Petir paling banyak menyambar di Catatumbo Venezuela


Stuff | 24 September 2015

Berapa banyak petir setiap jam di satu tempat di Indonesia. Dipastikan kalah banyak dibanding Venezuela, disana mencapai 200 petir selama satu jam. Tepatnya di danau Maracaibo, salah satu tempat dengan tingkat petir paling banyak terjadi. Mengapa disana sering terjadi petir

Berdasarkan lokasi, di satu daratan dekat danau Maracaibo Venezuela, sering terkumpul udara dingin dan arus udara panas dari daratan di belakang. Tepat di semenajung dari muara sungai tersebut yang sering terjadi petir. Disebut sebagai generator tunggal terbesar dari ozon troposfer.

Massa awan badai biasanya muncul dari ketinggian 5km, petir dapat terjadi selama 10 jam, dan jumlahnya sampai 280 petir setiap jam. Petir disana sempat berhenti pada bulan Januari - April 2010, setelah terjadi kekeringan. Disebut petir Catatumbo biasanya berkembang diantara koordinat 8 ° 30'N 71 ° 0'BB dan 9 ° 45'N 73 ° 0'BB

Diperkirakan petir disana terjadi sampai 1.176.000 kali pertahun dengan kekuatan 400.000A dan dapat terlihat sampai 400km dari pusat petir.

Nelson Falcon pernah melakukan penelitian pada tahun 1997 dan 2000. Sebagai seorang mikrofisika dia mengidentifikasi adanya metana yang dihasilkan dari rawa dan deposit minyak, membuat fenomena alam tersebut.

Daerah paling banyak terjadi Petir ada di Venezuela Catatumbo

Berita terkait
Kilatan petir paling sering terjadi di atas tanah dibanding lautan. Tapi kilatan petir cenderung terkumpul di dekat khatulistiwa. Sebuah peta yang dikumpulkan selama tahun 1995 sampai 2013 menunjukan daerah tropis paling sering muncul petir.

Foto sambaran petir diabadikan dari atas pesawat. Tentu gambarnya berbeda bila melihat petir dari bawah. Foto diambil di Denver Colorado oleh Gina Hyams. Ketika dia mengambil gambar dengan peralatan sederhana dan boom petir turun.



Rekaman petir yang menyambar di kota New York terlihat sangat presisi oleh camera di posting ke Instagram. Kilatan yang menyambar seperti terlihat 3x turun. Tapi bisa seberapa cepat antara suara dan sambaran

Foto langkah menangkap kejadian yang langkah




No popular articles found.