Teknologi baterai Solid State


Kategori : Technology | Date : 19 November 2018
Baterai lithium akan diganti dengan baterai Solid State. Lebih aman

November 2018 Qing Tao
Perusahaan Qing Tao Energy Devp, kerja sama dengan universitas Tsinghua memiliki produksi baterai solid-state pertama di China.

Baterai solid-state yang diproduksi mengunakan elektroda dan elektrolit padat, sebagai penganti elektrolid berbentuk cair atau gel yang ditemukan di baterai lithium.
Teknologi tersebut tidak hanya aman, tapi mencapai kepadatan energi lebih tinggi.

Menurut perusahaan Qing, baterai solid-state memiliki energi 400Wh/kg dibanding lithium terbaru antara 250-300Wh/kg.

Dana yang di invetasikan oleh Qing Tao mencapai 144 juta dollar, untuk membuat pabrik dengan kapasitas 100MWh baterai pertahunnya.
Jumlah tersebut terlihat besar, tapi untuk kebutuhan mobil listrik maka kapasitas baterai tersebut hanya cukup untuk 2000 kendaraan listrik jarak jauh.
Tahun 2020 nantinya akan ditingkatkan mencapai 700MWh.

Nan Cewen yang mendirikan perusahaan dengan beberapa lulusan Dr universitas Tsinghua. Pada tahun 2014 telah amengatakan ke beberapa produsen kendaraan seperti Volswagen, Toyota atau Dyson untuk bekerja sama dengan teknologi baterai solid-state.
Menghilangkan elektrolit cair membuat baterai tidak mudah terbakar dan dapat dibuat dalam kemasan fleksibel.
Produksi baterai solid-state memerlukan penelitian yang lama, setidaknya telah diumumkan tahun 2014 dan baru dapat diproduksi tahun 2019.

Juni 2017 Samsung LG
Baterai solid sate akan mengantikan baterai lithium.  Kita mengenal baterai lithium di produk smartphone, notebook dan perangkat lain. Tapi di masa mendatang baterai Solid State lebih menjanjikan, karena pengisian baterai jauh lebih singkat.

Kapan baterai solid state hadir, setidaknya akan digunakan secara umum pada tahun 2020 nanti. Dari nara sumber menyebutkan Samsung SDI divisi perusahaan Samsung yang menangani baterai, akan memproduksi baterai solid state. Bisa saja antara tahun 2018 atau tahun 2019.



Tidak berhenti pada pemakaian perangkat mobile atau portabel, seperti smartphone dan notebook. Tapi kendaraan listrik dapat mengunakan baterai solid state di tahun 2025.

Teknologi baterai solid state diperkirakan sudah cukup siap dalam 1-2 tahun ke depan. Yang menentukan dari Samsung sendiri, apakah mereka mau mengunakan baterai solid state.
LG Chem dikabarkan sudah menyiapkan produk baterai solid state.

Kelebihan baterai solid state adalah dibuat dengan bahan padat dan bukan elektrolit cair sehingga resiko terjadi ledakan baterai jauh lebih rendah.


September 2015 Bosch
Perusahaan Bosch baru menampilkan teknologi baterai kendaraan dengan kerapatan tinggi. Mampu memberikan power 2x lebih besar, dan lebih murah. Baterai Lithium Ion nantinya akan dikembangkan denagn Solid State Drive. Bosch menampilkan teknologi baterai sel, diperkirakan siap dalam 5 tahun kedepan.

Energi lebih besar sampai 2x dari baterai lithium saat ini, dengan ukuran yang sama. Sebuah kendaraan yang mampu menempuh 100km dapat meningkat menjadi 200km perjam. Harga kendaraan tentu menjadi lebih murah dibanding dengan jarak jangkau kendaraan listrik saat ini.

Diperkirakan pada tahun 2025, kendaraan listrik dan hyrid akan mencapai 15% dari jumlah kendaraan yang ada.

Baterai Bosch Solid State baterai dengan 2x power lebih besar dan jarak kendaraan 2 kali lebih jauh




www.obengplus.com/artikel/articles/218/1/Baterai-9V-dengan-dua-baterai-Lithium
Kalau smartphone lambat, bisa disebabkan perangkat yang aktif. Aplikasi Facebook masih bikin boros baterai smartphone. Indonesia laku dengan Powerbank, karena smartphone sudah kelenger dalam 12 jam. Aplikasi pemeriksa baterai malah bikin boros baterai smartphone.

Xiaomi luncurkan Ninebot Mini Pro atau Ninebot Mini, kendaraan self balancing scooter ini mampu mencapai jarak 22 dan 30 km lebih. Ninebot Mini mirip seperti Segway mini, bahkan tidak perlu dipegang untuk tuas kendaraan. Untuk dikendarai cukup di jepit bagian penahan tengah kendaraan dengan betis dan kendaraan akan melaju dengan sistem keseimbangan kendaraan.

Apakah bisa Whatsapp, Line dan aplikasi Messenger jalan tanpa mengunakan SIM Card. Bisa. Karena nomor telepon pada SIM Card hanya digunakan untuk registrasi.



Baterai lithium mampu menampung energi lebih besar dibanding baterai NiMH. Sebagai perbandingan 100Wh/kg NiMH setara 150-250Wh/kg baterai lithium. Baterai lithium kecil, mampu menampung energi lebih besar dan ringan. Bahkan memiliki umur lebih lama dari NiMH.

Satu tahun mengunakan notebook, baterai tetap prima. 2 tahun mulai terasa ada penurunan. Lebih dari 2 tahun baterai mulai melemah, terkadang di charger, tetapi lebih cepat drop.

Salah satu tip, jangan ditempatkan di ruang panas


No popular articles found.