Memiliki camera kadang ribet, kalau urusah kebersihan. Karena bagian dalam camera harus di jaga tetap bersih, tetap saja ada debu yang masuk sampai membuat bercak di gambar foto. Untuk membersihkan debu dari camera, penguna harus meniup udara tekanan tinggi, sambil membalik bodi camera ke arah bawah. Fungsinya agar udara yang ditiupkan dapat terbang terlempar lalu keluar dan jatuh ke bawah.

Fujin Mark II fungsinya sama tapi lebih praktis. Berfungsi sebagai alat vacuum cleaner camera dan bentuk seperti lensa, akan menarik semua debu dari dalam camera dan disaring ke sebuah filter.

Fujin Mark II alat vacuum pembersih camera

Fujin Mark II memiliki bentuk seperti lensa, tinggal dipasang di mounting bodi camera. Di dalam alat vacuum cleaner terdapat fan dengan kecepatan tinggi, di model Fujin Mark II memiliki kemampuan daya sedot sampai 2,7x dari model sebelumnya. Mampu memompa udara di dalam bodi camera sampai 6x perdetik.

Fujin Mark II memberikan filter electrrostatic. Jadi debu yang sudah disedot akan tetap menempel di lembaran filter.

Alat vacuum atau penyedot debu untuk camera Fujin Mark II  hanya membutuhkan 4x baterai AAA (ukuran kecil). Saat ini model Fujin Mark II baru dibuat untuk camera Canon, menyusul untuk camera Nikon. Harga vacuum untuk camera ini dijual $150 dengan paket 3 filter, filter penyaring dijual terpisah $18 untuk 5 lembar

Dapat dilihat kemampuan daya sedot alat vacuum Fujin Mark II via Youtube. Demo dari video terlihat yang disedot adalah stereoform. Kalau debu yang membandel, apakah berhasil disedot dengan alat ini ?