Foto ISS oleh Astronomi Thierry ketika melintas di depan bulan


Digital | 14 February 2015

Membuat foto ISS di depan bulan hanya kurang dari 1 detik

Pernah ingat Thierry Legault yang berhasil membuat foto satelit mata mata.

28 September 2015

Dia berhasil mengabadikan stasiun ruang angkasa atau ISS tepat ketika melintas di depan bulan 28 September 2015. Sementara fotografer lain malah sibuk mengabadikan bulan saja.

Thierry menjadi salah satu fotografi astronomi dan satelit legendaris. Di waktu senggang, bila dia sedang mengincar satu objek yang diburu sampai rela melakukan perjalanan ribuan km. Tapi foto yang satu ini, dia hanya pergi sejauh 16km dari rumahnya.

Katanya ke pada media Universe Today, biar dingin saya tidak akan kehilangan yang satu ini. Ketika target foto dengan bulan dan stasiun ruang angkasa lewat, posisinya sangat rendah. Hanya 16 derajat, sehingga penglihatan tidak baik tapi beruntung langit sangat bersih.

Dia membuat foto dengan teleskop andalannya Takahashi yang dipakai pada tahun 2012, ketika mengabadikan modul stasiun ruang angkasa Tiangong milik China.

Astronomi Thierry foto ketika Blood Moon dengan ISS lewat

Melihat informasi dari Youtube dibawah hini. Transit ISS hanya 1,7 detik, waktu yang sangat singkat untuk menangkap gambar stasiun ISS melintas.
Thierry mengunakan perhitungan CalSky, untuk mengetahui tempat dan mempelari peta serta memastikan posisi ISS memang lewat tepat di depan bulan.



Ketika Blood Moon terjadi pada 4 April 2015 lalu. Astronomi dengan nama AstroGuy juga mengabadikan ISS ketika lewat tepat di depan bulan. Lengkap dengan informasi perhitungan di video Youtube





Juni 2016
Satu lagi foto dibuat oleh Thierry Legault, ketika banyak orang sempat melihat planet Merkurius transit pada 9 Mei.
Thierry malah mendapatkan 2 objek bersamaan, dari ISS dan planet Merkurius.

Thierry harus pergi ke Philadelphia ketika membuat foto ini. Dimana tempat yang paling memungkinkan mendapatkan posisi tepat untuk melihat planet Merkuris transit bersamaan dengan stasiun ruang angkasa juga lewat.

Planet Merkurius telihat transit 13 kali setiap 1 abad. Sebelumnya terjadi di 9 Mei 2006, disusul 2016 dan nanti 2019.

Thierry mengatakan dia sangat beruntung. 10 menit setelah mengambil foto pertama ternyata cuaca kembali tertutup awan. Adrinalin mengalir alias tegang untuk melihat stasiun ISS seperti lalat kecil melintas tepat di depan matahari.

Merkurius transit tepat ketika ISS lewat di depan matahari bersamaan

Judul video di Youtube ini saja bikin nyolot pencinta foto antariksa diberi judul Double Solar Transit
Ketika ISS lewat di depan matahari, hitungannya kurang dari 1 detik (penjelasan 0:08). Salah pencet camera atau tidak siap, pasti gagal mendapatkan foto bersama ini.



4 Februari 2017
Thiferry kembali mengabadikan stasiun ruang angkasa ISS begitu akurat, karena foto dibuat ketika melintas di depan bulan. Hitungannya hanya satu kedipan mata.



+ www.astrophoto.fr

Berita terkait
Fotografer Navaneeth datang ke daerah pinggiran, untuk membuat foto galaksi Bima Sakti. Pengambilan gambar ini memang top. Berada di lokasi terpencil dimana jauh dari polusi cahaya. Berada di dekat perbatasan India, Pakistan dan China.

Dani Caxete membuat foto stasiun ruang angkasa tepat di depan matahari, bahkan berada di tengah bintik matahari. Di dokumentasikan lengkap, dari perhitungan, perjalanan di kendaraan, menyiapkan teleskop dan camera, Boom, foto ISS melintas berhasil di dapat.



2 foto unik dari kontes Insight Astronomy Photographer of the Years. Dani Caxete membuat foto ketika ISS melintas di depan bulan. Nicholas membuat foto Big Dipper dari dalam gua tepat dengan 8 bintang muncul

Thomas Klemmer ini seorang astrofotografi. Dia berhasil mengabadikan stasiun ISS, kali ini gambarnya luar biasa, dan satu foto yang dibuat hari Senin kemarin membuat fotografer lain akan geleng kepala.

Sudah melihat stasiun ISS melintas di depan Bulan, atau melintas di depan Matahari. Yang ini tepat berada di depan planet Saturnus. Tentu stasiun ruang angkasa tersebut sudah biasa melintas di depan sebuah objek. Tapi bagaimana menghitung posisi lintasan ISS.

Fotografer cupu yang beruntung mengabadikan sebuah objek. Tidak disangka mendapatkan beberapa foto unik. Bukan keahlian saja, waktu, kadang keberuntungan datang sendiri. Seperti membuat foto dari beberapa fotografer amatir dengan foto mereka yang unik

Foto dari teleskop datang berwarna hitam putih tetapi kembali diproses oleh para astronom. Seperti apa gambar yang diterima teleskop, lalu menjadi bentuk seperti apa. Robert menceritakan keahlian dalam dunia astronomi dalam mengolah gambar antariksa



Thierry seorang insinyur memiliki hobi astronomi, lagi lagi bikin kejutan dengan membuat foto ketika ISS melintas pada gerhana matahari 20 Maret 2015. Foto lain seperti stasiun ISS ketika bersandar dengan pesawat ulang alik, dan stasiun ruang angkasa milik China, planet Mars bahkan 2014 lalu mampir ke Indonesia Bromo




No popular articles found.
< /body>