan semprotan debu kecil (blower) untuk meniup partikel. Miringkan bagian depan lensa ke arah bawah. Agar kotoran jatuh kebawah. Tujuannya agar jangan ada debu yang kasar masih menempel di permukaan lensa.



Bagaimana dengan tisue atau bahan kain microfiber. Apakah aman, Daniel Lachman mengatakan awalnya tidak masalah. Tapi hindari pengunaan untuk waktu lama, artinya jangan terlalu sering bila tidak terpaksa.

Bila kita tidak tahu mengunakannya. Perlahan permukaan kaca lensa akan rusak, tidak cepat tapi perlahan di lapisan penting diatas permukaan kaca lensa akan semakin parah (terkikis). Karena beberapa kain pembersih sembarangan bisa membawa kotoran dan membuat tambahan goresan ke permukaan kaca.

Bagaimana dengan sikat debu yang biasa digunakan untuk pembersih bodi camera. Jangan gunakan alat tersebut. Karena bisa saja sikat bisa saja sudah terkontaminasi dengan minyak, termasuk minyak dari tangan kita sendiri. Untuk lensa murah terserah saja, rusak beli baru. Untuk lensa mahal, katanya Jangan.

Belajar membersihkan lensa camera dengan benar

Kertas tissue khusus untuk pembersih lensa. Boleh dipakai tapi ada caranya
  • Pertama gunakan kertas tissue khusus, lipat tissue sampai menjadi ukuran kuas sehingga tangan kita dapat mengukur tekanan ke permukaan lensa.
  • Gunakan cairan khusus atau Lens Spray Liquid. Semprotkan ke bagian tissue khusus, sedikit saja ke permukaan kertas tissue khusus pembersih lensa. Jangan gunakan kertas di permukaan yang kering ketika  membersihkan lensa.
  • Ketika membersihkan, putar perlahan ujung kertas tissue dari tengah ke arah tepi lensa.
  • Terakhir keringkan dengan spray brush dan selesai


Cara membersihkan lensa yang kotor dengan tissue khusus

Memeriksa lensa sudah bersih dari debu. Gunakan senter, akan mudah melihat permukaan lensa bila tersisa debu yang menempel.

Tidak perlu membersihkan lensa terlalu sering, bila kotor baru bersihkan.

Selanjutnya - Membersihkan sensor camera DSLR dengan alat Swab